Home Buah 15 Manfaat Buah Ciplukan dan Daunnya untuk Kesehatan

15 Manfaat Buah Ciplukan dan Daunnya untuk Kesehatan

5328
SHARE
manfaat buah ciplukan untuk kesehatan
Buah dan daun ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan – Tanaman ciplukan adalah jenis tanaman yang hidup di semak-semak dengan sendirinya. Kebanyakan orang menganggap sebelah mata karena dianggap sebagai semak yang harus di basmi. Padahal cuplukan mempunyai buah yang apabila sudah masak akan terasa mansi dan kenyal. Buah ciplukan dan daunnya ternyata mempunyai manfaat luarbiasa bagi kesehatan manusia.

Karena tanaman semak, maka ia sukar di temukan di daerah perkotaan. Sementara daerah perkampungan ia bisa dengan mudah ditemukan dalam semak atau di pinggir panggar warga. Kini buah ciplukan dan daunnya sudah mulai di lirik sebagai bahan alami untuk obat yang meyembuhkan beragam penyakit. Bahkan, buah ciplukan dan daun ciplukan kini sudah di jual banyak orang terutama di toko-toko online dan harganya pun mencengangkan.

Apa Itu Tanaman Ciplukan

Sebelum kita ulas manfaat buah ciplukan, mari mengenal sedikit tentang tanaman hijau ini. Ciplukan adalah tanaman berwarna batang jiau dengan tekstur renyah dan berair. Ia mempunyai daun berwarna hijau dengan bergirigi jarang pada ujung daun. Sementara buah ciplukan berwarna hijau dan akan berubah menjadi kuning orange ketika sudah masak. Buah ciplukan di bungkus dengan kulit tipis berwarna hijau dan bergelembung. Kulit tipis ini memberikan isyarat kepada warna buah didalamnya.

Baca juga: Manfaat Petai China

Jadi, kalau anda ingin melihat apakah buah ciplukan sudah matang atau belum, cukup melihat warna kantong buahnya. Kalau hijau, berarti buah didalam juga masih hijau. Bagi anda yang belum melihat tanaman ini, anda bisa melihat gambar yang kami sediakan, siapa tahu anda sudah duluan melihatnya namun tidak tahu namanya.

manfaat buah dan daun ciplukan
cabang dan buah ciplukan

Ok, sekarang kita sudah mengenal tanaman ciplukan, kini saatnya melihat apa saja manfaat buah ciplukan untuk kesehatan serta daunnya.

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

1. Camilan Sehat

Buah yang dianggap sepele ini ternyata bisa di jadikan camilan manis dan sehat untuk tubuh. Kalau anda sering ngemil dengan aneka makanan yang belum tentu sehat, sesekali lirik daerah sekeliling anda, siapa tahu ada ciplukan disana yang bisa anda jadikan makanan sehat dalam ngemil.

2. Mengobati Nyeri Sendi

Manfaat lain adalah sebagai obat tradisional nyeri sendi. Namun yang dimanfaatkan disini adalah daun ciplukan. Ambil beberapa daun ciplukan dan tumbuk halus bersama sedikit kapur sirih. Tempelkan pada sendi yang nyeri atau reumatik. Gunakan hingga mengering dan nyeri anda akan segera sembuh.

3. Mengobati Epilipsi

Manfaat buah ciplukan sangat baik mengatasi epilipsi, ini adalah penyakit ayan yaitu hilang kesadaran dan di ikuti dengan kejang-kejang dan keluar buih dari mulut. Dalam bahasan kerennya di sebut dengan epilipsi. Kalau anda atau keluarga anda mengalami penyakit ini, anda bisa memanfaatkan daun dan buah ciplukan. Cukup konsumsi 10 buah ciplukan setiap hari anda akan merasakan manfaat yang luarbiasa.

Namun demikian, kami tetap menyarankan anda untuk menghubungi dokter dalam setiap masalah kesehatan anda. Buah ciplukan ini hanya sebagai pendamping untuk mempercepat kesembuhan anda.

4. Mengobati Sariawan

Sariawan adalah penyakit ringan namun sangat mengganggu. Sariawan di tandai dengan munculnya bercak merah atau putih pada bibir, lidah atau bagian dalam mulut. Luka kecil ini sangat perih apalagi ketika minum atau makan. Memang ada obat lasegar yang biasa menyembuhkan penyakit ini, namun ciplukan juga bisa memberikan manfaat yang tak boleh di anggap sebelah mata.

Manfaat buah ciplukan mengobati sariawan berkat adanya kandungan vitamin C didalamnya. Jumlah vitamin C yang tinggi tidak meragukan kalau buah semak ini mampu mengobati masalah kesehatan anda.

buah ciplukan yang sudah matang
Buah ciplukan masak

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah suatu gejala mematikan yang sangat menakutkan. Tekanan darah terjadi ketika adanya penyumbatan salah satu pembuluh darah atau tingginya kandungan lemak dalam darah. Blood Pressure bisa juga terjadi karena hal lainnya. Kalau anda sering mengalami tekanan darah tinggi maka anda harus menanam tanaman ciplukan. Karena manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sangat tinggi dan salah satunya adalah menurunkan tekanan darah. Baca: Manfaat Buah Pare Untuk Diabetes

Untuk mengobati darah tinggi, rebuslah 5 buah ciplukan dengan 100 ml air dan diamkan sejenak hingga hangat. Minum rebusan ini dua kali sehari dan insya Allah tekanan darah segera menurun.

6. Mengobati Bisul

Apakah anda sering berbisul, atau munvul bercak merah yang mengandung nanah pada kulit anda. Apakah anda sering hilang rasa percaya diri dengan adanya bisul di kulit wajah, atau bagian lainnya? Buah ciplukan bisa mengobati masalah yang anda alami. Hancurkan beberapa buah ciplukan, bisa juga memblendernya hingga halus, dan tempelkan merata pada bagian kulit yang mengalami pembengkakan akibat bisul. Baca juga: Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Lakukan pengobatan ini dua atau tiga kali sehari hingga bisul mengempes.

7. Mengobati Vertigo

Selanjutnya, manfaat buah ciplukan bagi kesehatan adalah mengobati penyakit virtigo. Vertigo adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan salah satu paru anda tidak berfungsi dengan baik, ini ditandai dengan pernapasan anda yang tidak seoptimal dulu. Jadi, segera atasi dan obati vertigo dengan mengkonsumsi ciplukan.

Kali ini yang bermanfaat untuk kesehatan buakan hanya buah ciplukan saja tetapi semuanya baik buah, daun, batang dan akarnya. Semua bahan ini direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Kalau sudah, angkat saring agar bersih. Minum ramuan ini 3 kali sehari secara teratur.

8. Memberikan Tambahan Energi

Buah ciplukan memiliki rasa manis yang mengindikasikan adanya kandungan gula didalamnya. Artinya, mengkonsumsi buah ciplukan setiap hari baik untuk memberikan cadangan energi bagi terutama kalau anda seorang pekerja keras. Jadi, usahakan menanam tanaman ini di rumah dan anda bisa menikmati buahnya setiap hari.

9. Meluruhkan Air Seni

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah meluruhkan air seni. Air Kencing yang tak lancar bisa memberikan resiko bagi kesehatan seperti batu ginjal. Maka, anda harus mengubah kebiasaan menahan air kencing. Namun jika anda merasa susah ketika buang air kecil, anda bisa meminum ramuan herbal dari buah ciplukan. Ambil sepuluh buah ciplukan dan rebus bersama segelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1/2 gelas dan minum. Lakukan 2 kali sehari. Baca juga: Manfaat jengkol untuk kesehatan

10. Mengobati Batuk

Ciplukan adalah buah kecil namun besar khasiatnya. Selain meluruhkan air seni, ia juga bisa menurunkan batuk yang menganggu. Cukup merebus 5 butir ciplukan dengan segelas air hingga mendidih, hangatkan dan campurkan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Selain meredakan batuk, minuman herbal ini juga baik mengatasi masalah tenggorokan.

11. Mengobati Flu

Flu adalah penyakit akibat virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza). Ciplukan mengandung tinggi vitamin C yang bisa mengatasi virus ini. Rebuslah beberapa helai daun ciplukan dan minum rutin setiap hari selama flu.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun ciplukan selanjutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan klorofil yang tinggi pada daunnya bisa mengobati luka dengan cepat. Tumbuk beberapa daun ciplukan dan oleskan pada bagian yang lukan.

13. Merdakan Penyakit Kelenjar Getah Bening

Orang yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan. Petik segenggam daun ciplukan dan rebus bersama 2 gelas air, minum secara rutin.

14. Mengobati Penyakit Jantung

Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan jantung masih sedikit orang tahu. Padahal daun ini sangat mujarab untuk hal ini. Kalau anda mengalami masalah dengan jantung petik 40 daun ciplukan dan rebus hingga halus. Minum seperti anda minum jus. Ingat anda tidak boleh menambahkan air putih tetapi minum sari daun hasil tumbukan tadi. Baca: Manfaat Minum Air Putih

15. Mengobati Kanker Payudara

Selanjutnya, Manfaat ciplukan adalah mengobati kanker paydara. Anda menggunakan 4 pucuk iplukan, 4 biji beras, dan tunas kunyit. Ketika bahan ini ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, anda melumuri payudara anda dengan ramuan ini. Insya Allah segera diberi kesembuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here