SHARE
Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Manfaat Bekam Bagi Kesehatan – Bekam adalah metode pengobatan alternatif yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pengobatan bekam dilakukan dengan menyedot darah kotor yang berada pada permukaan dan di lakukan oleh mereka yang sudah mahir.

Pengobatan memiliki dua jenis dan model. Ada yang disebut dengan bekan kering dan ada yang disebut dengan bekam basah. Bekam kering adalah pengobatan bekam tanpa mengeluarkan darah dari kulit. Sebaliknya, bekam basah yang dilakukan dengan penyedotan darah dan megeluarkan darah keluar kulit.

Lantas, apa manfaat bekam bagi kesehtan? Berikut kita lihat ulasan lengkapnya mengenai manfaat dan khasiat dari pengobatan alternatif dengan melakukan pembekaman.

Baca juga: Manfaat Daun Keji Beling

Manfaat Bekam bagi Kesehatan

Manfaat bekam berbeda-beda tergantung dengan tempat dilakukannya pembekaman. Setidaknya ada 350 titi yang bisa di lakukan pembekaman pada tubuh manusia. Namun yang biasa dilakukan adalah di dada, kepala, wajah, kki dan punggung. Sementar penyakit yang bisa di sembuhkan dengn bekam adalah sekitar 72 penyakit, demikian yang sudah terbukti dan di alami oleh pakar pengobatan bekam.

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, bekam juga bisa melancarkan aliran darah dan mampu memicu imunitas tubuh dengan baik. Berikut manfaat bekam bagi kesehatan sesuai dengan tempatnya.

1. Manfaat di Kepala

Kepala adalah salah satu area yang sangat sering dilakukan pembekaman, manfaatnya adalah menyembuhkan penyakit seperti parkinson, pikun, stroke ringan, vertigo, migrain, pusing, bahkan manfaat melakukan pembekaman dikelapa juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu saja, manfaat bekam dikepala juga mengobati sakit gigi, meningkatkan daya ingat, dan mampu mencerdaskan kinerja otak.

2. Manfaat bekam di dada

Bekam juga sering di lakukan di bagian dada. Manfaat bekam di dada erat kaitan dengan kesehatan jantung. Ketika melakukan bekam di area dada maka darah kotor akan terangkat keluar dan menyebabkan aliran darah menjadi lancar. Ini tentu akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik dan kesehatan jantung juga terjaga.

3. Manfaat bekam pada wajah

Pernahkah anda melakukan bekam di wajah, mungkin kedengarannya sangat mengerikan, namun perlu anda ketahui bahwa bekam di wajah memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah membut kulit wajah semakin bersinar. Jerawatan yang sering muncul di wajah adalah akibat dari darah kotor dan tidak lancarnya aliran darah. Dengan melakukan pembekaman pada wajah, maka wajah akan terbebas dari jerawat dan aliran darah menjadi lancar.

Baca: Cara Ampuh Hilangkan Jerawat Minyak Zaitun

4. Bekam di daerah punggung

Manfaat bekam bafi kesehatan juga sangat banyak jika dilakukan pembekaman didaerah punggung. Ini disebabkan pembekaman tersebut akan membuat segala darah kotor di bawah jaringan kulit akan terangkat. Diantara khasiat dan manfaat yang anda dapatkan dari pembekaman di daerah punggung adalah terhindar dari keram leher, nyeri punggung, ginjal, stroke, kelainan jantung dan liver serta tekanan darah tinggi.

Baca juga: 18 makanan penurun darah tinggi

Selain itu, pembekaman di daerah punggung memberikan manfaat kesegaran dan meningkatkan stamina tubuh.

Manfaat Lain Bekam bagi Kesehatan

Manfaat bekam tidak hanya seperti yang telah disebutkan di atas saja, namun juga memberikan manfaat lainnya seperti meringankan reumatik, polip, pegal linu, kolesterol, dan berbagai penyakit yang di akibatkan oleh darah kotor seperti jerawatan.

Nah, karena manfaat bekam itu banyak, jika anda ingin mencobanya sebaiknya mencoba pada mereka yang sudah ahli berpengalaman. Demikianlah beberapa manfaat bekam untuk kesehatan semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk semuanya dan bisa mencoba manfaat pengobatan bekam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here