SHARE
Makanan Penurun Darah Tinggi

Makanan penurun darah tinggi – Penderita tekanan darah tinggi harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar tekanan darah tetap normal. Secara umum penderita hipertensi harus membatasi makanan bergaram atau asinan karena bisa memicu tekanan darah dengan cepat.

Seseorang yang menderita hipertensi biasanya akan mengalami sakit kepala, penglihatan kabur, leher terasa berat, denyut jantung tidak normal dan mudah lelah.

Pola makan sehari-hari sangat mempengaruhi tekanan darah, jika anda pernah menderita tekanan darah tinggi perhatikan selalu makanan anda, untuk itu anda harus tahu apa saja jenis makanan yang baik untuk anda konsumsi sehari-hari.

Secara umum, makanan yang memicu tekanan darah tinggi adalah makanan yang banyak mengadung sodium. Sementara makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah makanan yang mengandung potasium, serat dan magnesium. Sebelum kita llihat lebih jauh tentang makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut, mari kita kenali dulu penyebab darah tinggi berikut ini.

Penyebab Hipertensi (tekanan darah tinggi)

  • Faktor keturunan atau genetika
  • Faktor usia, orang lanjut usia lebih rentan
  • Gejolah psikologi seperti stres
  • Banyak mengkonsumsi sodium
  • Pola makan tidak sehat
  • Biasa menenggak alkohol
  • Kebiasaan merokok

Makanan Penurun Darah Tinggi (Hypertensi)

Berikut kita lihat apa saja makanan yang baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Perhatikan dan simpan dalam komputer anda siapa tahu anda butuh. Makanan berikut ini terdiri dari buah buahan, sayuran dan makanan olahan.

Buah-buahan Penurun Darah Tinggi

Beberapa jenis buah baik untuk menurunkan darah tinggi dan biasanya adalah buah yang mengandung banyak serat, potasium dan magnesium. Langsung saja kita lihat satu persatu:

1. Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan serat dan berbagai nutrisi lain. Diantara nutrisi yang penting untuk menurunkan tekan darah adalah serat dan vitamin E. Alpukat mengandung vitamin C, E dan kalsium. Jadi, alpukat baik untuk mengendalikan darah tinggi. Konsumsi lah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal bagi kesehatan.

2. Blueberry

Blue berry adalah salah satu jenis buah yang kaya antioksidan sehingga baik untuk kesehatan terutama menjaga tekanan darah tetap normal. Mengkonsumsi secara teratur baik untuk menyingkirkan radikal bebas dan menurunkan tekanan darah.

3. Jambu Biji

Selanjutnya, makanan penurun darah tinggi adalah jambu biji. Jambu biji termasuk salah satu obat tradisional yang ampuh menurunkan darah tinggi bahkan sudah di lakukan uji coba klinis di India. Jadi, anda tidak perlu khawatir terhadap darah tinggi jika mengkonsumsi buah jambu biji.

4. Buah Anggur

Buah anggur adalah buah sehat yang tidak meragukan lagi manfaat kesehatannya. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur atau jus anggur yang di proses secara alami. Segelas jus anggur setiap hari baik untuk menjaga darah tetap normal. Anggur mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan darah. Selain itu, anggur juga mengandung bioflavonoid yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

5. Buah Melon

Selain anggur, melon juga termasuk buah yang sarat dengan potasium yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan darah. Anda bisa mengkonsumsi buah melon secara lagsung atau membuat jus tanpa gula. Melon tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga memberika kesegaran yang luarbiasa di konsumsi di suasana panas.

6. Semangka

Penderita hipertensi juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi semangka. Buah merah nan manis ini juga sangat banyak mengandung vitamin A, lycopen dan serat yang baik untuk mengatasi darah tinggi. Tak hanya itu, sebuah penelitian di Florida Amerika menyatakan bahwa semangka mengandung asam amino yang disebut dengan L-citrullina, senyawa yang baik untuk penderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah.

7. Blewah

Buah blewah juga termasuk buah yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang tinggi sangat baik untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Jadi, tidak ada salahnya anda menyediakan buah blewah atau menanamnya di halaman sebagai buah sehat yang baik untuk keluarga.

8. Buah Jeruk

Jeruk juga termasuk buah sehat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung potasium serta kalium. Jadi, mengkonsumsi buah jeruk secara rutin baik untuk kesehatan darah dan menjaga lonjakan tekanan darah di atas normal.

9. Buah pisang

Selanjutnya, cara mengobati tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Pisang mengandung banyak kalium, potasium serta minerla lainnya yang baik untuk mengendalikan tekanan darah. Selain itu, buah pisang juga mampu menjaga kinerja ginjal tetap baik karena mineral yang di kandungnya.

10. Buah Mengkudu

Mengkudu sangat terkenal dengan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Siapa yang tak tahu mengkudu, ini adalah buah hebat yang kini sudah di olah menjadi beragam obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat mengkudu yang sangat terkenal adalah melancarkan aliran darah sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi. Manfaat lain dari mengkudu adalah mengeluarkan racun atau mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Selain buah-buahan, makanan yang mampu menurunkan tekanan darah berasal dari sayuran. Berikut beberapa jenis sayuran yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Sayuran untuk menurunkan tekanan darah

11. Saun Bayam

Bayam adalah sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, bayam juga mengandung mineral potasium yang berguna untuk menurunkan dan mentsabilkan tekanan darah.

12. Buah tomat

Buah tomat adalah makanan yang tergolong dalam sayuran karena ia selalu di masak dalam sayur sebagai pelengkap citarasa. Tak hanya sebagai pelengkap rasa, namun tomat juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk menurunkan tekanan darah. Tomat mengandung kalium, potasium, vitamin C, likopen dan lain-lain yang baik untuk kesehatan dan menjaga serta mengontrol tekanan darah.

13. Bawang Putih

Makanan penurun darah tinggi selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih bisa menjaga aliran darah tetap lancar dengan mencegah pembekuan darah dan plak dalam darah. Jadi, mengunyah dua siung bawang putih setiap hari bisa menjaga kesehatan tubuh bahkan meningkatkan kekelaban tubuh dan menyingkirkan berbagai zat berbahaya dalam tubuh.

14. Buncis

Buncis adalah sayuran seperti kacang panjang yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi serta baik untuk kesehatan dalam menjaga tekanan darah tinggi.

15. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran ini mengandung kalium dan potasium yang bisa mengontrol tekanan darah dengan baik. Anda bisa membuat segelas jus seledri dan meminumnya atau dengan memasukkan seledri dalam masakan-masakan anda.

Makanan lain yang baik untuk Menurunkan Tekanan Darah

#Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah jenis minyak sehat yang bebas dari lemak jenuh. Zaitun mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung dan mencegah tekanan darah tinggi. Jadi, alternatif terbaik adalah mengkonsumsi atau menggunakan minyak zaitun sebagai minyak untuk berbagai keperluan didapaur anda.

#Roti Gandum

Selain minyak zaitun, gandum juga baik untuk kesehatan tubuh. Gandum bisa menjadi alternatif makanan bagi mereka yang sedang menderita tekanan darah tinggi.

#Yogurt

Yogurt adalah minuman olahan dari kedelai atau susu murni yang mengandung banyak kalsium, dan magnesium. Jadi, mengkonsumsi yogurt secara teratur juga sangat baik untuk kesehatan dalam mengendalikan tekanan darah.

Demikianlah ulasan dan penjelasan singkat tentang makanan penurun darah tinggi. Ada banyak jenis makanan baik buah buahan atau sayuran yang bisa menjaga kestabilan tekanaan darah tinggi. Jadi, menyukai makan buah dan sayur adalah kunci sehat, apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here