BERBAGI
gejala tipes pada orang dewasa

Kali ini kita akan membahas tentang penyakit tipes terutama yang berkenaan dengan gejala tipes pada orang dewasa. Sebelumnya kita lihat dulu apa itu penyakit tipes? Tipes adalah termasuk penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut dengan salmonella typhi.

Sebenarnya, penyakit tipes bukanlah penyakit yang menular, namun ketika seseorang terinfeksi dengan virus ini maka ia akan terjangkit dengan penyakit yang sama. Untuk perawatan, seseorang bisa di rawat secara inap dirumah sakit atau di rumahnya sendiri. Diantara gejala yang sangat jelas adalah terjadinya demam di malam hari dan penderita tidak merasakan demam di siang hari.

Penyebaran penyakit tipus sangat tergantung pada lingkungan tenmpat dimana ia berada, jika ia masuk kedalam tubuh maka ia akan tinggal diam dalam usus dalam waktu lama. Tubuh manusia adalah tempat yang sangat baik untuk menetap, terutama dalam usus. Jika tidak diobati dengan baik maka ia akan mudah berkembangbiak dan menyebabkan penyakit tipes. Penyebarannya bisaterjadi lewat penggunaan alat makan secara bersama-sama atau melalui lingkungan yang sudah tercemar dengan bakteri Salmonella typhi terutama pada air minum yang tidak bersih. Sementara setelah sampai dalam tubuh, maka peneybarannya sangat cepat lewat aliran darah.

Mengenal Gejala-Gejala Tipes

Tipes yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi selalu memunculkan gejala di awal-awal terjadinya. Diantara gejala tipes yang umum terjadi adalah demam, flu, sakit kepala, atau radang tenggorokan. Pada minggu pertama gejalanya sangat mirip dengan influenza, namun setelah satu minggu ia akan nampak lebih parah dan gejala serta tandanya sangat jelas terlihat.

Baca juga: Makanan Penambah Trombosit

Berikut kita lihat perkembangan gejala tipes pada orang dewasa berdasarkan fase perkembangannya.

Minggu Pertama:

Pada waktu ini tipes tidak menunjukkan gejala yang signifikan, ia hanya menunjukkan gejala yang sama seperti pada penyakit lain seperti kelelahan, ini di ketahui dengan kondisi tubuh yang semakin hari semakin melemah. Nah, setelah infeksi bakteri terjadi selama seminggu maka penderita akan merasakan gejala sebagai berikut:

  • Malam hari demam yang terus naik, bahkan demam dimalam hari bisa hingga 40 derajat
  • Sakit kepala mulai dari sekitaran mata dan belakang mata, ini menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Nafsu makan menurun, ini menyebabkan tubuh lemah
  • Terjadi gangguan pada pencernaan sehingga menyebabkan diare dan sembelit
  • Biasannya kondisi ini juga disertai dengan adanya batuk kering yang susah di sembuhkan
  • Bercak merah muncul pada kaki dan tangan.

Gejala Tipes Minggu Kedua

Jika sudah dua minggu diserang penyakit, maka kondisi seseorang akan semakin parah apalagi jika tidak di rawat dengan benar. Berikut beberapa gejala yang mungkin terjadi:

  • Demam tidak teeratur, naik turun pada sore hari, siang hari dan malam hari.
  • Nafsu makan terus mengalami penurunan serta tubuh mulai kurus
  • Terjadi semebelit parah atau diare
  • Perut terasa bengkak dan terasa keras.

Gejala Tipes pada Minggu Ketiga

Jika sudah masuk keminggu ketiga, gejala tipes pada orang dewasa akan lebih parah kondisinya bahkan ini tidak bisa bangun dari tempat tidurnya atau berjalan. Kemudian, demam tinggi juga terjadi sepanjang hari. Jika pasien tidak dirawat, biasanya pada tahap ini ia sudah mulai menunjukkan komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke bagian tubuh lain.

Baca juga: Fungsi Usus Besar, Kolon, Rektum, dan Sekum

Gejala Pada Minggu Keempat

Pada minggu ke empat, biasa penderita sudah merasa lebih baik, penderita tidak lagi merasa demam dan tubunya sudah terlihat membaik. Namun, anda harus hati-hati karena pada fase ini ada bahaya yang mengancam. Ketika masuk ke minggu ke enam maka kondisi akan kembali seperti kondisi tipes pada minggu pertama, tak hanya itu namun komplikasi juga bisa menjadi lebih parah.

Komlikasi Penyakit Tipes

Jika penyakit tipes tidak di obati dengan baik, maka berbagai komplikasi berbahaya bisa mengancam tubuh. Bahkan tidka jarang seseorang sampai mengalami kematian pada kondisi lebih lanjut. Bakteri pada usus bisa menyebar dengan mudah kebagian lain dari tubuhnya, tentu konsisi ini akan sangat sulit diobati dengan cepat. Beberapa komplikasi penyakit tipes yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Pendarah Usus

Pendarahan ini biasa terjadi pada fase ketiga atau minggu ke tiga, komplikasi ini terjadi pada lobang usus atau perforasi. Biasanya gejala ini akan menuai terjadinya penurtunan tekanan darah secara terus menerus dan pada saat ini tinja mengalami pendarahan. Penderita juga mengalami mual, dan muntah.

2. Miokarditis

Ini adalah kondisi dimana otot jantung sudah mengalami peradangan dan penderita sulit bernafas dan mengalami nyeri pada bagian dada. Jika dalam perawatan maka harus dilakukan secara intensif serta perawatan terhadap jantung.

3. Radang paru-paru

Ini juga termasuk komplikasi namun jarang terjadi dibandingkan dengan beberapa komplikasi di atas. Selain paru-paru jga terjadi komplikasi seperti ginjal, selaput otak, dan gangguan halusinasi.

Cara Mencegah Penyakit Tipus

Karena penyakit ini di sebabkan oleh virus salmonella typhi dan sangat berkaitan dengan lingkungan air yang kotor, maka cara pencegahannya juga berkaitan dengan ini. Berikut cara nmencegah tipes yang perlu di ketahui.

  • Banyak makan makanan berserat
  • Perhatikan keadaan air minum dan makanan, pastikan sehat
  • Jika anada sering sibuk maka cukupkan kebutuhan nutrisi tubuh
  • Jangan mengkonsumsi sayuran dan buah yang tidak di cuci
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang sudah lama berada di ruang terbuka atau dalam lemari pendingin
  • Hindari makanan dari lalat atau kotoran lainnnya.
  • Terapkan gaya hidup sehat termasuk mencuci tangan sebelum makann dan membiasakan mencuci buah atau makanan sebelum di asup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here