Kuping Berdengung Sebelah Kiri, Ketahui Penyebabnya

Apakah anda pernah mengalami kuping berdengung? Ini tentu sangat menggnggu anda dan bisa membuat anda tidak bisa tidur dan susah konsentrasi. Masalah kesehatan kuping berdenging atau telinga berdengung ini sangat banyak di alami orang. Berdsasarkan survey menyebtukan 1 dari 100 orang pernah mengalaminya. Sepintas terlihat sepele, namun ini bisa mengganggu fisika anda secara perlahan karena mengusik konsentrasi, susah tidur dan mampu memicu depresi. Biasanya, kuping berdengung ini akan semakin jelas manakala suasana sepi dan hening.

Telinga berdengung dalam dunia medis disebut dengan tinnitus, ini adalah kondisi dimana seseorang mendengar suara tertentu dalam telinganya yang tak biasa seperti suara siulan, atau suara bising mesin. Tinnitus dibagi dalam dua kelompok ada yang subyektif dan ada tinnitus obyektif.

Tinnitus atau kuping berdengung subyektif adalah kondisini dimana keadaan dengungan tellinga itu hanya di dengar oleh penderita saja sementra dokter tidak mengetahui atau mendengarnya. Sementara tinnitus obyektif adalah jika suara dengungan dalam telinga bisa di dengar oleh dokter ketika memeriksanya. Tinnitus obyektif biasa terjadi karena adanya gangguan pada konstraksi otot, tulang telinga atau pembuluh darah didalam telinga.

Penyebab Kuping Berdengung Sebelah Kiri

Terjadinya dengungan pada telinga sebelah kiri ini serign dikaitkan dengan mitos-mitos oleh sebagian masyarakat. Padahal, dengungan kuping ini bisa dijelaskan dengan ilmu medis secara ilmiah. Nah, jika itu adalah masalah kesehatan, berikut kita lihat penyebabnya.

1. Mendengar suara bising yang sangat kuat

Kuping berdengung ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah karena mendengar suara bisingan yang sangat keras seperti berada di dekat pabrik, mendengar konser dengan suara pekik, atau karena terlalu dekat berada dengan mesin pesawat. Suara bisingan yang sangat keras ini bisa menyebabkan telinga berdenging.

Baca juga: Gejala Kanker Tenggorokan

2. Tersumbat kotoran dalam telinga

Kuping berdengung sebelah kiri juuga bisa terjadi karena adanya kotoran dalam telinga akibat tidak sering membersihkan telinga. Selain itu, suara dengungan ini juga bisa terjadi karena tersumbat saluran telinga air atau sernagga kecil yang memasukinya.

3. Posisi tubuh yang salah

Letak posisi tubuh yang salah atau tidak sesuai juga bisa mengakibatkan telinga berdenging. Ketika tidur misalnya atau ketika duduk dan melakukan gerakan ekstrim. Kesalahan posisi ini menyebabkan saraf tertekan sehingga keluar suara dingingan.

4. Faktor Usia

Telinga berdengung sebelah kiri juga bisa terjadi karena faktor usia yang sudah terlalu tua. Ini terjadi akibat fungsi pendengaran yang sudah mulai menurun sehingga terganggu gendang telinga.

Baca juga: Migrain Sebelah Kanan

5. Efek samping obat tertentu

Efek samping obat juga bisa terjadi, jika anda mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan efek seperti ini. Maka, jika anda harus mengkonsumsi obat kimia, sebaiknya memakannya dengan nasehat dan bimbauan dokter.

6. Akibat Cedera

Kecelakaan atau cidera juga menjadi penyebab telinga berdengung. Misalya terjadi benturan keras pada kepala yang mempengaruhi saraf telinga sehingga terjadi gangguan.

Demikianlah artikel pendek tentang kuping berdengung semoga menjadi tambahan pengetahuan kesehatan kita dan segera mengambil sikap manakala terjadi hal ini pada kita atau orang terdekat dengan kita.