SHARE
makanan pencegah kanker payudara

Makanan pencegah kanker payudara – Ini adalah penyakit yang menakutkan dan kerap kali menyerang wanita. Dikatakan bahwa kanker payudara termasuk salah satu yang susah disembuhkan. Berdasarkan data, dari 20 orang yang menderita kanker payudara, 6% diantaranya meninggal dunia. Para peneliti menyebutkan bahwa penyakit ini berhubungan dengan masalah hormonal dan makanan sehari-hari. Orang yang suka mengkonsumsi makanan berminyak atau berlemak lebih rentan terhadap penyakit kanker payudara. Selain itu, orang yang berpostur besar tinggi di anggap lebih beresiko dibandingkan dengan mereka yang tubuhnya kurus pendek.

Daftar Isi Konten

Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Resiko kanker payudara tidak terlepas dari makanan yang kita konsumsi. Bagi yang ingin menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker berbahaya ini, hindarilah mengkonsumsi makanan yang bersifat karsinogenik. Sebaliknya, anda perlu banyak mengkonsumsi makanan yang yang mengandung antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan adalah buah-buahan dan sayuran seperti apel, anggur, strawberry, jeruk dll.

Makanan pencegah kanker payudara juga mengandung serat yng baik untuk mengeluarkan limbah sehingga terhindar dari masalah pencernaan termasuk kanker usus. Ia juga akan mengikat zat karsinogenik yang ada dalam tubuh sehingga dengan mudah mengeluarkannya dari tubuh melalui feses.

Lihat lagi: Penyebab Kanker Payudara

Mengkosumsi Jus dan Buah-Buahan

Selain makanan yang telah kita sebutkan di atas mengkonsumsi jus dan buah adalah alternatif untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker payudara. Buah berserat berperan penting dalam hal ini, dan berdasarkan National Cancer Institute, USA, tubuh manusia setiap harinya membutuhkan serat sebanyak 20-30 gram.

Jadi, untuk mencukupi kebutuhan tersebut kita bisa membuah jus setiap harinya. Jus dari berbagai jenis buah sangat membantu serta mudah bagi kita untuk mendapatkan kebutuhan terhadap serat.

Berikut kita lihat makanan pencegah kanker payudara dari jenis buah-buahan dan sayuran.

  1. Apel. Ini adalah penyedia Vitamin C yang tinggi, dan serat larut yaitu karoten dan pektin
  2. Belimbing. Sumber vitamin C tinggi, serta mengandung anti peradangan.
  3. Jambu biji. Ini adalah buah dengn kandungan Vitamin C 6 kali lebih banyak dibandingkan jeruk
  4. Jeruk manis. Buah ini mengandung Bioflavanoid dan antioksidan, kedua senyawa ini adalah pencegah kanker. Vitamin C juga didapatkan dalam jeruk manis dan bermanfaat untuk imunitas tubuh, serta limonoids yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.
  5. Jeruk lemon. Ia mengandung antioksidan, vitamin C, anda disarankan untuk memakan spon putihnya bersamaan dengan daging buahnya
  6. Nanas. Nanas mengandung Antioksidan, dektrosa, sacharosa, asam organik, serta anti peradangan dan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.
  7. Pepaya. Ini adalah buah mengagumkan dengan kandungan betakaroten, fitokinase, pektin, serta mengandung papain sebagai pemecah protein.
  8. Sirsak. Buah ini juga kaya dengan Vitamin C, antioksidan serta seratnya.
  9. Tomat. Sama dengan sirsak, tomat bayak mengandung Vitamin C, antioksidan, lycopen yang bermanfaat untuk mencegah kanker payudara dengan cara menghilangkan radikal bebas.
  10. Melon. Buah melon memngandung Zat antikoagulan, karotinoid yang kesemuanya bermanfaat untuk melawan kanker
  11. Buah Anggur. Siapa yang tak kenal dengan manfaat buah anggur. Ia mengandung Flavanoid, polifenol pecyin, antioksidan, serta tannin. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan gen dan menghambat kanker.
  12. Semangka. Selanjutnya, makanan pencegah kanker payudara adalah buah semangka. Sangat mudah di temukan dan sarat dengan nutrisi. Buah semangka mengandung flavanoid, Vitamin C tinggi yang baik untuk kekebalan tubuh.

Selain buah-buahan yang disebutkan diatas, makanan pencegah kanker payudara juga ada yang berasal dari sayuran sehat. Berikut kita lihat apa saja sayuran sehat yang baik dikonsumsi agar terhindar dari resiko kanker payudara.

  1. Brokoli, kubis merah, sawi, lobak dan kembang kol. Sayuran ini adalah sumber Glukosinoat, indol, betakaroten, isotiosianat, kumarin, sulfosaran, dan fenol. zat ini bertindak sebagai anti kaner pada makanan pencegah kanker payudara, sayuran tersebut juga kaya dengan serat.
  2. Wortel. Ini adalah sayuran yang terkenal sebagai raja sayuran untuk mata. Ternyata wortel juga bermanfaat sebagai makanan pencegah kanker payudara. Sayuran orange ini mengandug Glutathione, betakaroten, Vitamin C, folic acid, serta zat antioksidan.
  3. Buncis. Buncis adalah sayuran seperti kacang panjang namun bentuknya lebih pendek. Ia adalah sumber bagi Lignin, serat kasar, dan protease.
  4. Daun pepaya. Selain buah pepaya, daun pepaya juga baik untuk mencegah kanker payudara. Maka cintailah makanan dari daun pepaya. Ia merupakan sumber serat kasar, vitamin A dan vitamin C, serta mengandung enzim papain.
  5. Daun singkong. Daun singkong adalah sumber serat, vitamin A dan mengandung antioksidan. Makanan ini selain baik sebagai makanan pencegah kanker payudara juga bisa mencegah kanker usus.
  6. Bayam. Ini adalah sayuran hijau dengan serat kasar, karotenoid, dan juga mengandung nitrosamin
  7. Terung. Siapa sangka kalau terong juga sangat baik untuk mencegah kanker. Ia mengandung protease, inhibitor
  8. Kedelai. Ini adalah makanan yang banyak mengandung genistein, fitostero, daidzen, saponin, asam fitat, serta mengandung asam fenolat.
  9. Merica. Bumbu dapur yang kaya terhadap capsaicin untuk karsinogen
  10. Ketan hitam, jangung, kacang hijau, kacang merah dan kacang tolo. Mereka adalah sayuran yang kaya dengan serat kasar, dan vitamin.

lihat juga: Makanan sehat

Mengkonsumsi Madu Lebah

Madu adalah obat segala penyakit. Madu lebah adalah pemanis alami yang bersal dari nektar bunga. Mengkonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan termasuk mencegah kanker payudara. Madu mengandung:

Glukosa: Ini adalah kandungan madu yang baik untuk mengembalikan kandungan cairan tubuh.
Fruktosa: Bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan hati sehingga mencegah terjadinya kanker hati dan sorosis
Enzim invertase dan diastase: Ia bermanfaat untuk mengurangi dan menstabilkan kelebihan protein, pati dan glikosida dalam tubuh.

Dengan kandungan luarbiasa itu, madu bermanfaat sebagai makanan pencegah kanker payudara dengan cara:

  • Meningkatkan imunitas
  • Mempercepat penyembuhan luka akibat kanker atau operasi
  • Royal Jelly bermanfaat untuk menormalkan dan menstabilkan fungsi tubuh serta menjaga kesehatan sel
  • Propolis yang berguna sebagai antibiotik dan merangsang imunitas tubuh, serta merangsang kinerja pagosit dalam darah putih
  • Bee Pollem, cadangan makanan lebah, mengandung betakaroten yang sangat baik untuk mencegah se kanker.

Makanan yang mengandung klorofil

Selanjutnya, makanan pencegah kanker payudara adalah makanan yang mengandung klorofil. Diantara makanan yang kaya klorofil adalah:

Alfa-Alfa adalah sayuran mirip dengan tauge namun sayuran ini lebih tinggi dan lebih berwarna hijau. Sayuran ini berfungsi sebagai pembersih darah, antioksidan, baik untuk pencernan, melancarkan aliran darah, serta mengatasi peradangan.

Spirulina, ini adalah alga hijau bersel satu yang hidup di air tawar dan ukurannya mikroskopis, dan berbentuk spiral. Ia mengandung betakaroten 25 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Ia bertindak sebagai anti-oksidan yang sangat baik.

Daun padi, siapa ternyata ia adalah sumber klorofil namun harus padi yang baru berusia 10 hari dan bebas residu dn pestisida. Untuk mengopbati kanker, and perlu 20-30 gram daun padi segar. Cuci bersih dan tumbuk halus dengan 2 gelas air, kemudian saring. Air tersebut kaya terhadap klorofil dan mampu menyembuhkan kanker.

Makanan yang Perlu di Hindari

Jika anda sedang mengobati kanker payudara atau ingin bebas dari penyakit berbahaya ini. Perhatikan makanan berikut ini, yaitu makanan yang perlu di hindari agar terhindar dari kanker payudara:

1. Makanan yang mengandung lemak

Makanan tinggi lemak dan protein adalah jenis makanan yang harus dihindari. Yang tinggi protein adalah seperti daging merah didalamnya mengandung senyawa heterosiklik yaitu pemicu kanker. Selain daging merah, kini daging putih juga menjadi makanan berbahaya untuk di konsumsi. Dulu memang sehat, namun kini unggas sudah di ternak secara tidak alami lagi sehingga memiliki lemak tinggi dan berbahaya untuk di makan.

2. Makanan yang di masak dengan di Bakar

Jika pembakaran daging atau ikan yang dibagian luarnya hangus bisa menghasilkan senyawa kuinon yaitu senyawa benzopirene. Senyawa ini bisa merangsang sel kanker, maka perlu dihindari.

Jadi, jika anda ingin mengasapo atau membakar daging atau ikan, lakukan dengan api kecil sehingga tidak hangus dibagian luarnya.

3. Makanan yang di goreng dengan minyak jenuh atau dengan suhu tinggi.

Minyak jenuh adalah minyak bekas menggoreng, minyak mentega atau minyak margarine. Minyak bekas yang sudah dua kali digunakan untuk menggoreng dan sudah berwarna hitam mengandung senyawa hydrogen peroksida. Ini adalah radikal bebas yang sangat kuat dan bisa menyebabkan kanker.

4. Daging kaleng

Makanan kaleng seperti daging kaleng mengandung pengawet yaitu garam natrium dan nitrit. Selain mengawet ia juga mempercantik makanan dalam kaleng. Senyawa pengawet itu jika berakumulasi dengan amino dalam daging maka akan membentuk nitrosamine yang bersifat karsinogen.

5. Makanan beracun

Selanjutnya, makanan yang perlu dihindari agar terhgindar dari kanker payudara adalah makanan beracun. Diantaranya adalah makanan yang tercemar racun mitoksin yaitu jenis racun yang dihasilkan oleh Aspergillus flavus.

6. Umbi-umbian

Umbi yang bertunas dan mengandung bercak kehijauan seperti pada ketela pohon adalah makanan beracun yang mengandung senyawa glokoalkaloid khususnya solanin dan karsonin. Zat ini bersifat karsingen yang memicu kanker.

7. Zat aditif.

zat ini ditemukan dalam makanan olahan seperti bakso, mie, junk food fast food dan lain-lain. Sebenarnya, zat ini aman jika masih dalam kadar normal sebagaimana yang di rekomendasikan oleh pemerintah. Namun jika berlebihan ia akan berbahaya untuk kesehatan. Zat aditif ini adalah berfungsi sebagai pemanis, dan pengawet makanan.

8. Ikan basah, ikan asin dan telur asin

9. Minuman berlakohol, minuman bersoda, cokelat, minuman kopi, dan es

10. Buah durian dan buah nangka

Pencegahan Kanker Payudara

Selain memperhatikan rekomendasi makanan pencegah kanker payudara di atas, perlu juga melihat cara pencegahan kanker payudara dengan beberapa teknik berikut:

  • Dilarang merokok
  • Jika anda sering mengunyah tembakau, sekarang hentikan kebiasaan itu
  • Diet rendah lemak, makan banyak serat
  • Melakukan imunisasi hepatitis B
  • Lakukan pemeriksaan setiap bulan
  • Wanita melakukan pemeriksaan papsmer test pada ahli ginekologi
  • Jika wanita sudah berumur di atas 50 tahun, lakukan general cjeck up

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here