BERBAGI
Manfaat Buah Dewandaru

Buah dewandaru adalah buah super dengan manfaat tak main-main yang berasal dari pohon dewandaru. Buah ini mampu mengobati kerusakan oksidatif yang terjadi akibat radikal bebas yang tidak bisa di atasi oleh antioksidan. Buah dewandaru juga dikenal dengan nama Ciremai Londo dengan bentuk kecil-kecil. karena khasiatnya bisa menangkal dan memperbaiki kerusakan oksidatif maka manfaat dewandaru sangat baik untuk mencegah dan mengobati kanker atau tumor.

Untuk lebih detail, berikut kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari dewndaru:

1. Antioksidan

Senyawa karatenoid didalam dewandaru berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam sistem tubuh manusia. Selain manfaat buahnya, dewandaru juga memiliki khasiat yang sama yang terletak pada daunnnya karena mengandung senyaw fenolik yang berperan sebagai antioksidan.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka

Radikal bebas adalah elektron yang tidak memiliki pasangan pada orbitan luarnya dan ia terdapat pada asap kendaran, rokok, asap pabrik dan lain-lain. Keberadaannya sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena bisa merusak sistem pertahanan tubuh. Maka, kehadiran dewandaru sangat penting untuk kesehatan dalam melawan radikal bebas tersebut.

2. Mengandung Antibakteri

Dewandaru tidak hanya dimanfaatkan daun dan buahnya saja namun juga bijinya yang mungil juga bermanfaat yaitu mengobati diare. Biji buah dewandaru mengandung zat yang bisa membunuh kuman penyebab diare. Zat seperti ini juga ditemukan pada daun jambu dan cincau.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat dewandaru dari daunnya juga untuk mengobati rematik. Daunnya mengandung minyak esensial atau minyak atsiri yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit akibat rematik, nyeri sendi dan penyakit lainnya pada tulang.

Baca juga: Manfaat Buah Naga Merah bagi Kesehatan

4. Mengobati Tekanan Darah

Selanjutnya, manfaat buah dewandaru adalah mengobati dan menurunkan tekanan darah tinggi berkat kualitas astringent. Sementara daun dan buah juga bisa mengatasi tekanan darah dan kolesterol serta menurunkan metabolisme lipid. Manfaat seperti ini juga bisa ditemukan dalam manfaat buah mengkudu.

5. Sebagai Anti Kanker

Buah dewandaru juga terkenal sebagai pembasmi kanker seperti halnya daun dan buah sirsak. Sebenarnya, bukan buahnya namun daun dewandarulah yang bermanfaat untuk membasmi kanker. Hingga kini masih di lakukan penelitian lanjut untuk menegtahui keistimewaan khasiat dari daun tanaman ajaib ini.

Selain daun dewandaru, bawang putih juga memiliki manfaat untuk membasmi kanker, kunyah bawang putih setiap malam bisa berguna untuk menangkal sel kanker dan tekanan darah tinggi.

6. Aksesoris

Pohon dewandaru yang serba berkhasiat ini ternyata tidak hanya daun, buah dan bijinya saja yang di manfaatkan, tetapi kayunya juga berguna untuk pembuatan berbagai kerajinan dan aksesoris. Diantara aksesoris yang banyak dibuat dari batang dan kayu dewandaru adalah tasbih, batu cincin, kalung, gelang, bahkan sebagai tongkat komando militer. Masyarakat jawa menganggap pohon ini menyimpan mistin sehingga mereka membuatnya sebagai aksesoris ini.

Manfaat buah dewandaru jika dimakan secara teratur bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara bertahap dan baik untuk mencegah osteoporosis, kerusakan pembuluh darah, mencegah tumor dan kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here