BERBAGI
Makanan Yang Mengandung Kalium

Kalium adalah mineral peting bagi tubuh yang berfungsi sebgai elktrolit dalam tubuh untuk mengirim sinyal listrik keseluruh tubuh. Mineral ini tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium. Ginjal sendiri sebagai organ terpenting berguna juga untuk mengatur pemasukan jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh dan pengeluarannya melalui urin.

Slah satu fuungsi utama kalium adalah mengatur organ jantung bergerak dan berfungsi dengan stabil serta menjaga sitema saraf. Makanan yang menjadi sumber kalium sangat banyak, seperti makanan tepung, buah, dan sayuran. Orang sehat membutuhkan 2000 mg/hari hingga 4700mg perhari kalium untuk kebutuhan organ tubuhnya. Berikut kita lihat apa saja makanan yang tinggi mengandung kalium.

Baca juga: Manfaat Buah Dewandaru bagi Kesehatan

Makanan yang Menjadi Sumber Kalium

1. Sukun (1065 mg/100 gram)

Buah sukun adalah jenis buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi, buah ini bisa dimakan sebagai gorengan atau makanan yang dikukus. Kalium juga sangat tinggi dalam buah sukun dan ini berguna untuk menignkatkan kerja jantung dan sistem saraf. Manfaat lain dari buah berserat adalah mengatur irama jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buah alpukat (975 mg/100 gram)

Alpukat adalah buah yang tinggi kalium dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, banyak orang enggan mengkonsumsi alpukt karena dianggap mengandung banyak lemak. Lemak atau asam lemak omega 6 dalam alpukat adalah jenis lemak tidak jenuh yang berguna untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Jadi, selain tinggi kalium, buah alpukat juga tinggi lemak baik yang sama-sama bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Manfaat lain alpukat adalah mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh akibat banyak vitamin E serta menjadi cadangan energi bgi tubuh.

3. Buah Kurma

Buah kurma adalah buah yang tumbuh di daerah bermusim panas seperti di daerah timur tengah. Mengkonsumsi kurma secara teratur baik untuk sistem tubuh. Buah ini kaya serat yang berfungsi sebagai makanan pencegah sembelit dan konstipasi. Selain itu, kurma juga kaya kalium yang bermanfaat untuk menjaga denyut jantung dan sistem saraf otak.

Manfaat lain buah kurma adalah mengandung tinggi zat besi yang baik untuk mencegah kurang darah atau anemia serta bagus untuk mencegah lelah dan capek.

4. Markisa (854 mg/ 100 gram)

Buah markisa adalah buah menyegarkan dengan kandungan vitamin C dan vitamin A dalam jumlah tinggi. Dalam 100 gram markisa mengandung vitamin A 1200 IU dan 30 mg vitamin C. Rasanya manis asam dan menyegarkan jika dikonsumsi di siang hari. Siapa tahu ternyata buah markisa juga termasuk makanan tinggi kalium yang berguna untuk kesehatan saraf dan mencegah insomnia dan memberikan ketenangan pada saraf. Manfaat lain buah markisa adalah mengatur kelancaran aliran darah dan mengatur fungsi motorik otot dan saraf berkat tingginya kandungan zat besi, magnesium dan kalium.

5. Jambu merah (655 mg/100 gram)

Jambu merah adalah buah sehat dengan aroma menyegarkan. Buah ini kaya kandungan kalium dan vitamin C yang sangat baik untuk kekebalan tubuh serta mencegah radikal bebas. Kandungan yang cukup tinggi sangat baik untuk immunitas dimana dalam 100 gram jambu merah sudah mengandung 200 mg vitamin C yang sudah mencukupi kebutuhan orang dewasa.

Selain itu, jambu biji merah juga sarat dengan likopen yang berguna untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh dan menghambar penuaan dini.

6. Pisang (422 mg/100 gram)

Selanjutnya makanan tinggi kalium adalah pisang. Pisang sangat mudah di dapatkan bahkan sering menjadi makanan kudapan sehari-hari. Kandungan kalori yang tinggi sangat membantu memberikan kekenyangan bagi tubuh. Namun kalori ini tidak menghambat proses diet anda karena mudah di cerna tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung banyk gula alami yang memberikan energi instan bagi tubuh yang sedang lelah.

Selain itu, pisang sangat kaya terhadap kalium yang membuat sistem jantung dan saraf tetap sehat dan lebih baik.

Baca juga: Makanan Penambah Trombosit

7. Srikaya (457 mg/100 gram)

Srikaya adalah buah yang memiliki aroma menyenangkan dan manis jika sudah masak. Buah ini mengandung biji kecil hitam yang dibungkus dengan daging putih seperti biji sirsak. Walaupun tidak masam ternyata buah ini mengandung banyak vitamin C yang baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat lain srikaya adalah melindung sistem kerja otot dan jantung berkat tingginya kandungan kalium dan magnesium. Selain itu buah rikaya juga berguna untuk mengatasi sembelit dan menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

8. Buah Pir (322 mg/100 gram)

uah pir juga termasuk makanan yang megandung kalium. Buah asal china ini mengandung anti alergi yang sangat tinggi sehingga baik untuk mengatasi alergi. Buah pir juga mengandung antikarsinogen sehingga bagus untuk mengatasi hipertensi dan stroke. Kandungan kalum dalam buah pir sangat bermanfaat untuk mengatur denyut jantung dan mengatasi masalah cidera otot.

9. Buah Pepaya (354 mg/100 gram)

Pepaya juga merupakan salah satu buah yang menjadi sumber terhadap kalsium. Rasanya yang menis dan enak di kunyah oleh anak-anak dan orang lanjut usia menjadi alasan utama kenapa pepaya sangat di sukai banyak orang. Pepaya juga sangat menyegarkan dan menjadi buah yang mampu menghilangkan dahaga sekaligus mengenyangkan. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan:

Mencegah dan melindungi serangan radikal bebas dan menjaga kesehatan paru-paru berkat adanya flavonoid, dan lutein didalam buah pepaya.

Membantu gangguan kekebalan tubuh dan menjaga metabolisme tubuh karena buah pepaya mengandung asam folat, riboflavin dan thiamin. Manfaat lain adalah menjaga kesehatan jantung, mengatur denyut jantung dan iramanya.

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin K

10. Semangka 320 mg/100 gram)

Semangka adalah buah berair yang memberikan kesegaran dan manfaat kesehatan yang luarbiasa. Ia juga termasuk makanan yang mengandung kalium yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Kandungan kaliumnya berguna untuk mengatur kesehatan jantung dan mencegah terjadinya stroke.

Wanita yang mengalami menopause juga sangat baik mengkonsumsi semangka karena mengandung banyak kalium yang akan mengatur jantung mereka. Air yang banyak dalam semangka juga sangat berguna untuk mencegah dehidrasi dan mengatur kebutuhan tubuh terhadap elektralit.

Beberapa sumber makanan lain yang mengandung tinggi kalium dari bijian dan sayuran. Berikut daftarnya:

  • Kedelai (1469 mg/100 gram)
  • Kacang Merah (543 mg/100 gram)
  • Edamame (489 mg/100 gram)
  • Kentang (945 mg/100 gram)
  • Rebung ( 645 mg /100 gram)
  • Buncis (658 mg/100 gram)
  • Bok Choy (631 mg /100 gram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here