SHARE
manfaat bengkoang untuk kesehatan

Bengkoang adalah buah dari umbi yang mempunyai warna putih dengan tekstur renyah dan berair. Dalam bahasa inggris disebut dengan jicama dan manfaat bengkoang untuk kesehatan khususnya diet sangat besar. Buah dengan warna putih bersih dan sarat serat sangat banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti kecantikan wajah. Masker wajah dari bengkoang mampu mengangkat kulit mati secara alami danĀ  mempercantik wajah.

Namun demikian, manfaat bengkoang untuk kesehatan tidak hanya berhenti pada area wajah saja. Kandungan beragam nutrisi esensial dalam bengkoang sangat ampuh untuk berbagai hajat kesehatan. Manfaat bengkoang atau Jicama Health Benefits bisa dilihat dari konten nutrisinya yang lengkap.

Nilai Nutrisi Bengkoang

Jicama banyak mengandung air, vitamin C dan serat dan beragam nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, serat, energi, vitamin A, folat, mangan, asam pantotenat, kalsiumtembaga, niasin, piridoksin, thiamin, vitamin C, riboflavin, vitamin K, elektrolit, vitamin E, magnesium, sodium, mineral, besi, seng, lutein, dan beta karoten.

Nah, setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam bengkoang, tentu kita tahu manfaatnya untuk kesehatan sangat mengagumkan terutama untuk program diet anda. Berikut kita lihat manfaatnya untuk kesehatan.

15 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Diet

1. Sumber Serat Tinggi

Bengkoang adalah sumber serat tinggi yang disebut dengan inulin oligofruktosa. Inulin adalah serat yang disebut dengan karbohidrat inert yaitu karbohidrat yang tidak mengandugn kalori. Jadi, serat ini sangat baik sebagai pengganjal perut mereka yang sedang dalam program diet. Serat tidak hanya baik untuk menahan rasa lapar tetapi juga menjadi penyembuh berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi.

2. Bagus bagi Pertumbuhan Bakteri Baik

Selanjutnya, manfaat bengkoang adalah meningkatkan bakteri baik yang berguna untuk menjaga keseimbangan kekebalan tubuh. Bakteri baik bermanfaat untuk mengeluarkan berbagai limbah dalam tubuh. Dengan kata lain, mengkonsumsi bengkoang bagus untuk meningkatkan perkembangan bakteri baik yang bermanfaat mengeluarkan limbah atau racun seperti kolesterol, lemak, dan gula yang berlebihan. Proses ini akan membantu diet menurunkan berat banda anda lebih maksimal.

3. Meningkatkan Retensi Mineral

Orang yang sedang menjalani program diet osteoporosis cocok mengkonsumsi bengkoang karena ia bersifat retensi terhadap mineral. Kalau anda sedang diet untuk meningkatkan kesehatan tulang atau menjaga tulang dari kerapuhan tentu ini sangat penting untuk anda.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kemudian, manfaat bengkoang untuk kesehatan adalah meningkatkan aliran darah sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Disamping itu, mengkonsumsi bengkoang juga meningkatkan jumlah zat besi dan tembaga sehiingga menopang kesehatan karena zat ini memproduksi sel darah merah dan mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh serta melindungi kerusakan jaringan sel. Baca juga: Cara Mengontrol Diabetes

5. Menurunkan Nafsu Makan

Bagi mereka yang sedang dalam program diet sangat penting mengkonsumsi makanan rendah kalori seperti bengkoang. Selain rendah kalori, makanan yang tinggi serat juga mampu mengganjal rasa lapar lebih lama. Jadi, sangat baik kalau mereka yang sedang diet menjadikan bengkoang sebagai makanan camilan sehari-hari.

6. Menstabilkan kadar gula

Karena sedikitnya kandungan gula dalam bengkoang maka ia bagus sebagai makanan untuk penderita diabetes. Mengkonsumsinya tidak menyebabkan naiknya kadar gula. Bengkoang mengandugn inulin yang menyebabkan rasa manis dan amazingnya lagi ia tidak mengandung kalori. Dan karbohidrat didalamnya juga tidak menghambat metabolisme tubuh.

7. Bagus untuk Menguatkan Tulang

Sebagai makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan, bengkoang menyediakan banyak magnesium dan kalsium yang baik untuk tulang. Ketika diet kamu dimbangi dengan olahraga maka kamu membutuhkan banyak nutrisi untuk tulang. Maka, bengkoang adalah salah satu solusinya. Kandungan magnesiumnya membantu tubuh dalam penyerapan kalsium lebih optimal dan ini berguna untuk kesehatan tulang.

8. Baik untuk Kesehatan Saraf Otot

Saraf otot sering terganggu saat sedang olahraga, dengan bengkoang kamu bisa mengatasinya bahkan stres otot juga teratasi. Ketika otot kamu sehat dan bebas stres maka olahraga dan beragam aktivitas kamu jadi lebih santai dan menyenangkan.

9. Mencegah Sembelit dan Konstipasi

Sebagaimana kita tahu bahwa bengkoang adalah buah dengan kandungan tinggi serat. Maka, masalah pencernaan seperti sembeliti bisa diatasi dengan mudah. Konstipasi dan sembelit adalah masalah pencernaan yang terjadi karena usus kekurangan serat. Jadi, mengkonsumsi buah tinggi serat memudahkan pergerakan usus sehingga kotoran tidak tertimbun dan terakumulasi dalam perut. Ini akan mencegah semeblit dan beragam penyakit lainnya seperti kanker prostat.

Manfaat bengkoang juga sangat nampak bagi kamu yang menurunkan berat badan. Seratnya yang tinggi membantu menunda rasa lapar sehingga kamu tidak butuh banyak makan.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurunkan kolesterol jahat adalah manfaat bengkoang untuk kesehatan yang luarbiasa. Ketika banyak serat usus maka ia mengikat kolesterol dan lemak serta membuangnya melalui tinja. Juga, serat mencegah usus dalam menyerap kolesterol kedalam empedu. Baca juga: Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan

11. Membantu menurunkan Berat Badan

Kandungan air yang banyak, rendah kalori serta tinggi serat dalam bengkoang menjadi modal besar untuk menurunkan berat badan. Itulah kenapa setiap mengkonsumsi bengkoang membuat perut kita cepat kenyang. Jadi, manfaat bengkoang untuk kesehatan salah satunya adalah menurunkan berat badan dan membantu proses pengeluaran racun.

12. Menyehatkan Jantung

Kesehatan kardiovaskular juga bisa terbantu dengan buah bengkoang. Kandungan air, melekul karbohidrat, oligofructose inulin berfungsi sebagai penjaga terhadap kesehatan jantung dan kolesterol. Baca juga: Manfaat Delima Untuk Kesehatan

Merutinkan makan bengkoang baik untuk kesehatan arteri dan membantu penyembuhan terhadap beberapa penyakit kronis seperti kelebihan kolesterol jahat, diabetes, resistensi insulin dan sindrom metabolik.

13. Berguna untuk Kesehatan Pencernaan

Serat adalah mineral penting untuk mencegah masalah pencernaan, bengkoang adalah buah dengan kandungan serat tertinggi dan elektrolit esensial untuk menjaga usus tetap sehat. Bengkoang adalah makanan yang mudah di cerna akibat tinggi serat dan air yang memudahkan pencernaan.

14. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bengkoang juga sumber terhadap prebiotik tinggi. Artinya, buah ini mampu meningkatkan pertumbuhan mikroba baik dalam usus. Makanan seperti bengkoang yang tinggi “mikroba baik” memiliki fruktans tipe inulin. Fruktans ini melindungi resiko terhadap usus besar. Mengkonsumsi bengkoang bisa melawan toksin dan karsinogen dalam usus yang pada gilirannya menghentikan peradangan.

15. Memenuhi Kebutuhan Terhadap Zat Besi

Selain itu, bengkoang adalah buah yang menyediakan kandungan zat besi tinggi yang berguna untuk mencegah penyakit berbahaya seperti batuk konstan dan anemia kronis. Zat besi adalah sumber utama untuk mebangun sel darah merah sehingga sari makanan mampu di edarkan keseluruh tubuh dengan baik.

Zat besi juga perlu untuk pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Jadi, mengkonsumsi bengkoang secara teratur bisa memenuhi kebutuhan harian zat besi sehingga terjaga dari penyakit kekurangan darah atau anemia, lesu, letih dan sakit kepala.

Kesimpulan!

Bengkoang adalah umbi sehat tinggi serat yang berguna untuk pencernaan, menurunkan berat badan serta mencegah berbagai penyakit. Terutama yang berkaitan dengan pencernaan. Mengkonsumsi bengkoang secara rutin atau sebagai camilan bisa memberikan manfaat bengkoang untuk kesehatan yang luarbiasa karena buah ini tinggi serat, air, dan bebas kalori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here