Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

14 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui, Perhatikan!

Posted on

Jika anda seorang ibu yang sedang menyusui, simak beberapa makanan yang dilarang untuk ibu menyusui agar sibayi tetap mendapatkan nutrisi terbaik selama menyusui. Makanan terbaik bayi baru lahir adalah ASI, dan ini tidak ada tawar menawar. Berbahagia bagi ibu yang memiliki cukup ASI untuk kebutuhan si bayi. Bayi yang cukup mendapatkan asupan ASI dari ibu akan mendapatkan cukup nutrisi serta kasih sayang seorang ibu. Namun, seorang ibu yang masih menyusui juga harus memperhatikan makanan sehat atau makanan yang baik untuk ibu menyusui agar bayi-nya juga sehat.

Dalam artikel ini kami akan hadirkan makanan yang dilarang untuk ibu menyusui atau makanan yang harus di hindari. Maka, perhatikan dengan seksama agar tidak sampai ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang tidak seharusnya di konsumsi. Mari kita lihat lebih lanjut.

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

1. Ikan Laut Tinggi Merkuri

Protein adalah nutrisi penting bagi ibu menyusui, namun mereka harus memperhatikan sumber protein itu. Ikan laut adalah salah satu jenis makanan yang tinggi protein, namun bagi ibu hamil sebaiknya berhati-hati agar tidak mengkonsumsi ikan laut yang tinggi kandungan merkuri karena bisa buruk untuk kesehatan bayi. Jika mengkonsumsi ikan tinggi merkuri, maka zat ini akan terserap tubuh ibu dan kemudian masuk kedalam ASI dan masuk ke tubuh bayi. Merkuri bisa menyebabkan keracunan yang berkaitan dengan resiko kanker di masa depan.

Lantas apa saja jenis ikan yang kaya merkuri? Ikan yang mengandung tinggi merkuri adalah ikan tongkol laut, tuna bersirip kuning, hiu, dan makarel. Namun sebaliknya, pilihlah makanan kaya protein seperti ikan gabus, ikan salmon dan lain-lain.

2. Coklat

Selanjutnya, makanan yang tidak baik atau dilarang untuk ibu hamil adalah coklat. Kenapa? Coklat mengandung kafein dan ini tidak bisa di sup oleh ibu menyusui karena bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan bayi. Mengkonsumsi coklat atau makanan berkafein bisa menyebabkan bayi yang menyusui kembung, diare, bergeliat, mual atau bahkan muntah. Coklat termasuk makanan tinggi kafein dimana dalam 100 gram coklat mengandung 5-35 grm kafein. Tak hanya coklat saja yang termasuk makanan yang dilarang untuk ibu menyusui namun juga termasuk kopi dan teh karena kaya kafein.

3. Tanaman yang dikategorikan MINT

Makanan yang termasuk dalam keluarga mint adalah tanaman yang diklaim tidak baik untuk ibu menyusui. Diantara tanaman yang masuk dalam keluarga mint adalah parsley, peppermint, basil dan mint. Tanaman ini semuanya tergolong dalam yang mengahasilakan zat aktif yang bisa menurunkan produksi ASI sehingga bisa menurunkan pasokan nutrisi bayi bayi. Tak hanya itu saja, jika ibu hamil mengkonsumsi daun mint atau minuman dari mint maka denyut jantungnya akan kencang, serta bisa menimbulkan masalah pencernaan.

4. Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat populer dan mengandung banyak nutrisi bermanfaat untuk kesehatan. Namun, ibu menyusui termasuk yang di larang mengkonsumsi buah jeruk karena bisa menyebabkan masalah baik pada ibu sendiri atau pada bayi yang sedang menyusui. Jeruk mengandung vitamin C tinggi sehingga kurang baik bagi bayi karena ia belum bisa menerika pasokan vitamin C dalam jumlah tinggi. Maka, bayi yang menyusui pada ibu yang banyak mengkonsumsi jeruk bisa menyebabkan beberapa masalah seperti perut kembung, muntah setelah minum ASi, pertunya tidak nyaman dan terjadi ruam pada kulit.

Jadi, sebagai pengganti buah jeruk, ibu menyeusui bisa mengkonsumsi nanas, pepaya dan buah manga.

5. Kacang kacangan (jika ibu alergi kacang)

Jika ibu menyusui mengalami alergi kacang, maka salah makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah kacang hijau. Jadi, alergi kacan bisa parah seperti muntah, mual, diare. Sayangnya ini tidak hanya di alami ibu saja melainkan juga di alami oleh bayi yang sedang menyesui. Selain itu, resiko masalah anafilaksis juga bisa terjadi dan ini sangat berbahaya. Masalah ini bisa menyebabkan ibu dan bayi tidak bernafas bahkan kematian.

6. Telur bagi yang memiliki riwayat alergi

Telur adalah makanan sehat dan baik di konsumsi oleh siapa saja. Namun ibu menyesui dengan riwayat alergi sebaiknya menghindari makanan ini. Sebagaimana kita tahu bahwa bayi baru lahir sangat rentan terhadap alergi, dan ini mungkin akibat terganggunya antihistamin dalam tubuhnya. Maka, ibu menyusui yang menderita alergi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur. Karena jika ibu menyusui mengakonsumsi telur, bisa saja alergi yang diderita itu bisa tertular pada bayinya yang sedang dalam masa menyusui. Baca juga: Manfaat telur bagi kesehatan

7. Makanan yang ber-gas (mengandung gas)

Selanjutnya, makanan yang dilarang untuk ibu hamil adalah semua jenis makanan yang bisa menyebabkan gas. Ibu yang mengkonsumsi makanan bergas ini ditakutkan bisa menyebabkan bayi dengan hal yang sama. Makanan yang mengandung gas bisa menyebabkan iritasi pada perut bahkan muntah setelah minum ASI.

Diantara makanan yang megandung gas dan harus di hindari adalah kubis, brokoli, terong dan kembang kol.

8. Bawang putih mentah

Bawang putih adalah rempah penting untuk menghadirkan kelezatan masakan. Tetapi jika menggunakan bawang putih dalam masakan, maka harus benar-benar matang agar tidak menyebabkan bau tak sedap. Bawang putih mentah yang dikonsumsi ibu menyusui bisa mempengaruhi aroma ASI sehingga menyebabkan bayi tidak mau minum ASI. Selain itu, bawang putih mentah juga bisa menyebabkan puting payudara berbau sehingga bayi menolak menyusui.

Baca: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Untuk itu, diharapkan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi bawang putih secara mentah. Jika terpaksa harus mengkonsumsi, maka berikan ASI perah pada bayi anda.

9. Makanan Pedas

Kemudian, makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah makanan pedas. Makanan pedas yang dikonsumsi bisa menyebabkan ibu menyusui diare, mencret, mual dan muntah sehingga ibu tidak bisa merawat bayi dengan maksimal. Selain itu, makanan pedas tersebut juga bisa terserap kedalam ASI sehingga bayi yang menyusuipun ikut terganggu, seperti muncul diare, mual dan muntah pada bayi.

10. Gandum

Makanan dari gandum juga termasuk makanan yang harus di hindari ibu menysui karena makanan tersebut menyebabkan hal serius pada pencernaan bayi yang menyusui. Bayi yang baru lahir biasanya belum bisa menerima gandum kemampuan ususnya masih terbatas. Jika terjadi kondisi ini, biasanya bayi mengalami BAB berdarah, rewel terus menerus, bahkan muntah. Kalau masalah ini terjadi pada bayi karena ibu makan gandum, maka gantikan dengan makanan lain seperti beras merah.

11. Mengkonsumsi jangung

Ini juga masih berkaitan dengan alergi yang di alami ibu menyusui. Jika ibu tidak alergi maka ibu bisa saja mengkonsumsi jagung. Namun jika alergi sebaik tidak mengkonsumsi karena bisa menyebabkan dan memperparah alergi pada bayi.

12. Kerang dan udang

Kerang dan udang adalah makanan sehat namun kadang bisa menyebabkan alergi. Gejala alergi yang terjadi akibat ibu mengkonsumsi kerang adalah bayi menangis terus, sulit bernafas, mengi, ruam merah pada kulit. Kadang masalah ini juga sangat berbahaya pada bayi seperti kemungkinan terjadi “napas berhenti” akibat parahnya alergi tersebut. Maka makanan laut penyebab alergi ini harus di hindari oleh ibu menyusui terutama mereka yang melahirkan secara premature.

13. Kedelai

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui selanjutnya adalah kedelai. Ini adalah makanan yang rentan menyebabkan alergi. Jika bayi memuncul gejala seperti ruam kulit karena ibu mengkonsumsi kedelai, maka berhentilah dari mengkonsumsi kedelai. Kedelai adalah makanan yang mengandung senyawa penyebabalergi seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan. Efek buruk lainnya adalah kedelai menyebabkan gas berlebihan pada ibu dan bayi.

14. Makanan Mentah

Berikutnyba adalah makanan mentah, ini termasuk makanan harus di hindari oleh menyusui. Diantara makanan mentah itu adalah sushi, sayuran mentah, telur mentah, dan lain-lain. Makanan mentah jenis ini harus di hindari agar ibu menyusui tidak terkontaminasi dengan bakteri dan virus yang kemungkinan ada dalam makanan mentah. Ada banyak pengalaman yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan mentah berbahaya seperti keracunan. Keracunan salmonella adalah salah satunya, keracunan ini di tandai dengan terjadinya diare, mual, muntah bahkan hingga kehilangan kesadaran.

Nah, keracunan ini bisa terjadi pada bayi jika ibu menyusui mengkonsumsi makanan mentah. Maka, ibu hamil harus menjauhi makanan yang belum matang atau tidak di masak.