makanan yang baik untuk ibu menyusui

33 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Posted on

Ibu menysusui harus menjaga kesehatannya agar bayi dan dirinya tetap sehat. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi ibu menyusui. Makanan terbaik untuk ibu yang sedang menyusui sangat banyak dan ini penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Karena semua makanan yang di konsumsi ibu akan di terima dan di serap oleh bayi melalui ASI. Bayi usia 0 hingga 6 bulan harus mendapatkan cukup ASI agar tumbuh sehat dan licah. Maka, penting memperhatikan ASI yang berkulitas dan sehat. Disamping mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, ia juga harus menjaga dirinya dari makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Lamanya masa bayi hanya bisa mendapatkan ASI yaitu usia 0-6 bulan membuat ibu menysusui harus menjaga betul kualitas ASInya sehingga bayinya sehat. Karena baru setelah 6 bulan bayi baru bisa mengkonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI. ASI adalah nutrisi penting bagi kesehatan byi sehingga pemberianny harus mencapai 2 tahun, agar pertumbuhannya maksimal.

Ibu menyusui yang ingin bayinya lincah dan sehat, ia harus mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu menyusui agar mendapatkan cukup nutrisi bagi sibuah hati. Berikut kita perhatikan apa saja makanan yang sehat bagi ibu menyusui.

Beberapa Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

1. Ikan Salmon

Salah satu makanan yang sehat untuk ibu menyusui adalah ikan salmon, ikan ini kaya terhadap DHA yaitu zat yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi terutama untuk perkembangan sarafnya. Dengan mengkonsumsi ASI semata bayi memang sudah mengandung DHA, namun kandungan DHA dalam ikan salmon jauh lebih tinggi. Sehingga ibu bisa menambahkan jumlah DHA nya dengan mengkonsumsi ikan salmon selama menyusui.

2. Yoghurt

Yoghurt juga termasuk makanan yang baik untuk ibu menyusui, sudah lama diketahui mempunyai banyak khasiat dan manfaat terutama dalam mengatasi masalah pencernaan. Jika pencernaan lancar maka limbah dan racun dalam tbuh juga akan bersih terbuang bersama BAB. Selain it, manfaat mengkonsumsi yoghurt adalah untuk menjaga kesehatan tlang baik ibu menyusui atau bayi. Namun, harus diperhatikan bahwa yang di konsumsi itu adalah yoghurt bebas lemak agar tidak berbahaya bagi tubuh.

3. Susu Rendah Lemak

Susu adalah minuman sehat untuk siapa saja termasuk ibu hamil. Tetapi dalam memilih susu, pilihlah susu rendah lemak. Susu tidak hanya mencukupi kebutuhan terhadap kalsium, namun juga mengandung nutrisi lain seperti protein, vitamin B, dan vitamin D. Jadi, selama masa menyusui ibu tidak boleh ketinggal minum susu rendah lemak karena ini membantu pertumbuhan bayi.

Ibu menyusui kadang mengalami kekurangan kalsium yang ditandai dengan rasa nyeri pada tulang. Ini adalah akibat menipisnya kalsium pada tulangnya, maka ia harus mendukung kesehatan tulangnya dengan kalsium dari susu.

4. Keju Dipasteurisasi

Keju Dipasteurisasi adalah produk dari susu, jadi ia kaya akan kalsium sebagaimana susu itu sendiri. Namun anda harus memilih keju yang sudah Dipasteurisasi. Keju akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Jika ibu hamil mengkonsumsinya, maka ia jug membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang sedang di susuinya.

5. Daging sapi

Selanjutnya, makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah daging sapi karena daging sapi atau daging merah bayak mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan. Ibu menyusui rentan terhadap anemia atau kurang darah, maka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, masalah ini bisa di atasi dengan baik. Jika tidak, ibu yang mengalami anemia akan mudah stres dan bisa menyebabkan ASI berkurang. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi 100 gram daging sapi setiap hari untuk menjaga nutrisi zat besi dalam tubuhnya.

6. Kacang Merah

Kacang merah adalah makanan yang kaya protien dan zat besi. Manfaat protein adalah menjaga sel tubuh bayi dari kerusakan, sementara kandungan zat besinya baik untuk mencegah bayi dan ibu hamil diserang anemia.

7. Kacang Hijau

Selain kacang merah, kacang hijau juga termasuk makanan sehat untuk ibu menyusui. Kacang hijau selain kaya protein juga bagus untuk menambah ASI. Ibu bisa mengkonsumsi segenggam kacang hijau setiap hari. Kangan hanya kacang hijau rebus yang di makan, namun air rebusannya juga diminum karena banyak nutrisi disana.

8. Mengkonsumsi Blueberry

Ini juga termasuk buah sehat dan disarankan untuk ibu menyusui. Buah Blue berry jarang ada namun sangat banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat manfaatnya sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah efek radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C dalam blueberry juga berperan sebagai antioksidan alami yang bisa menjaga ibu menyusui dari penuaan dini dan mencegah sel kanker.

9. Beras Merah

Ibu menyusui juga baik mengkonsumsi beras merah sebagai tambahan nutrisi. Jika ibu setelah hamil merasa tubuhnya gemuk, maka sebaiknya ia mengkonsumsi beras merah dan meninggalkan beras putih untuk sementara waktu. Ini bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap ideal dan mencegah kelebihan berat badan. Kenapa harus mengganti nasi putih dengan nasi merah, karena nasi putih tinggi kadar glukosanya yang membuat seseorang cepat gemuk. Selain itu, nasi merah juga sangat berkhasiat karena tinggi serat dan rendah karbohidrat. Jadi, nasi merah tidak membuat seseorang gemuk justru membuat seseorang sehat.

10. Kuning Telur

Selanutnya, makanan yang bergizi untk ibu yan menyusui adalah kuning telur. Kuning telur mengandung vitamin D yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang agar tidak keropos. Selain itu, kuning telur juga kaya terhadap protein. Tetapi ibu hamil dilarang mengkonsumsi kuning telur mentah atau setengah matang karena didalamnya terdapat bakteri salmonella.

Baca juga: Manfaat telur bagi Kesehatan

11. Roti Gandum

Kemudian, makanan sehat yang baik untuk ibu menyusui adalah roti gandum. Roti gandum kaya serat, ini baik untuk ibu dan bayi karena bisa menjaga kenyang lebih tahan lama dan menyehatkan terhadap pencernaan bayi. Artinya, ibu menysui yang makan roti gandum bisa mencegah bayi konstipasi karena melancarka pencernaan.

12. Sereal

Sereal juga baik untuk ibu menusui karena menyumbangkan banyak serat yang bermanfaat untuk pencernaan dan menambah energi. Ibu menyusui butuh banyak energi agar bisa menjaga dan merawat bayi selama 24 jam. Selain itu, sereal juga mencegah seseorang termasuk ibu menyusui dar kegemukan. Jadi, ibu hamil harus mengonsumsi makanan kaya serat seperti gandum, roti gandum, atau makanan berser lainnya.

13. Air Putih

Apapun ulasan dan penjelasannya tentang makanan dan minuman sehat, air putih adalah makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Jika tidak cukup air, maka semua makanan yang dikonsumsi tidak bermanfaat karena tidak bisa di olah dengan baik. Air putih melancarkan oksigen pada tubuh manusia dan oksigen sangat dibutuhkan tubuh untuk memecahkan makanan. Jika kekurangan air berarti kekurangan oksigen dan bisa melambatkan proses pemecahan makanan.

Baca: Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

14. Labu Siam

Selanjutnya, makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah labu siam. Kandungan serat yang tinggi baik untuk tubuh manusia serta mengindar masalah lambung. Selain itu, labu yang satu ini juga kaya terhadap asam folat, yaitu zat yang berguna untuk perkembangan otak bayi. Manfaat lain labu siam adalah ampuh untuk memproduks lebih banyak ASI.

15. Pepaya Muda

Memang pepaya muda adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Namun bagi ibu menyusui tidak menjadi pantangan. Pepaya muda jika dimasak sebagai sup malah bisa memperbanyak ASI sehingga menghindari bayi dehidrasi. Ini adalah berkat enzim papain yang ada dalam pepaya.

Tambahan Makanan yang Baik Untuk Ibu Menyusui

  • Buah Alpukat
  • Brokoli
  • Bayam
  • Strawberry
  • Daun Katuk
  • Kacang Panjang
  • Pak Choy
  • Jamur
  • Selada
  • Ketimun
  • Jamur
  • Kentang
  • Jagung
  • Kacang Mete
  • Biji Kenari
  • Ikan Lele
  • Ubi Jalar
  • Tahu dan Tempe