X

Jumlah Gigi Orang Dewasa, Bagian Gigi dan Jenisnya

Jumlah gigi orang dewasa normal adalah 32 biji. Pada awalnya hanya tumbuh 20 gigi yang disebut dengan gigi susu. Sementara gigi deawa mulai tumbuh ketika seseorang sudah berusia 12 hingga 14 tahun. Untuk melengkapi semua jumlah gigi normal yaitu 32 maka selanjutnya akan tumbuh gigi tambahan yang berjumlah 4 biji. Gigi terakhir ini dikatakan dengan gigi bungsu (terakhir) dan akan tumbuh ketika seseorang berusia 17 hingga 21 tahun.

Gigi adalah bagian penting dari tubuh manusia dan ia termasuk bagian terkeras. Manfaat gigi adalah mengunyah makanan dan mengoyaknya hingga hancur sehingga membantu proses pencernaan. Selain untuk pencernaan, manfaat gigi adalah untuk menjaga agar suara keluar dengan jelas dari mulut. Beda dengan orang yang tidak bergigi, tentu ia tidak bisa berbicara sefaseh orang yang lengkap giginya.

Baca juga: Cara Merawat Gigi Pertama pada Bayi

Setelah mengetahui jumlah gigi orang dewasa, mari kita lihat bagian bagian yang membentuk gigi ini.

Bagian Pembentuk Gigi

Tahukah jika gigi anda terbentuk tidak sendiri, melainkan terdiri dari bagian-bagian tertentu. Berikut bagian dari gigi anda.

1. Enamel dan dentin

Ini adalah bagian paling luar dari gigi dan bisa dilihat dengan jelas. Enamel ini terbentuk dari mineral keras yaitu kalsium fosfat.

Kemudian, bagian dibawah enamel disebut dengan dentin dan ia terbentuk dari sel hidup. Jadi, sel inilah yang mebentuk mineral keras pembentuk enamel tadi.

2. Pulpa

Selanjutnya, ada bagian gigi yang disebut dengan pulpa, ia terletak dalam struktur gigi. Ini beda dengan enamel dan dentin karena ia bersifat lembut. Jadi saraf dan pembuluh darh berkumpul disini. Dan inilah yang mengantarkan sari makanan dan oksigen ke bagian mulut sehingga gigi sehat atau tidak.

3. Sementum dan ligamen periodontal

Sementum adalah bagian gigi yang bermanfaat untuk mengikat gigi pada rahang, ia adalah jaringan ikat. Tugas sementum akan diperkuat dengan dukungan jaringan ligamen periodontal, jaringan ini membantu terikatnya gigi dengan kuat pada rahang.

Nah, tak hanya itu saja yang harus anda jetahui tentang gigi orang dewasa. Jumlah gigi orang dewasa yang 32 itu juga dibagi dalam beberapa jenis. Berikut beberapa jenisnya:

Gigi seri: Jumlah gigi seri adalah 8 biji dan terletak di tengah gigi lain. Terdiri dari 4 buah gigi depan bawah dan atas

Gigi Taring: Jumlahnya juga empat, letak gigi taring disebalh gigi seri. Ini berfungsi untuk merobek makanan

Gigi geraham: Gigi geraham jumlahny 8 dan ia terletak di dalam mulut atau di mulut bagian belakang. Ia berfungsi untuk menggiling makanan hingga halus dan mudah di telan.

Gigi premolar: Gigi ini juga berjumlah 8, dan ia terletak antara gigi taring dan gigi geraham.

Gigi bungsu atau geraham bungsu: Berjumlah 4 ia baru akan tumbuh ketika seseorang berusia 18 tahun. Gigi ini kadang mengganggu keberadaan gigi lain sehingga banyak orang yang menghilangkan gigi ini.

Baca: Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Mengeras

Merawat Gigi untuk Kesehatan dan Estetika

Untuk menjaga jumlah gigi orang dewasa tetap 32, maka disarankan untuk merawat gigi sejak dini. Jadi merawat bukan hanya menjaga kebersihannya saja namun juga memperhatikan susunannya.

Waktu yang sangat baik untuk memulai merawat gigi adalah ketika anda berusia 6 hingga 7 tahun. Pada usia ini dokter gigi bisa mengevaluasi pergeseran antara rahang atas dan bawah. Berikut beberapa manfaat merawat gigi sejak Dini:

Manfaat Merawat Gigi Sejak Dini

  • Mengurangi resiko gigi seri atas lebih menonjol
  • Menyelaraskan lengkung gigi
  • Menjaga pertumbuhan rahang tetap sesuai sebagaimana mestinya
  • Memperbaiki masalah kemampuan berbicara
  • Meningkatkan estetika
  • Menghindari pertumbuhan gigi permanen secara salah

Itulah sedikit ulasan tentang jumlah gigi orang dewasa dan jenis-jenis gigi serta pengelompokannya dan Manfaat yang didapatkan dari merawat gigi sejak dini. Semoga bermanfaat!

Categories: Kesehatan