Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan

11 Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan

Posted on

Salah satu faktor keguguran adalah akibat kurangnya pengetahuan wanita hamil terhadap makanan yang bisa menggugurkan kandungan. Maka, wanita hamil atau sedang dalam program kehamilan sebaiknya menambahkan pengetahuan tentang penyebab keguguran termasuk di antaranya adalah makanan dan minuman. Dalam postingan pendek ini kami akan membantu share makanan apa saja yang bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Dengan mengetahui makanan dan minuman yang berbahaya bagi ibu hamil, maka diharapkan bisa mencegah dan meminimalisir angka keguguran pada ibu hamil, terutama ibu hamil yang baru mengahadapi pengalaman pertama.

Baca juga: Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Makanan Yang Bisa Menggugurkan Kandungan

1. Sushi

Sushi adalah salah satu makanan yang yang olah dari makanan laut dan tentu makanan ini bernutrisi. Namun demikian bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi sushi. Alasannya adalah mengandung parasit dan bakteri yang bisa berbahaya terhadap kandungan muda termasuk menggugurkannya.

2. Makanan Tiramisu

Tiramisu adalah salah satu makanan yang mengandung telur mentah, sehingga berpotensi terhadap menggurukan kandungan.

3. Tauge Mentah

Tauge mentah termasuk makanan yang bisa menggurkan kandungan karena ia dikhawatirkan mengandung bakteri yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. INgat! bakteri dalam tauge sulit dibersihkan atau dihilangkan walaupun dicuci dengan air mengalir. Satu-satunya cara menghilangkannya adalah dengan memasak.

4. Susu Yang Tidak Dipasteur

Selanjutnya, susu yang tidak di pasteur, ini memang bukan makanan namun kami masukan saja dalam kategori makanan karena berbahaya seperti bahaya makanan. Susu memang sangat baik bagi kesehatan namun berhati hati dengan susu yang tidak di pasteur. Susu ini mengandung bakteri listeria didalamnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

5. Jamu Tradisional

Jamu adalah minuman yang sehat menyegarkan kesehatan namun tidak semua jamu baik untuk ibu hamil. Ada beberapa jamu tradisional yang di kalim bisa menggugurkan kandungan. Jadi, jika anda tidak mengetahui manfaat jamu itu sebaiknya dihindari saja. Untuk ibu hamil gantikan saja dengan susu formula khusus ibu hamil.

6. Minuman Berkafein

Kafein adalah zat yang berbahaya bagi janin, maka ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Ibu hamil harus bisa mengontrol makanan dan minuman termasuk minuman berkafein seperti kopi dan teh. Kafein dikatakan bisa masuk kedalam plasenta tempat beradanya bayi sehingga mempengaruhi detak jantung bayi dan sarafnya.

7. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, ini jelas berbahaya dan termasuk dalam minuman yang bisa menggugurkan kandungan. Alkohol yang dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan keguguran atau kerusakan sistem otak bayi. Maka, ibu hamil hati-hatilah terhadap cairan alkohol.

8. Buah Nanas

Nanas juga termasuk makanan yang bisa menggugurkan kandungan karena ia mengandung enzim bromelain. Ini adalah enzim yang bisa memecah protein dengan mudah, sementara janin itu sendiri terdiri dari protein. Jadi, benar kalau buah nanas dapat menggurkan kandungan, mnimal pendarahan teratama nanas muda.

Jika anda anggap ini meragukan, sebaiknya anda hindari saja karena sangat berpotensi, bahkan ada yang mengatakan bahwa kehamilan muda terutama usia 1 minggu bisa dengan mudah di lenyapkan dengan konsumsi nanas. Baca juga: Efek samping makan nanas

9. Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga termasuk salah satu minman yan berbahaya dan bisa menggugurkan kandungan, ia sama sepert alkohol yang meneybabkan kerusakan pada janin. Jika tida terjadi keguguran, saat lahir bayi itu biasanya mengalami berat badan tidak normal, gangguan mental, pernapasan dan kematian.

10. Buah Durian

Selain buah nanas, durian juga dikategorikan kedalam makanan yang bisa menggugurkan kandungan. Durian mengandung zat yang berbahaya terhadap janin seperti zat besi, alkohol, dan arachidonat. Zat tersebut memiliki sifat panas sehingga menyebabkan konstraksi pada rahim, dan akhirnya menyebabkan keguguran. Baca juga: Manfaat Durian bagi Kesehatan

11. Ikan Sembilang

Banyak yang mengatakan bahwa ikan sembilang adalah salh satu penyebab keguguran. Namun tidak ada alasan ilmiah dibalik ini. Walaupun demikian banyak masyarakat yang percaya akan hal ini. Jadi, anda bisa percaya atau tidak terhadap fakta atau mitos ini. Namun untuk kehati-hatian tidak salah kalau anda menghindarinya.