Home Buah 15 Khasiat dan Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

15 Khasiat dan Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

631
SHARE
Manfaat buah langsat

Manfaat buah langsat untuk kesehatan – Buah langsat adalah jenis buah yang masuk dalam suku Meliaceae. Buahnya persis sama dengan duku dan daging buahnya juga sama hanya saja langsat dan duku ada perbedaan tersendiri. Buah langsat biasanya tidak tahan lama beda dengan duku, begitu juga rasa duku lebih manis dibandingkan dengan langsat.

Sebenarnya buah langsat atau duku ada beberapa jenis. Ada yang disebut dengan suku, ada langsat dan sosokan, dan ada juga duku-langsat. Langsat mempunyai pohon yang kurus, dengan dahan tinggi keatas, dan bentuknya ramping tidak rindang seperti pohon hasan. Tandan buahnya panjang, biasanya buahnya terdiri dari 15-20 biji dalam satu tandan.

Nilai Nutrisi Buah Langsat

Langsat adalah buah yang kaya nutrisi dan gizi, itulah sebabnya mengkonsumsi buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut kita lihat apa saja kandungan Gizi dalam Buah Langsat dalam setiap 100 gram buah.

Dalam setiap 100 gram atau 1 ons buah langsat mengandung 10 kal kalori, 13 gram kandungan karbohidrat, 0,7 gram kandungan mineral, 1 gram kandungan protein, 0,9 mg kandungan zat besi, 0,2 gram kandungan lemak, 18 mg kandungan kalsium, 9 mg kandungan fosfor.

Setelah mengetahui nutrisi ini, tentu kita yakiin bahwa langsat kaya terhadap manfaat bagi kesehatan. Sekarang kita lihat apa saja manfaat buah langsat bagi kesehatan, sebagaimana di kutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Sebelum kita bahas manfaat buah langsat, terlebih dahulu kita lihat apa saja gizi yang ada dalam buah langsat, sehingga buah ini sangat populer dan banyak dijajakan dipasaran buah. Sebagaimana yang dikutip dari berbagai sumber, gizi dalam buah langsat adalah sbb:

Dalam 100 gram buah langsat mengandung kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. (untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi, buah langsat setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan apel atau jeruk). Lantas apa khasiatnya untuk kesehatan tubuh?

1. Melancarkan sistem pencernaan

Buah langsat mengandung banyak dietary fiber atau serat yang bisa melancarkan pencernaan. Kalau anda sedang bermasalah denganm BAB, maka buah langsat bisa menjadi salah satu solusinya untuk anda.

Baca: Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Pola Makan

2. Mengobati cacingan dan demam

Biji langsat yang besar-besar dan pahit bisa di manfaatkan sebagai obat cacingan. Tumbuk biji langsat hingga menjadi bubuk.

3. Mencegah kanker kolon

Berikutnya, manfaat buah langsat untuk kesehatan adalah diambil dari kulit buahnya. Kulit buah bisa digunakan sebagai obat kolon kanker, dan membersihakn radikal bebeas dalam tubuh yang menyebabkan kanker.

4. Mengobati gigitan serangga berbisa

Yang digunakan disini adalah kulit kayu langsat, kulitnya bisa bermanfaat untuk gigitan kayu serangga berbisa, gigitan kala jengking, sebagai obat disentri dan obat malaria.

5. Memutihkan kulit

Manfaat buah langsat untuk kesehatan juga bisa dirasakan oleh kulit, soalnya bisa digunakan untuk memutihkan kulit. Ektraks buah langsat yang manis kalau di oleskan pada kulit akan menghambat enzim tirosinase. Selain itu langsat juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit secara permanen.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Wajah Pria

6. Obat untuk mengusir nyamuk

Khasiat langsat untuk mengusir nyamuk. Hal ini telah di uji coba oleh para pakar IPB Bandung, dan hasilnya ternyata bisa mengusir nyamuk dengan kulit langsat.

7. Sumber Karbohidrat

Buah langsat cocok menjadi camilan sehari-hari anda karena buah ini kaya terhadap karbohidrat. Memang, rasanya asam manis namun faktanya ia mengandung banyak karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Jadi, jangan mengkonsumsinya, manfaat dan rasanya yang khas juga menjadi faktor bagi mahalnya harga buah langsat di pasaran.

8. Menghalau Radikal Bebas

Buah langsat bermanfaat untuk kesehatan usus yaitu mencegah kanker usus. Ternyata, selain itu ia juga mampu membersihkan radikan bebas dalam tubuh sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan bebas dari proses oksidasi. Ini menyebabkan terhambatnya penuaan dini. Radikal bebas adalah penyebab penyakit berbahaya seperti kanker kulit, usus dan lain-lain.

9. Manfaat Langsat bagi Disentri

Anda diserang disentri dan sudah mencoba obat-obat untuk mengobatinya tetapi belum smebuh juga. Coba konsumsi buah langsat secara teratur dalam kadar wajar. Selain buahnya, anda disarankan mengkonsumsi kulit pohon langsat dengan merebus airnya. Kandungannya akan melawan bakteri penyebab disentri.

Baca juga: Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan

10. Manfaat Buah Langsat Untuk Malaria

Ternyata, buah langsat juga bermanfaat untuk mengobati Malaria. Ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk yang mengandung parasite plasmodium. Ketika seseorang digigit, maka parasite plasmodium akan berpindah ke orang tersebut sehingga terjadi malaria.

Kalau anda enggan menggunakan obat kimia untuk mengobati penyakit ini, cobalah menggunakan kulit langsat, kulit pohon langsat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit dari pohon buah langsat ampuh mengobati Malaria.

11. Obat Digigit Kala Jengking

Selanjutnya, manfaat buah langsat untuk kesehatan adalah mengobati gigitan kala jengking. Selain mengkonsumsi buah langsat, mengobati kala jengking sangat bagus menggunakan kulit dari pohon langsat.

Bahan yang digunakan adalah zat tepung yang ada pada kulit pohon langsat, pastekan atau letakkan zat tepung ini pada bekas gigitan kala jengking. Gunakan beberapa kali hingga tidak ada lagi pembengkakan yang terjadi.

12. Manfaat buah langsat mengobati cacingan

Anak anda menderita cacingan? Anda bisa menggunakan bahan alami dari buah langsat. Yang digunakan sebagai obatnya adalah biji buah langsat yang rasanya pahit. Hancurkan bijinya hingga menjadi seperti tepung atau pasta dan minumkan kepada anak-anak yang menderita cacingan.

Cacing yang berkeliaran dalam perut anak akan mati dengan sendirinya akibat rasa pahit yang luarbiasa dari biji langsat.

13. Obat Alami Pengusir Nyamuk

Manfaat buah langsat selanjutnya adalah sebagai pengusir nyamuk secara alami. Anda bisa menggunakan kulit buah langsat untuk mengusir nyamuk yang berkeliaran dirumah anda. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit buah langsat, selanjutnya kulit buah langsat ini di bakar hingga mengeluarkan bau khas. Bau inilah yang menyebabkan nyamuk lari dan menjauh.

Menggunakan kulit buah langsat aman bagi kesehatan anak. Ini tidak dengan menggunakan obat nyamuk biasa yang sering mengganggu pernapsan.

14. Manfaat Buah Langsat Untuk Diet

Kalau anda sedang diet, anda bisa mencoba memasukkan langsat sebagai salah buah dalam daftar makanan sehari-hari. Menggantikan camilan gorengan atau kerupuk dengan langsat adalah solusi terbaik menyukseskan program diet anda.

Baca: Mengecilkan Perut Buncit dengan Pola Makan

Langsat banyak mengandung serat dan nutrisi lainnya yang mendukung diet menurunkan berat badan anda. Sebagaimana kita maklumi, bahwa serat membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Serat ini akan mengikat loemak dan kolesterol dalam tubuh dan dikeluarkan melalui tinja.

15. Menyembuhkan Gejala Demam

Selanjutnya, manfaat buah langsat untuk kesehatan adalah mengobati demam. Kandungannya yang beragam dan kaya nutrisi siap membantu anda yang sedang berjuang mengobati demam. Namun, yang anda gunakan disini adalah biji langsatnya, kalau anda makan buah langsat maka ikut sertakan bijinya yang pahit itu. Kunyah-kunyah dan telan, maka gejala demam anda akan segera sembuh.

Kalau anda tidak berani megunyahnya, anda bisa mengolah biji langsat menjadi obat demam. Caranya adalah dengan menjemur biji langsat hingga kering, kemudian tumbuk hingga halus, selanjutnya biji langsat yang halus itu di seduh dengan air hangat.

Itulah 15 manfaat buah langsat untuk kesehatan yang jarang diketahui. Konsumsilah buah langsat dalam batas wajar atau tidak berlebihan agar manfaatnya bagi kesehatan bisa optimal. Ingat! Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik lagi bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here