SHARE
kaki bengkak pada ibu hamil
1health.id

Kaki bengkak pada ibu hamil – Ketika seorang ibu hamil atau berbadan dua, maka kondisi kaki bengkak adalah hal wajar dan ini tidak perlu dikhawatirkan, karena setelah melahirkan kondisi kakiĀ  ini akan kembali mengecil dengan sendirinya. Yang patut diwaspadai adalah apabila kaki bengkak terus membesar dan bereaksi pada anggota tubuh lain dan sudah di atas ambang normal.

“Namun, apabila bengkak makin naik ke seluruh tubuh, disertai peningkatan tekanan darah, mata menjadi kabur hingga nyeri berlebihan di daerah ulu hati, maka ini mungkin pertanda awal keracunan kehamilan atau preeklampsia,”

kata dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, Jumat (30/5/2014). Demkian yang dikutip dari detik.com

dr Hari menjelaskan lebih lanjut bahwa kaki bengkak pada ibu hamil adalah akibat dari meningkatnya volume darah selama kehamilan hingga 40%, sehingga mengakibatkan pembuluh darah juga ikut membesar.

Selain faktor di atas, pembengkakan pada ibu hamil juga terjadi karena rahim yang semakin membesar. “Rahim yang membesar akan semakin menekan aliran pembuluh darah balik dari kaki ke atas, sehingga tekanan di dalam pembuluh darah balik ke jantung dari kaki makin besar dan makin bengkak,” tutur dr Hari.

Baca: 6 makanan untuk mempercepat kehamilan

Berikut ada beberapa tips dan hal yang bisa ibu hamil lakukan demi menghindari terjadinya kaki bengkak selama masa kehamilan.

  • Jangan berdiri dalam waktu lama
  • Ketika dalam posisi duduk, usahakan telapak kaki menyentuh lantai dan jangan coba untuk duduk sambil menyilangkan kaki
  • Melakukan streching atau peregangan sesering mungkin ketikan duduk lama adalah pilihan terbaik menghindari kaki bengkak
  • Ketika dalam posisi tidur, tidurlah ke arah kiri, agar tidak terjepit pembuluh darah vena yang berada disebalah kanan
  • Cukup mengkonsumsi air putih
  • Olahraga secara teratur
  • Atur pola makan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Hindari minum air berkafein seperti kopi dan lain-lain dan hindari makanan asin

Inilah beberapa tips yang bisa dicoba dalam rangka mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan bisa digunakan oleh ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here