Home Minuman 25 Khasiat dan Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

25 Khasiat dan Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

10
SHARE
manfaat kayu secang

Manfaat kayu secang bagi kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Kayu ini tumbuh di berbagai daerah dan Indonesia adalah saatunya. Membudidayakan kayu secang tidak butuh waktu lama karena ia bisa tumbuh dengan cepat. Kayu secang memiliki warna agak kemerahan (kandungan brazilin) dengan bau khas. Inilah sebabnya kayu secang juga banyak dimanfaatkan untuk di ekstrak sebagai minyak esensial atau minyak atsiri.

Tanaman secang memilki banyak nama tergantugn daerah ia tumbuh. Misalnya Aceh, mereka menyebutnya dengan nama Seupeung, sementara jawa menyebutnya soja jawa. Nama lain dari pohon secang adalah sepang, sapang, hinianga, suou, sopang, supa, sepel, cacang, sema dan roro.

Pohon secang berwarna keabu-abuan dan bagian dalamnya berwarna merah. Ia tergolong dalam tanaman perdu dengan batang kecil-kecil dan mempunyai bunga berwarna kuning kecil-kecil. Sementara daunnya mirip dengan daun petai Cina yang menyirip. Manfaat secang diambil dari rebusan serutan kayunya, yang kemudian di masukkan dalam minuman. Minuman dari secang ternyata buka hanya sekedar minuman tetapi mepunyai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

1. Menangkal radikal bebas

Batang sedang mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jenis antioksidan yang ada juga berbentuk flavonoid yang fungsinya sama dengan manfaat dari polifenol.

2. Penyerapan vitamin C

Kayu secang juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap vitamin C. Ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan maksimal. Kalau anda sering sakit seperti flu, demam dan batu. Mungkin anda perlu asupan vitamin C yang baik. Minuman secang bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin C dengan baik yang berasal dari berbagai makanan.

manfaat kayu secang bagi kesehatan
wedang secang penuh khasiat

3. Sebagai antibiotik alami

Selanjutnya manfaat kayu secang adalah sebagai antibiotik alami. Kandungan flavonoid yang tinggi bermanfaat sebagai antibiotik alami yang melawan berbagai racun dan bakteri dalam tubuh.

4. Menyehatkan dinding usus

Minuman dari batang secang mengandung tannin yaitu senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Kalau dikonsumsi dengan rutin maka air kayu secang bisa menjaga kesehatan usus dan mencegah serta mengobati peradangan dan infeksi akibat bakteri dalam usus.

5. Menghentikan pendarahan

Jika anda terluka dan mengeluarkan banyak darah, gunakan saja air serutan kayu secang. Kandungan flavonoid dalam kayu ini bermanfaat untuk menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan dengan cepat, anda cukup menyiram air tersebut pada luka. Kalau anda memiliki minyak esensial dari kayu secang, ini juga bisa dioleskan pada luka untuk menghentikan pendarahan.

6. Mengobati diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit gula yang banyak di alami masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi sesuatu yang mengandung saponin adalah langkah baik untuk mengobati gejala ini. Kayu secang mengandung saponin tinggi yaitu zat yang memberikan rasa pahit pada tanaman. Mengkonsumsi minuman dari serutan kayu secang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja insulin sehingga baik dalam mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga: Manfaat buah matoa bagi kesehatan

7. Obat Alami Anti nyeri

Manfaat kayu secang selanjutnya adalah sebagai obat anti nyeri. Untuk mendapatkan obat anti nyeri dari kayu secang perlu dilakukan pengekstrak-an dari kayu tersebut. Anda juga bisa membeli minyak atsiri kayu secang yang tersedia di toko-toko obat.

8. Mengobati kanker prostat

Saponin dan flavoniod adalah dua senyawa yang mampu memberikan reaksi penyembuhan bagi kanker prostat. Kabar baiknya, dalam kayu secang mengandung kedua jenis senyawa ini. Maka mengkonsumsi minuman secang bisa membantu masalah ini.

9. Baik untuk jantung

Mengkonsumsi minuman dari kayu secang baik untuk kesehatan jantung yaitu mencegah serangan jantung. Khasiat batang secang yang membantu penyerapan vitamin C secara optimal baik untuk mencegah penebalan pembuluh arteri pada jantung. Inilah alasan kenapa kayu secang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

10. Menangkal radikal bebas

Free radical atau radikal bebas adalah penyebab kerusakan sel dan kulit. Mengkonsumsi minuman dari batang secang bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Polifenol yang bertindak sebagai antioksidan berperan besar dalam penangkalan ini. Kinerja polifenol mirip dengan polifenol dalam teh hijau.

Manfaat kayu secang tak hanya itu saja, ada manfaat lain yang tidak mungkin kami jelaskan secara rinci. Berikut kita lihat apa saja potensi manfaat dan khasiat dari kayu secang.

15 Manfaat kayu secang lainnya bagi Kesehatan

  1. Anti bakteri
  2. Anti inflamasi
  3. Mengobati Sakit perut
  4. Obat untuk penyakit sifilis
  5. Mengandung Anti jamur
  6. Mengatas masalah obesitas
  7. Mengobati masuk angin
  8. Mencegah dan mengobati Kanker usus besar
  9. Meningkatkan kekebalan tubuh
  10. Menurunkan tekanan darah
  11. Menghangatkan tubuh
  12. Mengatasi TBC
  13. Meningkatkan stamina
  14. Mencegah tumor
  15. Obat maagh kronis

Itulah 25 manfaat kayu secang untuk kesehatan manusia. Memang memiliki aroma khas, maka untuk memberikan rasa yang lebih enak, anda bisa mencampurnya dengan bahan lain untuk mendapatkan aroma yang lebih nikmat seperti kayu manis, gula aren, jahe atau cengkeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here