manfaat bawang bombay

11 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Posted on

Bawang bombay adalah salah satu rempah yang menjadi pelengkap citarasa masakan di dapur. Kita hanya mengenal manfaat bawang bombay sebagai penyedap masakan saja, padahal manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak sekali. Dalam artikel ini kami akan menulis beberapa manfaatnya bawang dari India ini untuk berbagai keperluan kesehatan.

Bawang bombay sekilas sama seperti bawang merah biasa namun bentuknya lebih besar dan harganya lebih murah dibandingkan dengan bawang merah biasa. Kandungan zat untuk penyedap masakan mungkin lebih besar dalam bawang merah biasa sehingga harganya juga tinggi. Namun demikian, bukan berarti bawang bombay bisa remehkan, manfaatnya untuk kesehatan juga sangat luarbiasa. Berikut kita lihat satu persatu manfaat kesehatan bawang bombay.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

1. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat luarbiasa bawang bpombay adalah mampu menangkal radikal bebas karena ia tinggi antioksidan. Radikal bebas adalah zat yang buruk untuk kesehatan dan bisa menyebabkan kanker. Maka mengkonsumsi bawang mera secara teratur bisa membantu mencegah penyakit kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh berkat adanya kandungan vitamin C. Jika kekebalan tubuh meningkat maka seseorang akan sulit untuk terkena penyakit.

Baca juga: Penyebab Kurang Darah

3. Menekan efek sinogenik

Sinogenik adalah efek dari radikal bebas, karena bawang bombay bisa menangkal radikal bebas maka ia juga bermanfaat menekan efek sinogenik ini.

4. Mengobati sembelit

Sembelit adalah penyakit akibat makanan kekurangan serat sehingga feses sulit untuk keluar. Bawang bombay adalah rempah yang kaya serat sehingga mengonsumsi atau memasukkan bawang ini kedalam makanan bisa mencegah dan mengobat sembelit atau konstipasi.

5. Bermanfaat sebagai anti virus

Manfaat bawang bombay selanjutnya sebagai anti virus. Karena mengandung anti virus maka mengkonsumsi bawang bombay bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu, pilek dan influenza.

Baca juga: Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

6. Mengobati cacingan

Bila anda mengalami cacingan, jangan panik karena anda bisa mengobatinya dengan bawang bombay. Buat makanan dari bawang bombay dan konsumsi atau beri kepada anak yang menderita cacingan.

7. Menjadi obat untuk sakit maag

Selanjutnya, bawang bombay bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Bawang besar ini mengandung natrium yang bermanfaat untuk menstabilkan asam lambung sehingga sakit lambung atau maag jadi reda.

8. Menguatkan tulang

Bawang bombay juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dan menyembuhkan tulang patah. Rempah ini mengandung kalsium yang baik untuk tulang sehingga bagi wanita di anjurkan untuk banyak mengkonsumsi bawang bombay agar terhindar dari osteoporosis, wanita lebih beresiko terhadap keluhan ini dibandingkan dengan lelaki.

9. Obat mual

Manfaat bawang bombay selanjutnya adalah mengatasi mual. Ia mengandung difat pedas dan panas sehingga dengan menempelnya di diperut bisa menghilangkan rasa mual. Jadi, penggunaannya bukan dengan memakannya.

10. Menguatkan gigi

Selain menguatkan tulang, bawang bombay juga bisa menguatkan gigi sehingga terhindar dari gigi patah atau keropos. Konsumsilah bawang bombay secara teratur agar manfaat ini bisa di dapatkan secara maksimal.

11. Melancarkan darah dan meningkatkan daya ingat

Mengkonsumsi bawang bombay secara teratur juga bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Ketika darah mengalir dengan lancar, maka organ tubuh bisa befungsi dengan baik termasuk otak yang mendpatkan cukup oksigen. Maka, sangat penting mengkonsumsi bawang bombay untuk kesehatan otak.