SHARE
fakta tentang virus zika
@pittsburgh.cbslocal.com

Fakta tentang virus Zika – Virus Zika menjadi momok menakutkan bagi dunia kesehatan hari ini. Hingga kini belum diketahui vaksin yang bisa membunuh dan mengobati pasien yang terkena virus Zika. Perkembangan virus Zika hari ini diketahui sudah sampai ke Singapura dan dikabarkan ada orang Indonesia yang terinfeksi Zika.

Indonesia adalah salah satu negara tetangga singapura. Ini artinya Indonesia harus waspada terhadap virus ini karena tidak mustahil Zika berkembang hingga Indonesia. Virus Zika sangat berbahaya bagi wanita hamil, karena bisa menyebabkan janin terinfeksi virus ini. Janin yang terinfeksi virus Zika akan mengalami perkembangan fisik yang tidak normal dan mengalami cacat lahir yang serius.

Baca: Manfaat makan jengkol

Untuk itulah kita harus mewaspadai virus berbahaya ini. Ada hal yang harus kita ketahui terkait dengan virus Zika. Mulai dari cara penularannya hingga bagaimana mencegahnya.

5 Fakta Tentang Virus Zika

Berikut 5 Fakta tentang Virus Zika yang harus kita ketahui agar kita bisa menjauhinya.

1. Virus Zika tersebar melalui nyamuk

Penyebaran virus zika terjadi lewat perantaraan nyamuk Aedes atau nyamuk demam berdarah. Ketika nyamuk tersebut membawa bibit virus maka virus tersebut akan menetap dalam aliran darah. Bagi ibu hamil virus tersebut akan terinfeksi ke janin dan menghambat perkembangan janin.

Baca: Manfaat menempel Kubis

2. Vurus Zika menyebar lewat hubungan seksual

Selain nyamuk, virus ini juga bisa menyebar melalui hubungan seksual dengan wanita atau lelaki yang terinfeksi virus Zika. Jadi hati-hati sebelum melakukan hubungan, kalau anda tidak yakin maka gunakan kondom sebagai penghambat.

3. Gejala awal virus Zika adalah demam

Demam adalah gejala awal dari terinfeksi virus Zika. Selain demam, ada juga beberapa gejala lain yang diketahui seperti sakit kepala, nyeri sendi, munculnya ruam di tubuh, nyeri otot, hingga konjungtivitis, Semua gejala ini akan berlangsung selama 2-7 hari. Maka, periksalah kesehatan manakala anda merasakan hal seperti itu terjadi pada tubuh anda.

4. Belum ditemukan vaksin untuk mengobati virus Zika

Hingga kini para ilmuwan masih mencari cara untuk menemukan obat dan vaksin terhadap virus Zika. Sementara dinas kesehatan sibuk dengan berbagai cara untuk menghambat penyebaran virus Zika. Karena hingga kini belum ada vaksin maka semua orang diharapkan untuk mewaspadai penyakit ini.

5. Ibu hamil berdampak serius terhadap virus Zika

Ibu hamil yang terkena virus Zika akan memberikan dampak serius bagi kesehatan janinnya. Janin dalam kandungan ibu yang terinfeksi Zika akan mengalami masalah kesehatan yang disebut microcephali atau lahir dengan kepala kecil, menyebabkan keterbelakangan mental, keterlambatan untuk bicara dan lambat dalam berbagai urusan termasuk berjalan dan lain-lain.

Virus Zika sangat menakutkan karena belum diketahui apa obatnya hingga kini. Namun demikian, kita bisa mencegahnya dengan cara menghentikan cara perkembanannya. Virus ini menular lewat gigitan nyamuk. Nyamuk yang menggit orang terinfeksi Zika, kemudian menggit orang lain maka mereka akan terinfeksi juga.

Cara mencegah penularan virus Zika adalah dengan membasmi tempat nyamuk Aides seperti air genangan pada pot, bekas plastik, selokan dan lain-lain. Selain itu, berhubungan seksual dengan mereka yang terjangkit harus hati-hati yaitu dengan menggunakan kondom.

Sumber: fact about Zika Virus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here