Home Makanan 10 Makanan Tersehat Didunia, Anda Wajib Makan

10 Makanan Tersehat Didunia, Anda Wajib Makan

234
0
SHARE
makanan tersehat didunia
@wiseGEEK

Makanan tersehat didunia tidak harus menghabiskan banyak uang untuk mendapatkannya. Beragam makanan yang ada disekitar kita kadang juga termasuk dalam makanan paling sehat didunia. Hanya saja kita sering mengartikan bahwa makanan sehat itu harus mahal. Padahal makanan mahal belum tentu sehat, maka jangan abaikan mengkonsumsi makanan berikut ini karena bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan.

Penasaran dengan makanan tersehat didunia? Langsung saja kita lihat daftarnya dibawah ini. Siapa tahu makanan itu sering anda abaikan atau remehkan.

10 Daftar Makanan Tersehat Didunia

1. Lemon

Lemon adalah buah dengan kandungan vitamin sangat tinggi. Mengkonsumsi satu lemon saja bisa memberikan asupan 100% vitamin C harian. Jadi, tak perlu repot untuk mendapatkan vitamin C. Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tulang. kandungan citrus flavanoid dalam lemon juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, manfaat lemon juga bisa mendongkrak kolesterol baik atau HDL dan ini sangat membantu kesehatan tubuh.

2. Brokoli

Selanjutnya, sayuran paling bergizi didunia adalah brokoli. Siapa yang tak kenal dengan sayuran hijau ini kandungan vitamin K yang tinggi serta vitamin C menjadikannya sebagai sayuran sehat didunia. Dalam satu tangkai brokoli saja mengandung 100% vitamin K harian yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan dalam satu brokoli mengandung hampir 200% vitamin C. Kedua jenis vitamin Ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Manfaat lain dari brokoli adalah mencegah sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. Sayuran brokoli juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan asam folatnya tinggi.

3. Coklat hitam

Coklat hitam adalah makanan tersehat didunia karena mengandung zat anti tekanan darah. Mengkonsumsi seper empat dari 1 ons cokat hitam saja bisa menurunkan tekanan darah. Coklat hitam juga mengandung flavanoid dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

4. Kentang

Berikutnya yang tergolong dalam makanan tersehat didunia adalah kentang. Kentang sering menjadi bahan pelengkap dalam berbagai kuah atau masakan. Tapi apa yang anda tahu tentang makanan ini? Ternyata kentang masuk dalam daftar makanan tersehat didunia.

Satu saja kentang merah mengandung 66 mikrogram asam folat. Ini artinya kandungan asam folat hampir sama dengan yang ada dalam secangkir bayam atau brokoli. Kentang juga mengandung zat pelawan kanker serta vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

5. Salmon

Salmon adalah ikan air tawar yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan salmon bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung, depresi dan kanker. Ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu, dalam 3 ons salmon masak menyediakan 50% dari kebutuhan harian Niacin. Niacin adalah zat yang mampu mencegah seseorang dari bahaya Alzheimer.

6. Kacang kenari

Selanjutnya, makanan tersehat didunia adalah kenari. Kenari diketahui mengandung asam lemak omega 3 dan termasuk yang paling banyak diantara sekian banyak jenis kacang. Kenari juga mempunyai kemampuan dalam menurunkan kolesterol jahat sehingga sangat baik bagi mereka yang bermasalah dengan stroke, serangan jantung.

Kenari sama seperti ikan salmon, kandungan omega 3 nya mampu mencegah masalah kulit, kanker dan menjadi tubuh tetap sehat.

Baca: Manfaat kacang mede

7. Alpukat

Alpukat adalah buah hijau dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan lemak ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat pembakaran kalori. Inilah alasan kenapa alpukat baik untuk menurunkan berat badan.

Baca: Manfaat daun alpukat

Kemudian, satu alpukat dikatakan mampu menyediakan 100% serat harian. Manfaat alpukat sangat dahsyat karena ia juga bisa menurunkan kolesterol jahat, penyakit jantung dan stroke. Juga alpukat mengandung 40% dari kebutuhan asam folat harian. So, jangan abaikan makanan tersehat didunia ini karena sangat mudah di temukan disekitar anda.

8. Bawang putih

Jangan membayangkan rasa dan baunya tetapi kandungan senyawa kimia yang ada dalam bawang putih sangat baik untuk kesehatan. Bawang putih mampu membunuh virus bahkan bakteri e-coli.

Salah satu zat yang sangat penting dalam bawang putih adalah Allicin. Zat ini bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah dan berfungsi sebagai anti inflamasi (anti-peradangan).

9. Bayam

Sayuran bayam sudah sangat terkenal sebagai sayuran hijau sehat. Manfaat luarbiasa bayam ternyata dari kandungan lutein dan zeacanthin yang menjadi pendorong bagi kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin A dalam bayam sangat baik untuk kesehatan mata.

Penelitian mengungkapkan bahwa dari sekian banyak sayuran yang bisa melawan kanker, bayam adalah salah satu yang terbaik.

10. Buncis

Selanjutnya, makanan tersehat didunia adalah buncis, mungkin anda tidak membayangkan ini. Buncis dikatakan mampu menurunkan penyakit jantung hingga 22% manakala di konsumsi sebanyak 4 kali salam seminggu. Dalam jumlah yang sama manfaat buncis juga bisa mengurangi resiko kanker payudara.

Itulah 10 makanan tersehat didunia yang tidak boleh diabaikan. Kalau anda memikirkan bahwa makanan sehat itu harus mahal, maka jawabannya tidak sama sekali. Makanan sehat itu adalah makanan yang bermanfaat sebagai obat bagi tubuh. Mengkonsumsi sayuran, buah dan ramuan yang telah kami sebutkan diatas adalah salah satu cara mengobati kondisi tubuh secara alami, namun harus dikonsumsi dalam jumlah moderasi tidak boleh berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan memberikan efek samping. tanyoe.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here