SHARE
makanan yang mengandung vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B – Kali ini tanyoe.com akan mengulas tentang makanan sumber vitamin b kompleks. Ini adalah vitamin yang terdiri dari 8 jenis vitamin B sehingga disebut vitamin B kompleks. Seperti Thiamin (B1), Asam Pantotenat (B5), Piridoksin (B6), Niasin (B3), Riboflavin (B2), Biotin (B7), Kobalamin (B12), dan Asam Folat (B9). Mengkonsumsi vitamin B tidak berbahaya walaupun berlebihan karen akan di buang lewat urine.

Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin B kompleks, maka perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitmin B. Biasanya makanan yang mengandung vitamin B adalah termasuk buah-buahan, sayuran dan kacang kacangan. Berikut kita lihat satu persatu makanan yang mengandung vitamin B.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Dari sayuran

1. Asparagus

Asparagus adalah tanaman tanpa daun yang masuk dalam keluarga Liliceae seperti bawang putih dan bawang merah. Tanaman sayuran ini sudah di kenal sejak tahun 2000 sebagai tanaman obat obatan di belahan Mediterania. Asparagus tidak hanya kaya vitamin B tetapi juga kaya terhadap antioksidan dan vitamin K sehingga sangat baik sebagai sayuran untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Jamur

Jamur kini terkenal sebagai sayuran lezat dan penuh gizi. Walaupun bentuknya agak menjijikkan, jamur ternyata penuh dengan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin B. Jamur mempunyai banyak sekali jenisnya seperti jamur matsutake, jamur merang, jamur tiram dan jamur kancing.

Mengkonsumsi secangkir jamur bisa mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B. Karena diketahui bergizi dan susah mendapatkannya, kini harga jamur menjadi mahal dipasaran tradisional.

3. Peterseli

Selanjutnya makanan yang mengandung vitamin B adalah peterseli. Sayuran ini mirip dengan seledri sehingga ia pun sering dijadikan sebagai bahan untuk menggantikan seledri dalam masakan. Peterseli tidak hanya kaya dengan vitamin B tetapi juga mengandung banyak vitamin C, luteolin, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Sayuran paling bergizi yang harus anda makan

4. Kentang

Kentang adalah sayuran umbian yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Kini kentang tidak hanya di konsumsi dengan cara direbus tetapi juga sudah banyak di masukkan dalam masakan, kue dan keripik atau makanan ringan. Ketang tidak hanya kaya karbohidrat namun juga menjadi sumber bagi vitamin B.

Kentang kaya dengan vitamin B6 yaitu jenis zat yang bisa mencegah masalah prostat pada pria dan wanita. Bahkan, kentang juga bisa mencegah tumor jika di konsumsi secara rutin setiap hari. Anda cukup mengkonsumsi satu kentang saja dalam sehari.

5. Sayuran Bayam

Bayam bukan sayuran asing bagi siapa saja. Ia sangat terkenal dan bermanfaat untuk bherbagai manfaat bagi tubuh. Sayuran ini bisa di konsumsi daunnya dan batang yang masih muda. Ia terkenal dengan kandungan vitamin A dan vitamin b. Selan itu, bayam adalah makanan yang mengandung banyak zat besi untuk menghasilkan sel darah merah.

6. Biji Bunga Matahari

Pernah anda makan kwaci? Itu adalah biji yang berasal sari bunga matahari. Ini makanan kaya terhadap vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, ia juga menjadi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Zat lain dalam bunga matahari adalah pitosterol dan magnesium.

Baca: Mengkonsumsi Terong Ungu

7. Sawi hijau

Sawi hijau adalah sayuran tumisan dan rebus yang sering menjadi hidangan di pagi hari. Sayuran ini tidak hanya sedap namun juga kaya nutrisi seperti vitamin K yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium, antioksidan yang baik untuk mengeluarkan racun, serta mengandung vitamin B kompleks. Selain itu, sawi juga mengandung bayak serat untuk kesehatan pencernaan.

8. Wortel

Selanjutnya, makanan yang mengandung vitamin B adalah wortel. Sayuran orange ini memang terkenal dengan vitamin A nya, tetapi ia juga sangat kaya dengan vitamin B. Bahkan sebuah penelitian dari Harvard University mengungkapkan bahwa mengkonsumsi wortel 5X seminggu bisa mencegah stroke hingga 68%.

9. Brokoli

Ini juga termasuk sayuran sumber vitamin B kompleks yang sangat banyak di budidayakan di Indonesia. Brokoli ternyata bukan sayuran asal nusantara melainkan sayuran laut tengah. Pada masa penjajahan sayuran ini masuk ke Indonesia dan menjadi tanaman pangan sejak 1970.

Sayuran brokoli mengandung tinggi vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler seperti jantung, peredaran darah, paru dan sebagainya. Ia juga menjadi sumber serat yang tinggi sehingga baik juga untuk kesehatan pencernaan.

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Payudara

10. Terong ungu

Sayuran terong sangat banyak mengandung nutrisi seperti zat besi, antioksidan dan vitamin B. Sebagai sayuran kaya vitamin B, terong sangat banyak di tanam di Indonesia sehingga mudah mendapatkannya.

Sebenarnya sejarah tanaman sangat panjang. Ia berasal sari sri langka dan India. Sementara keberadaannya di Indonesia sudah bertahun-tahun silam. Seiring dengan berkembangnya peradaban, sayuran ini kian tumbuh dan di budidayakan sehingga menjadi salah satu komoditi Indonesia.

Makanan yang Mengandung Vitamin B Dari Biji-Bijian

11. Kacang Almond

Ini adalah kacang yang memiliki kandungan lemak sehat. Jika mengkonsumsi secara rutin makanan kacang almond maka ia bisa memenuhi kebutuhan harian terhadap vitamin B.

12. Kacang pecan

Ini adalah kacang yang sering kali menjadi bahan isian dari pembuatan kue, pie, dan camilan lainnya. Kacang ini termasuk makanan yang kaya vitamin B dan cukup terkenal di Amerika.

13. Kacang lentil

Kacang ini berasal dari tumbuhan semak yang sangat mirip dengan lensa. Warnanya sangat bervariasi seperti coklat, hijau, hitam dan merah kejinggaan.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B dari Buah-Buahan

  • Apel
  • Alpukat
  • Pisang
  • Blueberry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here