Home Rempah 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

386
SHARE
Manfaat Bawang putih Bagi Kesehatan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan sungguh luarbiasa. Tidak hanya didunia kesehatan saja, tetapi juga dalam urusan memasak bawang putih selalu menjadi rempah yang diminati. Bahkan masakan yang belum di bumbui dengan bawang putih akan kurang kelezatannya. Bawang putih yang kaya khasiat sudah terkenal keseluruh dunia. Kandungan anti kankernnya semakin membuat rempah satu ini mendapat tempat khusus di hati kebanyakan orang.

Namun demikian, manfaatnya yang luarbiasa terkadang kurang optimal karena aromanya yang sangat menyengat. Sebagian orang menjadi enggan menggunakannya sebagai obat atau untuk di kunyah langsung. Jadi, manfaat bawang putih hanya didapatkan secara umum dalam masakan saja. Tetapi bagi anda yang berani mengunyah bawang putih mentah, maka manfaat kesehatan yang anda dapatkan sungguh luarbiasa. Sebelum kita lihat manfaat bawang putih bagi kesehatan, terlebih dahulu kita lihat apa saja nutrisi yang terkandung didalam bawang putih.

Nilai Nutrisi dalam Bawang Putih

Dalam 100 gram bawang putih mengandung 95 kilokalori, karbohidrat 23,1 gram, lemak 0,2 gram, protein 4,5 gram, fosfor 134 miligram, kalsium 42 miligram, dan zat besi 1 miligram. Zat lain dalam bawang putih adalah vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,22 miligram serta kandungan vitamin C 15 miligram.

Sementara Senyawa lain dalam bawang putih adalah Allicin yang berguna untuk mencegah kolesterol, penyakit jantung dan tekanan darah. Zat atsiri yang berguna untuk malwan virus dan bakteri, dan diallysulfide, alilprofile-disulfide yang bermanfaat untuk membunuh cacing.

Sekarang kita lihat satu persatu manfaat bawang putih bagi kesehatan sebagaimana yang dirangkum dari berbagai sumber.

10 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Zat besi adalah senyawa yang disimpan dalam sel tubuh yang kemudian di keluarkan dari sel untuk menjalankan fungsinya dalam sirkulasi tubuh. Disini dibutuhkan protein yang disebut ferroportin. Protein ini berjalan melintasi membran sel dan berperan sebagai jembatan bagi zat besi untuk bisa keluar dari sel.

Mengkonsumsi bawang membantu produksi protein ferroportin yang bermanfaat zat besi dalam berbagai peredarannya.

2. Ampuh Hilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi sungguh menyakitkan dan menyusahkan. Sebagaimana diketahui bahwa sakit gigi adalah keadaan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Bawang putih mengandung anti bakteri dan anti virus yang berguna melawan penyebab sakit gigi.

Ketika sakit gigi menyerang tiba-tiba, segera ambil bawang putih dan kunyah. Ini akan membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi anda.

Baca juga: Cara Merawat Gigi Anak

2. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya manfaat bawang putih adalah menurunkan berat badan. Ini terjadi karena zat anti peradangan atau inflamasi dalam bawang putih bisa mengatur struktur sel lemak. Proses pengatur ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes). Kemudian, zat Vinyldithiin dalam bawang putih menghambat terjadinya inflamasi sehingga menghambat berat badan. Baca juga: cara mengatasi perut buncit.

3. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Alzheimer atau penyakit pikun disebabkan oleh kerusakan saraf akibat oksidatif. Bawang putih mengandung antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas sehingga melindungi saraf dari kerusakan oksidatif.

Sekarang tersedia suplemen bawang putih yang terbukti meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Secara efektif ini baik untuk mencegah kerusakan oksidatif dan tekanan darah tigngi.

Manfaat umum bawang putih adalah mengurangi kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, sementara sifat antioksidannya baik untuk mencegah penyakit otak seperti Demensia dan Alzheimers.

4. Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

Selain manfaat bawang putih bagi kesehatan, ternyata rempah umbi ini juga baik untuk kecantikan kulit. Secara umum bawang putih atau garlic bermanfaat untuk mencegah komedo, bekas luka dan mencegah jerawat sekaligus sebagai obat jerawat.

Untuk mengobati komedo cukup gunakan bawang putih yang sudah di haluskan, tempel pada area hidung yang berkomedo.

Untuk mengobati bekas luka oleskan bawang putih yang sudah di tumbuk halus pada area bekas luka secara teratur. Bawang putih disini berperan sebagai anti peradangan sehingga membentuk struktur kulit menjadi sehat kembali.

Bawang putih untuk mengobati jerawat, haluskan dan tempelkan pada kulit berjerawat, diamkan selama 15 menit. Untuk maksimal anda bisa menggunakan obat herbal ini ketika hendak tidur. Keesokan harinya anda akan melihat bahwa jerawat sudah mengecil dan kempes.

5. Menghilangkan Kolesterol Tubuh

Selanjutnya, manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah memangkas jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Berbagai penelitian, menunjukkan bahwa bawang putih bisa memangkas jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga 10-15%. Bawang putih tidak perlu ditakuti karena ia aman terhadap efek samping.

Selain itu, mengkonsumsi bawang juga bisa meningkatkan produksi insulin sehingga bisa mengurangi kadar gula darah. Ini sama seperti manfaat minum kopi apabila diminum dengan benar.

6. Memanjangkan Umur

Hah, benar? Umur adalah misteri dan hanya Allah yang tahu tetapi kita manusia bisa menjaga kesehatan dengan baik agar hidup lebih bermanfaat. Jadi, dengan mengkonsumsi bawang putih tubuh kita lebih awet dan berumur panjang. Berikut beberapa pertimbangan manfaat dari mengkonsumsi bawang putih:

  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat
  • Mengurangi resiko tekanan darah tinggi
  • Mengandung antioksidan, anti bakteri dan anti virus

Nah, 4 macam hal diatas menjadi penunjang bagi seseorang berumur panjang. Sekali lagi umur adalah urusan Allah. tetapi kita manusia bisa berusaha agar hidup lebih sehat. Penyakit diatas adalah salah penyebab terbanyak kematian.

7. Sumber Anti Virus, Anti Bakteri dan Anti Oksidan

Berbicara tentang bawang putih seakan tak ada habisnya manfaat bagi kesehatan. Kandungan anti virus, anti bakteri dan anti oksidan menambah luarbiasanya manfaat bawang putih bagi kesehatan. Kegunaan bahan ini bisa mencegah perkembangan bakteri, ragi, jamur, virus serta cacing dalam tubuh.

8. Bawang Putih Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih adalah rempah yang kaya nutrisi dan salah satu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin c, kalsium serta zat besi bisa ditemukan secara melimpah dalam bawang putih. Berikut kita lihat jumlah nutrisnya:

  • Vitamin C: Mencukupi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium: Mencukupi 25 % kebutuhan harian
  • Besi: Mencukupi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr): Mencukupi 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g): Mencukupi 11 % kebutuhan harian.

Nutrisi ini sungguh sangat baik bagi tubuh, uniknya lagi bawang putih tidak mengandung unsur berbahaya dalam tubuh seperti lemak, atau kalori. Jadi, dipastikan manfaat bawang putih bagi kesehatan sangat mengagumkan, karena rempah ini bisa membebaskan kita dari penyakit.

9. Herbal Anti Kanker

Amazing! Itulah reaksi para peneliti setelah menemukan manfaat dan khasiat laurbiasa dari bawang putih ini. Kandungan sulfida alil dalam bawang garlic menyebabkannya dinobatkan sebagai herbal anti kanker.

Para peneliti menemukan bahwa PhIP, yaitu salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) adalah penyebab kanker payudara pada wanita. Kandungan zat diallyl sulfida dalam bawang putih bermanfaat menghambat PhIP menjadi karsinogen. Ini juga akan menghambat terbentuknya kanker payudara. Namun demikian, bawang putih tidak hanya menghambat sel kanker payudara tetapi juga berbagai jenis kanker lainnya.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Berikutnya, manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah mengobati tekanan darah tinggi (Bp). Ini sudah teruji, banyak fakta yang menunjukkan bahwa bawang putih benar-benar bisa menurunkan tekanan darah tinggi 7-8% (WebMD). Bahkan, efek zat yang ada dalam bawang putih bisa menurunkan tekanan darah orang normal.

Cara Mengkonsumsi Bawang Putih

Kalau anda tidak kuat untuk menikmati bawang putih secara langsung, anda bisa melihat cara berikut ini dalam menyajikan bawang putih:

  1. Ketika anda memasak sayuran, tentu anda menumis bawang putih. Jadi untuk manfaat yang maksimal tambahkan lebih banyak bawang putih daripada biasa.
  2. Dicampurkan dengan kecap. Cukup iriskan bawang putih dan campurkan kecap, ini juga menarik untuk dicoba
  3. Dibuat sambal
  4. Namun, makan langsung akan memberikan efek yang lebih baik

Efek Samping Bawang Putih

Berdasarkan sumber dari WEBMD, bawang putih mempunyai beberapa efek samping yaitu:

  • Bawang putih berbahaya bagi kulit kalau di oleskan terlalu tebal. Maka untuk penggunaan luar seperti mengobati jerawat dan komedo, anda tidak perlu mengoleskannya terlalu tebal.
  • Bawang putih yang tebal bisa menyebabkan sensasi kulit seperti terbakar.
  • Kehamilan dan Menyusui. Bagi ibu menyusui dan hamil mungkin mengkonsumsi bawang putih aman selagi dalam batasan wajar. Namun bila berlebihan kemungkinan bisa berbahaya terhadap kehamilan tetapi ini belum diketahui secara pasti.
  • Bagi Anak-anak. Mereka bisa mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah wajar, terlalu banyak bawang putih bagi anak-anak ditakutkan berbahaya atau fatal. Namun, peringatan ini belum jelas mengingat tidak ada laporan khusus yang tersedia untuk efek samping bagi anak-anak.
  • Pendarahan. Bila terjadi pendarahan, sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih. Diketahui bawang putih meningkatkan pendarahan.
  • Buruk bagi pencernaan yang bermasalah. Mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saluran gastrointestinal (GI). Jadi, gunakan dengan baik jika anda mengalami masalah pada pencernaan.
  • Operasi. Karena bawang putih bisa meningkatkan pendarahan, maka berhentilah mengkonsumsi bawang putih sebelum operasi dilakukan setidaknya 2 minggu sebelum operasi.

Itulah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan serta cara penyajiannya yang menarik untuk nafsu makan. Namun, kami juga menyertai beberapa efek samping bawang putih, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya hal yang tak dinginkan. Lagi pula, efek samping yang diberikan sebagiannya belum diketahui jelas efeknya bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here