Home Kesehatan Aneka Makanan Sehat untuk buka Puasa

Aneka Makanan Sehat untuk buka Puasa

22
0
SHARE
Makanan sehat untuk buka puasa

Makanan Sehat untuk buka Puasa adalah hal penting diperhatikan, mengingat di bulan ramadhan banyak makanan dan aneka jajananuntuk berbuka puasa. Makanan sehat sangat penting diperhatikan selama ramadhan agar tubuh tetap sehat dan ibadah puasa lancar. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan tanpa mengingat efek dari makanan tersebut, sehingga kesehatannya buruk dan menjadi kendala dalam menjalankan ibadah puasa.

Pola makan yang buruk selama ramadhan juga harus dihindari. Dengan memilih aneka makanan sehat untuk berbuka puasa maka kita dengan sendirinya sudah berupaya dalam menghindari pola makan yang buruk selama ramadhan. Kesalahan dalam memilih makanan dan menu buka puasa bisa menyebabkan berbagai efek negatif kesehatan, seperti sakit perut, maag, bahkan sakit kepala.

Untuk menghindari semua efek buruk, maka sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk berbuka puasa. Makanan menu buka puasa ini sudah dispakan oleh tanyoe.com dalam beberapa bentuk dibawah ini. Konsumsi makanan sehat demi kesehatan tubuh yang lebih baik dan demi kelancaran semua ibadah.

Makanan Sehat untuk Buka Puasa

1. Beras Merah (red rice)

Beras merah adalah jenis beras yang sangat banyak mengandung serta alami, sehingga makanan ini tidak hanya sehat tetapi bisa melancarkan kesehatan pencernaan. Disamping banyak serat, beras merah juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, tidak sama dengan beras putih yang sedikit mengandung serat dan cepat memberikan rasa lapar. Jadi mengkonsumsi beras termasuk aksi sehat baik ketika berbuka puasa atau ketika makan sahur.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sayuran yang sehat dikonsumsi kapanpun. Selama puasa anda sebaiknya tidak meninggalkan mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau akan bermanfaat sebagai suplai vitamin bagi tubuh dan sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Makanan sayuran hijau mudah dicerna oleh pencernaan, sehingga tidak memberatkan usus dalam bekerja setelah seharian tidak makan.

Baca: Resep jus buah pare

Dalam memasak sayuran hijau sebagai menu buka puasa atau sebagai menu makan sahur harus diperhatikan cara memasaknya. Memasak sayuran hijau yang baik adalah tidak sampai sayuran layu. Memasak sayuran hingga layu bisa menyebabkan kehilangan vitamin dan sebahagian gizi.

3. Oat

Oat adalah jenis makanan lain yang banyak mengandung serat dan baik dikonsumsi selama bukan ramadhan/puasa. Kebutuhan karbohidrat juga perlu asalkan tidak berlebihan. Nasi putih biasanya memeberikan karbohidrat yang banyak sehingga sering memberikan efek tidak baik. Kalau anda tidak mengkonsumsi nasi putih, ganti dengan nasi merah yang lebih sehat atau dengan OAT. Oat juga termasuk makanan kaya serat yang mudah dicerna pencernaan.

4. Buah-buahan

Buah-buahan sebagai makanan takjil berbuka puasa sangat pas. Makan sepotong melon atau sawo sangat bagus untuk kesehatan. Teurtama makan makanan yang manis agar bisa segera menggantikan energi yang hilang seharian. Makanan buah sebagai makanan takjil juga sangat membantu tubuh untuk mencerna dan menerima makanan berat seperti nasi, kolak dan lain-lainnya.

Baca: 10 Makanan termahal didunia

5. Kacang-kacangan

Kacangan juga termasuk Makanan Sehat untuk buka Puasa. Ini adalah makanan yang menjadi sumber protein. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, apalagi ketika bulan puasa. Mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai menu buka puasa sangat baik, selain mengnadung banyak protein, kacang juga mengnadung banyak serat.

Menjaga kesehatan selama bulan puasa dimulai dari menjaga makanan sehat untuk buka puasa, makan sayur dengan sayuran sehat. Menghindari pola makan yang buruk adalah penting demi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here