X

32 Makanan Penambah Trombosit

Trombosit adalah sel darah merah atau kepingan sel darah merah yang berguna untuk pembekuan darah. Jika anda mengalami kekurangan trombosit maka harus segera dinaikkan agar tidak mengganggu kesehatan. Salah satu cara menaikkan trombosit adalah dengan mengkonsumsi makanan penambah trombosit. Namun, dismaping itu anda juga harus mengikuti saran dari dokter.

Trombosit dalam tubuh harus selalu normal agar tidak kehilangan banyak darah jika terjadi pendarahan. Fungsi trombosit itu adalah mebantu pemebekuan darah sehingga tidak banyak kehilangan sel darah merah. Penyebab terjadinya penurunan trombosit sangat banyak diantaranya adalah kanker, kehamilan, efek alkohol, DBD, faktor gentika atau akibat mengkonsumsi obat-obat tertentu. Memang, jika penyebab ini teratasi maka jumlah trombosit akan kembali normal dan baik, tetapi anda juga disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan penambah trombosit.

Berikut kita lihat apa saja makanan yang bisa menambah kadar trombosit dalam darah.

Salah satu makanan yang berfungsi untuk menambah jumlah trombosit dengan cepat jambu biji. Mengkonsumsi jambu biji dengan cepat menaikkan trombosit, itulah sebabnya penderita DBD disarankan untuk mengkonsumsi jambu biji sebanyak banyaknya.

1. Sayuran Bayam

Bayam adalah sayuran tinggi kandungan vitamin K yang berguna untuk pembekan darah. Untuk menaikkan trombosit, ambil 5 lembar daun bayam dan rebus dengan segelas air. Kemudian air rebusan itu d campurkan dengan setengah cangkir jus tomat. Buat dan minum ramuan ini 3 kali sehari untuk mempercepat bertambahnya trombosit. Selain cara ini, anda bisa mengkonsumsi bayam sebagai lauk, membuat smootie atau mengkonsumsi sebagai salad.

2. Biji-bijian

Biji-bijian adalah makanan kaya vitamin b9 yang mampu meningkatkan jumlah trmbosit dalam darah. Selain mengkonsumsi bijian anda juga bisa mengkonsumsi sayuran seperti jeruk, asparagus dan termasuk juga sayuran bayam.

3. Buah Naga

Jika anda pengemar buah naga, ada tida perlu takut keurangan trombosit, buah naga atau dragon fruit adalah buah yang kaya vitamin dan sering menjadi alternatif untuk penambah darah secara alami. Anda bisa mengkonsumsi jus buah naga dan usahakan untuk tidak menambah gula didalamnya. Baca juga: Manfaat Buh Naga Merah

4. Kiwi

Selain buah naga, kiwi juga termasuk buah yang bisa untuk menaikkan kadar trombosit, namun tidak secepat mengkonsumsi buah jambu biji. Tetapi jika anda mengkonsumsinya secara rutin 3 kali sehari, maka akan membantu anda untuk mendapatkan trombosit yang baik.

5. Makanan Tinggi Omega 3

Selanjutnya, makanan penambah trombosit adalah semua jenis makanan yang kaya omega 3. Diantara makanan tersebut adalah biji rami, walnut, bayam, ikan dan lain-lin.

6. Makanan tinggi vitamin B12

Jika tubuh kekurangan vitamin B12 maka masalah yang berkenaan dengan kekurangan trombosit akan terjadi. Maka untuk menambah makanan kaya vitamin B12 dalam diet harian. Diantara makanan yang kaya vitamin B12 adalah kalkun, hati ayam, sapi, salmon dan tuna.

7. Jus Plum dan asam jawa

Kombinasi plum dan asam jawa dalam bentuk jus juga bisa mendongkrak trombosit dalam tubuh. Ambil asam jawa dan rendam dalam air selama 2 jam. Kemudian buang biji asam jawa dan gunakan air tersebut untuk memblender 5 buah plum. Minum tiga kali sehari.

8. Jus Labu dan Madu

Ambil 5 potongan labu dan 2 sendok makan madu. Kemudian buat jus dan konsumsi kedua kali sehari untuk lebih efektif menambah trombosit.

9. Madu dan Kismis

Kismis dan madu juga bisa menjadi makanan penambah trombosit. Ambil 10-15 biji kismis dan campurkan dengan sedikit madu. Konsumsi dipagi hari dengan susu hangat sebelum sarapan.

10. Air putih

Yang tak kalah penting untuk mempercepat penambahan trombosit adalah mengkonsumsi banyak air putih. Hindari minum air dingin, tetapi minumlah air hangat atau air dengan suhu ruangan. Baca juga: Manfaat Air Putih

11. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman daun yang luarbiasa dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk menambah trombosit, lidah buaya juga baik untuk memurnikan darah.

Selain beberapa makanan yang kami sebutkan di atas, ternyata masih banyak makanan penambah trombosit lainnya yang bisa anda coba. Berikut kami sebutkan satu persatu.

12. Rumput gandum (wheatgrass)

13. Pepaya Delima

14. Aprikot

15. Sayuran berdaun hijau

16. Labu Ikan dan protein

17. Makanan yang kaya vitamin C

18. Bit

19. Minyak wijen

20. Minyak ikan cod dan minyak biji rami

21. Bawang putih

22. Susu

23. Ikan dan kacang-kacangan

24. Makanan yang sarat dengan folat

25. Makanan yang kaya vitamin K

26. Makanan yang kaya vitamin A

27. Kale

28. Tomat dan berry

29. Makanan dari gandum

30. Jambu biji

31. Kurma

32. Almond dan milk shake buah ara

Demikian ulasan singkat tentang sumber pangan dan makanan yang bisa meningkatkan kadar trombosit anda. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita tentang kesehtan.

Categories: Makanan