Home Buah 41 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan, Nutrisi dan Efek Samping

41 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan, Nutrisi dan Efek Samping

160
SHARE
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
@manfaatbuahan.com

Buah durian adalah buah berduri yang memiliki rasa khas. Sebagian orang tidak menyukainya namun kebanyakan mereka sangat menikmati bau durian serta rasa buahnya yang khas. Buah durian banyak diburu penggemarnya terutama di musim panen durian. Tidak hanya rasanya yang enak dan khas saja, namun juga memberikan banyak manfaat kesehatan jika di konsumsi dalam jumlah yang wajar.

Walapun rasanya enak dan khas, buah durian juga memiliki efek samping yang tidak boleh di abaikan. Misalnya orang dengan tekanan darah tinggi dan ibu hamil muda sangat di larang mengkonsumsi buah berduri ini. Efek yang ditimbul bisa berbahaya seperti kambuh hipertensi dan Keguguran dini.

Akan tetapi bagi anda yang tidak bermasalah dengan kesehatan, manfaat buah durian sungguh besar untuk kesehatan. Berikut kami jelaskan manfaatnya serta kandungan nutrisi yang ada dalam durian.

Nutrisi Buah Durian

Buah durian dengan rasanya yang khas ternyata mengandung nutrisi lengkap yang baik penting bagi kesehatan. Berikut nutrisnya yang didapatkan dari makan buah durian.

Buah berbau ini mengandung karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, vitamin B, vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan omega 6 serta adanya kandungan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

1. Mengandung lemak dan kalori

Bagi anda yang ingin meningkatkan berat badan mungkin buah ini cocok untuk anda. Namun, sebaliknya anda harus membatasi makan buah durian karena mengandung banyak kalori dan lemak. Dalam satu cangkir porsi buah durian mengandung kalori hingga 357 kal, dan lemak sebanyak 13 gram. Jadi, kalau anda suka dengan durian sebaiknya membatasi jumlahnya.

2. Karbohidrat

Selanjutnya, manfaat buah durian adalah untuk menjaga asupan karbohidrat kedalam tubuh. Satu cangkir saja mengkonsumsi durian maka anda sudah mendapat setengah dari rekomendasi karbohidrat harian, karena dalam satu cangkir anda mendapatkan 130 gram karbohidrat. Maka, bagi anda yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan sebaiknya membatasi makanan ini karena ia bisa meningkatkan berat badan anda.

3. Mengandung Protein

Buah durian yang enak dan nikmat juga mengandung protein, dalam 1 cangkir mengandung 3.6 protein. Artinya dengan mengkonsumsi jumlah ini anda sudah mendapatkan 6.4% protein harian. Dalam sebuah Penelitian tahun 2010 yang di publikasi dalam “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dalam daging dan ikan kadang menyebabkan sindrome iritasi susu besar. Maka, memenuhi protein dari sayuran dan buah termasuk buah durian dianggap lebih sehat untuk kesehatan.

4. Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, buah durian mengandung vitamin C dan mineral sehingga manfaatnya untuk kesehatan lebih mengagumkan. Dalam satu cangkir buah durian sudah mengandung 80% vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Manfaat vitamin C adalah memebentuk kolagen kulit dan membooster imunitas tubuh.

Baca: Manfaat buah melon

Selain itu, manfaat buah durian semakin lengkap manakala terdapat vitamin B6, yaitu salah satu vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin B6 juga disebut dengan pyridoxine yaitu adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk fungsi darah, fungsi kulit, dan fungsi sistem saraf pusat.

5. TrIptopan

Zat Triptofan adalah salah satu dari 20 asam amino penyusun protein yang bersifat esensial bagi manusia. Triptopan adalah salah satu obat tidur alami yang terdapat dalam buah durian. Zat ini bekerja mengatur metabolisme tubuh sebagai neurotransmitter. Zat Triptopan membantu menginduksi tidur sehingga anda terhindar dari epilipsi.

6. Tiamin

Selanjutnya, manfaat buah durian adalah berkat adanya Tiamin alami seperti yang ditemukan pada kacang hijau. Mengkonsumsi satu cangkir durian bisa memenuhi 30% jumlah Tiamin harian. Ia bermanfaat untuk menjaga dan memelihara metabolisme karbohidrat dalam tubuh dan kemudian di ubah menjadi energi.

7. Mengandung Folat

Selain dalam brokoli, dan alpukat, asam folat juga ada dalam buah durian. Dalam satu porsi durian sudah menghandung 20% kebutuhan asam folat harian. Manfaat asam folat adalah mencegah penyakit jantung, membantu otak berjalan normal dan baik untuk kesehatan janin dalam kandungan.

Baca: Manfaat Buah Delima

8. Zat besi dan tembaga

Dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat dibutuhkan zat besi dan tembaga dan buah durian bisa memberikan anda sejumlah zat besi dan tembaga. Selain itu, dalam satu porsi buah durian juga memberikan riboflavin hingga 25% dan tembaga dengan jumlah yang sama.

9. Sumber Kalium

Buah durian adalah salah satu sumber kalium dari buah-buahan. Kalium adalah senyawa elektrolit yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, anda juga bisa menemukan zat ini dalam buah pisang. Manfaat lain dari kalium adalah menjaga mengatur detak jantung dan menjaga kadar natrium dalam tubuh.

10. Tinggi Anti Oksidan

Sebagaimana yang telah kita singgung diatas, manfaat buah durian sangat besar karena ia juga menjadi cumber antioksidan tinggi. Antioksidan adalah zat penting yang berguna untuk melindungi tubuh dari zat berbahaya radikal bebas. Free radical atau radikal bebas sangat berguna untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, dan penyakit jantung. Biasanya radikal bebas ini adalah melekul yang terjadi ketika tubuh terpapar polusi, menghisap rokok atau ketika tubuh menguraikan makanan.

Efek Samping Buah Durian

Disamping buah durian kaya dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mengkonsumsi buah durian juga memberikan sejumlah efek samping berbahaya bagi tubuh. Simak berikut ini

  • Durian di larang bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi buah durian di ketahui mampu meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Maka, anda harus menghindari buah ini.
  • Buah durian dilarang bagi penderita penyakit jantung
  • Buah durian berbahaya bagi mereka yang mengalami penyakit darah tinggi
  • Ibu hamil, karena ditakutkan mengalami keguguran. Kalau anda sudah sangat ingin makan, sebaiknya konsumsi dulu dengan dokter kandungan atau bidan setempat untuk mendapatkan nasehat.

Baca juga: Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan

Cara Terbaik Mengkonsumsi Buah Durian

Untuk mendapatkan manfaat buah durian bagi kesehatan sebaiknya anda mengikuti saran ini. Walaupun rasanya endak dan nikmat anda harus membatasi makan buah ini, cukup mengkonsumsi 100-200 gram saja dalam sekali makan. Ini penting untuk menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here