SHARE
Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga Merah sangat besar terhadap kesehatan. Buah naga baik yang berwarna merah, putih sama-sama bagus dikonsumsi karena menyediakan banyak nutrisi penting bagi tubuh. Akhir-akhirnya banyak orang menyukai tanaman yang berasal dari luarnegeri ini. Selain rasanya dan manfaat buah naga yang luarbiasa juga bisa dijual dengan harga mahal. Bahkan banyak petani menuai kekayaan dari bertani buah naga.

Sebelum kita lihat manfaat buah naga merah, mari kita lihat dulu tabel nutrisi yang dikandung oleh buah naga.

Tabel Nutrisi Buah Naga

Kandungan Vitamin dalam Buah Naga, ukuran ini adalah dari 260 gram buah naga.

Kandungan Vitamin
Vitamin Massa/Nilai %AKG
Vitamin E 1.04 mg
Vitamin B1 0.21 mg
Vitamin B2 0.16 mg
Vitamin B6 0.13 mg
Folate (pre-B9) 114,4 mg
Asam Pantotenat 1.38 mg
Vitamin C 18.2 mg
Niasin 1.04 mg
Vitamin A (Retinol) 40 mg
Cobalamin (Vit B12) 34 mg

Tabel Kandungan Mineral Buah Naga. Ini juga dari ukuran 260 gram buah naga.

Kandungan Mineral
Mineral Massa/Nilai %AKG
Potassium 910 mg
Magnesium 106,6 mg
Zat besi 0,78 mg
Zink 0,78 mg
Kalsium 15,6 mg
Tembaga 0,08 mg
Mangan 0.23 mg

Nah, dari data tabel tersebut kita tahu bahwa buah naga merah dan naga lainnya mengandung banyak nutris yang tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah naga atau jus buah naga secara rutin akan memberikan manfaat kesehatan yang luarbiasa.

Manfaat buah naga merah terkenal dengan antioksidan yang berguna untuk mengatasi sel kanker dan penuaan dini. Selain itu kandungan seratnya sangat baik untuk menghilangkan lemak perut dan kolesterol. Berikut kita lihat khasiat dan manfaat buah naga merah secara lebih terperinci.

Buah naga merah

Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Kalau anda sedang menjalani program diet, maka buah naga bisa menjadi teman anda. Selain mengambil buah bengkoang anda juga bisa mengambil manfaat buah naga untuk menurunkan berat badan. Buah naga kaya serat dan rendah kalori sehingga menjadi satu asalan bahwa buah ini sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Kandungan air dan serat yang tinggi membuat perut cepat kenyang serta mampu menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu, kondisi buah naga yang seperti ini akan memberikan pengaruh baik bagi pencernaan yang noatbenenya butuh banyak serat larut.

2. Buah Naga Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah salah satu senyawa yang terkenal dalam buah naga. Kandungan ini mampu mencegah radikal bebas sehingga menghambat proses oksidasi. Jadi, buah naga merah atau warna putih baik untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Ini akan mencegah penuaan dini dan kanker. Baca juga: Manfaat buah melon

3. Meningkatkan sistem kekebalan Tubuh

Sama seperti manfaat buah delima, buah naga juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat luarbiasa ini adalah berkat adanya antioksidan tinggi dalam buah naga. Konsumsilah buah naga atau jus buah naga setiap hari sekali, maka kinerja tubuh akan semakin baik dan sistem tubuh tetap sehat.

pohon buah naga kuning

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan phytoalbumin dalam buah menjadi agen untuk mengentikan pembentukan karsinogen bebas atau radikal bebas dalam tubuh. Maka, ini jelas baik dalam mencegah munculnya kanker atau sel tidak normal. Selain antioksidan ini, buah naga juga mengandung zat seperti kalsium, fosfor, vitamin C dan vitamin B2 yang diketahui membantu pencegahan kanker. Baca juga manfaat buah sirsak dalam melawan kanker.

5. Mencegah Diabetes

Diabetes mellitus adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain. Maka keadaan gula darah harus selalu seimbang dan stabil. Buah naga adalah salah satu makanan alami sehat untuk tubuh, ia bisa menstabilkan kadar gula dalam darah.

Kandungan gula yang sedikit dalam buah naga baik untuk diet sehari-hari. Penderita diabetes tidak perlu takut makan buah naga karena ia mengandung serat tinggi dan sedikit sekali gula.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Buah naga juga mengandung vitamin B2 dan B1. Kedua vitamin ini dikabarkan mampu meningkatkan nafsu makan. Jadi, bagi anggota keluarga yang nafsu makannya menurun, direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur.

7. Mengobati Batuk dan Asma

Selanjutnya, manfaat buah naga adalah sebagai obat batuk dan penyakit pernapasan seperti asma. Memang, menderita penyakit ini sangat mengganggu aktivitas harian anda. Maka, ambil cara mudah dan alami mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi buah naga merah atau putih.

Buah naga mengandung vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh sehingga tidak murah diserang penyakit.

8. Menunda Penuaan Dini

Penuaan dini adalah masalah yang sering di alami siapa saja, namun banyak wanita yang merasa terganggu dengan proses alam ini. Penuaan dini adalah keadaan yang terjadi akibat akumulasi radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan cepatnya terjadi oksidasi dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga mampu mengurangi radikal bebas sehingga menunda penuaan dini.

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi buah naga secara teratur juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Sebenarnya, penyakit ini berhubungan dengan dua faktor yaitu terjadinya penyumbatan arteri dan stres. Buahy naga mampu membersihkan racun dan mentralkan tekanan darah sehingga serangan jantung bisa di minimalisir.

10. Manfaat Buah Naga Untuk Tulang dan Darah

Buah naga adalah buah dengan kandungan kalsium yang tinggi serta zat besinya. FAO mengganggap bahwa ini adalah buah dengan kandungan gizi tinggi karena banyaknya kalsium dan ironnya. Kalsium, selain baik untuk tulang juga baik untuk perkembangan otot serta mengatur fungsi saraf. Sementara zat besinya berguna untuk mengedarkan sari makanan keseluruh tubuh lewat banyaknya sel darah merah yang di produksikan.

Itu manfaat buah naga bagi kesehatan yang umum di ketahui. Namun, masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi buah naga merah bagi kesehatan. Secara singkat kami paparkan manfaatnya berikut ini.

11. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
12. Bermanfaat besar untuk membersihkan usus
13. Mencegah peradangan
14. Menjaga kestabilan ion tubuh
15. Mampu meningkatkan stamina
16. Mencegah kram
17. Mencegah kelumpuhan otot
18. Baik untuk menjaga kelembaban kulit
19. Baik untuk manula
20. Menjaga kesehatan syaraf
21. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
22. Bermanfaat sebagai perwarna alami (buah naga merah)
23. Bermanfaat untuk membasmi jerawat
24. Mencegah kerapuhan tulang
25. Bermanfaat bagi bayi di atas 1 tahun
26. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
27. Buah Naga bermanfaat untuk meningkatkan ASI
28. Baik untuk mengobati panas dalam
29. Buah naga baik untuk mengobati sariawan
30. Mengatasi tengorokan kering
31. Buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah agar tetap kencang. Ini berkat tinggi kandungan antioksidan didalamnya.

Efek Samping Buah Naga

Buah naga adalah buah dengan seribu manfaat bagi kesehatan. HIngga kini belum ada laporan yang mengatakan bahwa buah naga harus di pantang. Namun, mengkonsumsi buah naga merah bermanfaat untuk diabetes, ibu menyusui, wanita hamil, tekanan darah tinggi hingga penderita penyakit asma. Demikianlah sekilas tentang manfaat buah naga bagi kesehatan, semoga bermanfaat untuk semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here