SHARE
manfaat buah delima untuk kesuburan
www.thealthbenefitsof.com

Manfaat buah delima untuk kesuburan – Semua tahu bahwa sumber vitamin yang menyehatkan sering datang dari buah. Buah juga menyediakan banyak serat yang penting untuk pencernaan. Salah satu buah yang penting di makan adalah buah delima, terkhusus buat wanita hamil atau yang ingin segera hamil.

Manfaat buah delima untuk kesehatan bukan hanya isu tetapi juga fakta karena delima menyimpan banyak nutrisi penting didalamnya. Berikut beberapa jenis vitamin menyehatkan bagi tubuh yang disediakan oleh delima.

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Buah ini kaya terhadap vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, vitamin C, Vitamin E, Folat, Fosfor, Kalium, Magnesium, Besi, Gula, Serat, Seng, Lemak, Karbohidrat, Energi, Asam Pantotenat.

Jadi, nutrisi vitamin yang disediakan oleh delima lengkap sehingga tidak salah kalau delima menjadi salah satu buah sehat yang harus di konsumsi. Buah yang juga terkenal dengan nama pomegranate ini juga menyimpan rasa manis yang mebuat selera makan semakin meningkat.

Mengkonumsi buah-buahan sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan. Kesehatan kita adalah poin terpenting dalam hidup ini sehingga banyak orang berinvestasi untuk kesehatannya. Salah satu cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan adalah dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan salah satunya adalah buah delima.

Manfaat Buah Delima Untuk Kesuburan

Pada awal artikel kita telah menyebutkan bahwa buah delima bermanfaat untuk kesehatan terutama kesuburan wanita. Ini disebabkan ia mengandung nutrisi lengkap serta nutrisi penting untuk kesuburan wanita. Jadi, apa saja manfaat delima untuk kesehatan, Berikut kita lihat manfaat buah delima untuk keseuburan dan kehamilan.

1. Mencegah Kerusakan Otak Janin

Salah satu manfaat delima adalah mempengaruhi otak janin. Janin mengalami pertumbuhan yang signifikan sehingga perkembangannya harus selalu di kontrol. Dalam perkembangannya, janin butuh banyak nutrisi seperti yang diperlukan otak agar bisa tumbuh dengan maksimal. Nutrisi yang dibutuhkan otak adalah folat dan ternyata delima menyimpan kandungan asam folat tinggi. Maka, ibu hamil perlu mengkonsumsi buah delima untuk memberikan nutrisi folat bagi janinnya. Baca juga: makanan terbaik untuk ibu hamil

2. Melancarkan Aliran Darah ke Rahim

Kenapa wanita sangat baik mengkonsumsi delima atau pomegranate? Alasannya adalah karena delima mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesuburan wanita atau pria. Selain itu, delima mampu meningkatkan aliran darah kerahim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi delima mampu meningkatkan persentasi kehamilannya.

3. Meningkatkan Eritrosit

Mengknsumsi delima bermanfaat untuk meningkatkan Eritrosit atau sel darah merah. Ini adalah bagian terpenting dari tubuh manusia. Sementara terhadap kesehatan janin, keberadaan Eritrosit sangatlah penting dalam menopang pertumbuhan sumsum tulang belakang. Jadi, janin yang mempunyai jumlah Eritrosit yang baik akan mengalami penurunan resiko terhadap gangguan atau kelainan. Sangat menakjubkan, karena buah delima mempunyai kandungan yang mampu meningkatkan Eritrosit. Maka, manfaat buah delima untuk wanita hamil sangat besar sekali dalam menopang kesehatan janin.

4. Menguatkan dinding rahim

Kesehatan rahim sangat penting selama kehamilan terutama dalam kesiapannya menahan janin selama 9 bulan. Untuk itu ibu hamil harus memperhatikannya, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah delima karena ia mengandung nutrisi yang mampu menguatkan dinding rahim.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Selanjutnya, manfaat buah delima untuk kesuburan adalah mencegah penyakit jantung. Wanita hamil sering mengalami cemas yang membawaki kepada serangan jantung, potensi ini meningkat apabila ibu hamil kekurangan asam folat yang berperan sebagai nutrisi penting. Buah delima menyediakan banyak asam folat sehingga baik untuk mendukung kehamilan. Baca juga: Penringnya Yodium bagi Ibu Hamil

6. Melawan Depresi

Ibu hamil sering mengalami perubahan suasana hatinya dan ini harus dijaga agar ibu hamil senantiasa memiliki mood yang baik. Perubahan suasana hati bisa mempengaruhi keadaan janin yang dikandugnnya. Maka, suami harus membuat ibu hamil senang dan selalu manja. Namun, akibat dari perubahan suasana hati seringkali ibu hamil mengalami goncangan dan depresi serta stres. Buah delima adalah makanan anti depresi yang baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak asam folat.

7. Baik untuk Perkembangan Jaringan Tubuh

Manfaat buah delima selanjutnya adalah membantu perkembangan jaringan janin. Sebagaimana diketahui bahwa dalam masa perkembangannya, janin perlu banyak nutrisi untuk perkembangan jaringan dan organ dalam secara sempurna. Sementara buah delima adalah kebutuhan penting ibu hamil untuk membantu agar jaringan tubuh pada janin bisa mudah terbentuk.

8. Memberikan Energi bagi Ibu hamil

Ibu hamil sering kali lelah akibat memikul beban yang semakin hari semakin bertambah. Maka, tentu ia membutuhkan asupan yang bisa menjaga dan meningkatkan tenaganya. Buah delima bisa membantu memberikan energy bagi ibu hamil. Jadi, selama kehamilan konsumsilah buah delima atau pomegranate dengan teratur sehingga ibu hamil tidak perlu berlama-lama memulihkan tenaganya yang hilang.

9. Melindungi Ibu Hamil

Mengkonsumsi banyak delima sangat baik untuk kesehatan. Manakala nutrisi penting tercukupi, maka ibu hamil bisa melawan berbagai gangguan kesehatannya seperti penyakit ringan atau berat.

Buah delima menyimpan vitamin untuk imunitas tubuh sehingga tidak perlu bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai obat kimia. Baca juga: Manfaat buah sirsak untuk kesehatan

10. Mentralisir Pendarahan Setelah Melahirkan

Wanita melahirkan juga bermasalah dengan pendarahan setelah kelahiran. Mengkonsumsi rebusan kulit delima baik untuk mepercepat masalah pendarahan ini. Selain itu, air rebusan kulit delima juga baik untuk keputihan yaitu menghilangkan bau sekitar organ intim wanita hamil.

Demikian beberapa manfaat buah delima untuk kesuburan dan kehamilan wanita hamil. Sangat banyak manfaat yang bisa di temukan dari mengkonsumsi buah delima hingga air rebusan kulitnya. Manfaat dan khasiat ini disediakan alam untuk kebutuhan manusia sehingga manusia tidak perlu banyak mengkonsumsi obat kimia yang seringkali berubah menjadi racun bagi tubuh. Ayo kita galakkan mengkonsumsi buah untuk obat.

Cara Mengolah Buah Delima

Nah, setelah kita tahu manfaat buah delima untuk kesuburan dan kehamilan wanita, sekarang kita harus tahu cara memanfaatkan delima yang benar sehingga manfaatnya optimal. Berikut kita perhatikan cara mengolahnya:

  • Siapkan beberapa gelas air mineral
  • Siapkan es batu atau es serut
  • Siapkan saringan, blender
  • Dua buah delima yang matang/siap dimakan
  • Air gula 80 ml
  • Kupas dan pisahkan isinya dengan kulit
  • Isi buah delima dimasukkan kedalam blender
  • Masukkan juga es serut tadi
  • Masukkan air mineral yang disiapakan tadi
  • Semua bahan dalam blender di blender rata
  • Selanjutnya, saring jusnya kedalam gelas dengan saringan bersih
  • Jus delima siap di nikmati dengan segudang manfaatnya

Kesimpulan dan Peringatan!

Itulah cara terbaik mengkonsumsi buah delima agar manfaat buah delima untuk kesuburan lebih terasa. Namun, wanita hamil dilarang mengkonsumsi terlalu banyak buah ini karena bisa berakibat tidak baik bagi janin. Jadi, konsumsilah buah delima dan buah lainnya serta jus secukupnya, tidak berlebihan.

Mengkonsumsi delima secara berlebihan kadang bisa menyebabkan keguguran, maka hindarilah berlebihan dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Kelebihan delima menyebabkan lebihan nutrisi bagi janin yang pada gilirannya menyebabkan keguguran yang tidak di inginkan. Diantara gejala keguguran akibat terlalu banyak makan delima adalah mengalami kram pada bagian rahim, kalau ini anda rasakan segera hubungi dokter.

1 COMMENT

  1. […] Furthermore, the best foods that are rich in fiber is pomegranate. 282 grams of pomegranate contain 11.3 grams of fiber that is sufficient 45% daily requirement. In addition, pomegranate also provides vitamin K and C are useful to accelerate wound healing. Another substance is anthocyanin is an important compound that is efficacious for inflammation and fight cancer. Extracts of pomegranate juice are very strong in the prevention of cancer. [Source: Manfaat Buah Delima] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here