Makanan Untuk Darah Rendah, Penting Dicoba

Makanan untuk darah rendah – Pernahkah anda merasa pusing atau serasa ingin pingsan terutama ketika merubah posisi tubuh. Misalnya dari duduk menjadi berdiri atau setelah perut di isi minuman dan lain-lain. Nah, ini adalah satu gejala darah rendah atau hipotesi.

Tekanan darah rendah terjadi ketika kekuatan tekanan darah dibawah 90/60 dan salah satu gejala darah rendah itu adalah seperti di sebutkan di atas yaitu merasa pusing dan melayang. Memang, tekanan darah rendah tidak sebahaya tekanan darah tinggi, namun jika darah terlalu rendah seperti di bawah 60, maka ini juga berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang pingsan. Maka penting bagi kita mengetahui makanan utnuk darah rendah.

Beberapa Makanan Untuk Darah Rendah

Mengatasi masalah darah rendah bisa di lakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan. Kita perlu tahu apa saja makanan yang harus di coba dan di hindari untuk menjaga agar tidak terjadi masalah dengan tekanan darah. Berikut kita lihat daftar makanan untuk darah rendah yang perlu anda coba.

1. Mengkonsumsi cukup Air

Air adalah sumber kehidupan dan tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air. Bila tubuh tidak cukup ciran maka akn berpengaruh langsung pada kinerja organ termasuk jantung. Artinya, bila air kukrang dalam tubuh bisa mempengaruhi tekanan darah dan kinerja jantung. Untuk itu, selalu di sarankan untuk mengkonsumsi 8 hingga 10 gelas air sehari terutama bagi mereka yang mengalami tekanan darah rendah.

Baca: Tekanan darah normal

2. Garam

Mengkonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, maka penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dilarang mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak. Jadi, garam bisa menjadi alternatif untuk mengobati tekanan darah rendah. Jika anda tidak suka dengan asin, coba masukkan garam dalam kuah, masakan, atau menggunakan kecap asin dalam masakan sup anda. Namun waspadai kelebihan garam karena dalam kondisi tertentu bisa buruk untuk kesehatan jantung.

3. Mengkonsumsi banyak serat

Makanan banyak serat adalah jenis makanan yang sedikit kandungan karbohidrat. Mengkonsumsi banyak karbohidrat bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Maka, salah satu cara mencegah tekanan darah rendah adalah dengan memperbanyak serat dalam diet harian. Makanan yang banyak serat adalah sayuran dan buah-buahan tau beras merah. Dengan memperbanyak makanan berserat berarti kita mengurangi asupan makanan tinggi karbohidrat.

Lihat juga: Makanan penurun darah tinggi

4. Daging

Selanjutnya, makanan untuk darah rendah adalah daging. Daging seperti daging merah biasanya mengandung banyak lemak. Mengkonsumsi daging sapi atau daging kambing bisa menaikkan tekanan darah namun jika anda sedang mengalami darah rendah, tidak disarankan mengkonsumsiya karena lemak bisa menyumbat pembuluh darah. Namun, anda bisa memilih jenis daging putih seperti daging ayam atau unggas dan daging ikan. Makan daging sehat secara teratur bisa memperbaiki tekanan darah rendah anda.

5. Makanan kaleng

Makanan kaleng sebenarny tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Ini adalah jenis makanan yang tinggi bahan pengawet dan bahan kimia yang tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Makanan kaleng bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi adalah pantangan yang harus selalu di jaga, karena bisa memperparah hipertensi. Namun, bagi Penderita hipotensi makanan kaleng bisa di coba untuk menaikkan tekanan darah, namun jangan sering karena mengandung banyak bahan kimia dn pengawet.

Baca juga: Makanan yang mengandung vitamin B

Daftar Makanan Pantangan Untuk Darah Rendah

  • Kafein Pada Malam Hari
  • Alkohol
  • Karbohidrat

Demikianlah daftar makanan untuk darah rendah dan pantangannya. Ada tips yang bisa anda coba untuk menghindari terjadi gejala darah rendah seperti atau melayang. Biasanya ini terjadi ketika kita merubah posisi tubuh dengan cepat. Maka, jika anda ingin bangun dari duduk, lakukan dengan perlahan. Pokoknya setiap perubahan posisi tubuh harus di lakukan dengan perlahan agar tidak menyebabkan pusing.