Home Makanan 7 Makanan Sehat Setelah Donor Darah Yang Harus Anda Konsumsi

7 Makanan Sehat Setelah Donor Darah Yang Harus Anda Konsumsi

makanan setelah donor darah

Aktivitas donor darah adalah hal yang baik untuk kehidupan sosial bahkan juga baik untuk kesehatan tubuh. Namun saat donor darah tubuh akan kehilangan sebagian besar cairannya sehingga perlu segera di gantikan. Pilihan terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang bisa memicu pemulihan cepat. Berikut beberapa makanan setelah donor darah yang wajib anda makan.

Makanan Sehat Setelah Donor Darah

1. Daging Merah Bebas Lemak

Jika anda ingin mendonor darah anda harus lewat pemeriksaan ini. Salah satu bentuk pemeriksaan adalah melihat jumlah hemoglobin. Jika kadar hemoglobin tidak normal maka anda tidak di izinkan untuk mendonor. Hemoglobin ini didapatkan dari mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah tanpa lemak, ikand an unggas. Nah, dengan mengkonsumsi makanan ini, tubuh akan mendapatkan kadar hemoglobin yang baik. Jadi, setelah mendonor darah pastikan anda mengkonsumsi makanan ini agar tubuh dengan cepat menghasilkan sel darah merah yang baru.

2. Mengkonsumsi Jeruk

Mengkonsumsi makanan kaya zat besi saja tidak cukup, kita juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, gunanya adalah untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi banyak vitamin C maka tubuh akan menyerap zat besi dengan baik sehingga mudah untuk pembentukan sel darah merah yang baru. Ini akan memulihkan kesehatan anda pasca donor darah.

Baca juga: Manfaat donor Darah

3. Telur

Selanjutnya, makanan yang baik setelah donor darah adalah telur. Telur mengandung banyak vitamin B atau riboflavin yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, telur juga bisa membantu proses pembentuka darah dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi setelah donor darah. Bayam mengandung banyak zat ebsi dan asam folat yang berguna untuk produksi sel darah merah. Maka, sangat di anjurkan mengkonsumsi bayam atau sayuran hijau lain yang tinggi asam folat seperti brokoli, sawi hijau dan lobak.

Baca juga: Ciri Ciri Leukimia Stadium Awal

5. Minum Susu

Susu adalah minuman kaya vitamin yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi susu bisa menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh anda tetap sehat dan fit. Kondisi ini membuat anda memugkinkan untuk donor dan tahan terhadap donor sehinga anda merasa kekurangan darah setelah mendonor.

6. Minum Air Putih

Selain susu, air putih juga sangat penting untuk mencukupkan cairan tubuh anda setelah kehilangan sebagian besar cairan. Minum 8 gelas air setiap hari memberikan manfaat luarbiasa yaitu membuat seluruh organ dalam tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Kentang

Kentang adalah makanan sehat, tidak hanya mengandung karbohidrat namun juga mengandung energi untuk tubuh serta vitamin B6 yang berguna untuk proses pembentukan sel darah merah.

Itulah 7 jenis makanan setelah donor darah yang wajib anda konsumsi. Mengkonsumsi makanan ini akan membantu menyelesaikan masalah kesehatan anda pasca donor. Semoga informasi ini berguna dan layak untuk di amalkan.