SHARE
manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan sangat mengagumkan. Susu kedelai tidak kalah dengan susu sapi dari sisi kandungannya. Susu sapi rendah lemak dan susu kedelai juga memiliki hal yang sama dan keduanya bisa memberikan banyak nutrisi. Dalam satu cangkir susu sapi atau susu kedelai mampu menyediakan 8 gram protein dan nutrisi lain seperti fosfor, kalsium, vitamin b12 dan vitamin A,D.

Memang ada peberdaan antara susu sapi dan kedelai, diantaranya susu sapi kaya denan kalori. Namun anda jangan khawatir karena susu kedelai menyimpan banyak asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berikut kita lihat beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penuaan Dini

Susu kedelai adalah makanan yang bisa merangsang pertumbuhan kolagen. Kolagen merupakan zat penting yang bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit serta kecerahannya. Pada wanita, setelah menopause produksi kolagen akan menurun sehingga terjadi keriput. Mengkonsumsi susu kedelai bisa mengembalikan kecerahan kulit serta menjaga kulit tetap elastis dan kencang.

Dalam susu kedelai juga mengandung isoflavon, antioksidan yang berperan untuk mencegah radikal bebas dan menjaga kulit awet muda sehingga penuaan dini bisa di cegah.

2. Melindungi kulit dari Ultra Violet

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah mengatasi kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Produk kecantikan kulit yang mengandung bahan kedelai mampu mencegah kerusakan kulit dan mencegah kanker kulit akibat paparan sinar UV. Peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari juga mampu di eliminasi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kedelai adalah bijian yang kaya nutrisi sehingga menjadi alternatif untuk mencukupi nutrisi bagi semua golongan usia. Susu kedelai rendah lemak jenuh dan bebas dari kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung. Bahkan menurut FDA, mengkonsumsi protein kedelai sebanyak 25 gram/hari bisa mencegah serangan jantung.

4. Untuk kesehatan penderita Diabetes dan Gangguan Ginjal

Apakah anda diabet atau mengalami gangguan ginjal, susu kedelai adalah minuman sehat untuk anda. Susu kedelai bisa mengontrol dan mengendalikan kesehatan penderita diabetes.

Orang yang menderita diabetes mempunyai resiko besar terhadap penyakit jantung karena gula dalam darah bisa mengganggu aliran darah di jantung. Mengkonsumsi kedelai bisa memasok banyak protein dan mengurangi gula serta meningkatkan kolesterol baik yang akan melawan kolesterol jahat.

Penderita diabetes biasanya terganggu dengan masalah yang disebut dengan albuminuria. Keadaan ini terjadi ketika tubuh membuang banyak protein albumin melalui urin. Manfaat susu kedelai dan makanan dari kedelai mampu meningkatkan protein dalam tubuh serta mengurangi pelepasan albumin.

5. Mencegah Osteoporosis

Kurangnya hormon pada ovarium bisa mengakibatkan kerapuhan tulang. Namun, dalam jurnal The National Library of Medicine (NLM) disebutkan bahwa mengkonsumsi susu kedelai bisa mencegah masalah ini karena kaya dengan kalsium. Selain kalsium, kedelai juga mengandung boron dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Susu kedelai juga mengandung isoflavon yang disebut dengan daidzein, yang komponennya serupa dengan obat ipriflavone. Ini adalah obat yang digunakan secara luas di Asia dan Eropa untuk mengobati osteoporosis.

6. Mencegah Sindrom postmenopause

Sindrom postmenopause bisa terjadi pada wanita setelah masa menopause. Ini akibat menurunnya produksi hormon estrogen pada wanita di masa itu sehingga terjadi beberapa masalah.

Setelah masa menopause wanita cendrung mengalami hal buruk seperti perubahan mood, penyakit jantung, diabetes, gula darah, insomnia depresi dan gangguan psikologis lainnya.

Kedelai atau susu kedelai adalah minuman yang mengandung Fitoestrogen. Senyawa ini bisa menggantikan kekurangan hormon estrogen pada wanita setelah menopause.

7. Mencegah kanker payudara dan Prostat

Selanjutnya, khasiat susu kedelai adalah mencegah terbentuknya sel kanker payudara dan prostat.

Memang, penelitian menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak susu memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker prostat dibandingkan dengan pria yang tidak minum susu atau makanan tinggi kalsium.

Namun demikian, berdasarkan laporan American Institute for Cancer Research menyebutkan bahwa susu dari kedelai beda dengan susu lain. Susu kedelai mengandung anti kanker seperti genistein dan saponin yang bekerja melawan kanker dalam tubuh. Selaiin kedua zat tersebut susu kedelai juga mengandung asam fenolat yang berguna untuk mencegah penyebaran sel kanker.

8. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Salah satu manfaat susu kedelai adalah menguatkan pembuluh darah. Susu kedelai mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang berfungsi untuk membentuk fito-antioksidan kuat sehingga mencegah kerusakan pembuluh darah dan mencegah pendarahan pada pembuluh darah.

Senyawa tersebut juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan menghindari terjadinya penumpukan kolesterol.

9. Menurunkan berat badan

Manfaat dan khasiat susu kedelai juga baik untuk menurunkan berat badan karena susu ini sarat dengan protein, berbagai asam lemak dan vitamin serta mineral. Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Beda dengan susu lainnya yang tinggi lemak jenuh sehingga kurang baik bagi kesehatan jika tidak di imbangi dengan makanan lain. Sementara lemak dalam susu kedelai bisa mencegah penumpukan lemak jahat dan kolesterol jahat.

Manfaat susu kedelai semakin besar manakala kandungan riboflavin dan vitamin B12 ada didalamnya. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai fat-burning vitamins yang membakar banyak lemak jahat. Selain itu, kedelai sarat dengan serat yang bermanfaat untuk mempercepat kenyang dan menahan rasa lapar lebih lama.

Efek Samping Susu Kedelai

Setelah mengetahu sejumlah manfaat susu kedelai, sekarang kita lihat apa saja kekurangan dan efek negatif dari susu tersebut.

1. Tinggi fitoestrogen

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa fitoestrogen bisa memicu kanker payudara. Maka mengkonsumsi susu kedelai juga tidak boleh di lakukan secara berlebihan. Minumlah secara teratur dan dalam batas yang wajar saja.

2. Tinggi asam fitat

Ini adalah komponen yang bisa mengganggu penyerapan kalsium, seng, dan magnesium dalam tubuh. Selain itu, asam fitat juga menganggu kerja enzim dalam lambung seperti enzim pepsin dan lain-lain.

3. Produk susu kedelai mengandung zat tambahan lain yang tidak baik

Produk susu kedelai umumnya tidak baik di konsumsi karena sudah di campuri dengan bahan lain. Biasanya dalam produk kedelai, sari kedelai hanya 5 hingga 10% saja, sementara selebihnya adalah bahan asing berupa gula, air, garam, perasa alami, karaginan, kalsium karbonat, dan mineral serta vitamin sintetis lain. Dengan kata lain, produk kedelai hanya namanya saja, sementara isinya lebih banyak bahan lain dibandingkan dengan sari kedelai.

Itulah beberapa manfaat susu kedelai dan khasiatnya serta beberapa efek samping. Bagi anda yang alergi terhadap susu sapi anda bisa menggantikannya dengan susu kedelai. Namun, saran kami buatlah susu kedelai sendiri dari rumah sehingga anda bisa mengontrol bahan-bahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here