Home Penyakit 10 Gejala Kanker Tengorokan

10 Gejala Kanker Tengorokan

gejala kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada daerah tenggorokan secara tak terkendali. Kalau tidak di tangani dengan baik dan benar maka ia akan menjalar ke daerah lain. Tenggorokan adalah organ tubuh yang sangat penting karena ia termasuk dalam organ pencernaan dan pernapasan. Jika terganggu maka kehidupan akan mengancam.

Berbahayanya lagi, kanker tenggorokan bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa atau anak-anak. Maka perlu kiranya kita melihat dan mengetahui gejala kanker tenggorokan sehingga bisa mengatasinya dengan cepat.

Jenis Kanker Tenggorokan

Berdasarkan tempat dan lokasi tumbuhnya, kanker tenggorokan di bagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kanker nasofaring, Ini adalah kanker yang menyerang bagian atas tenggorokan yaitu bagian hidung

2. Kanker orofaring, Ini jenis kanker tenggorokan yang menyerang bagian tengah yaitu di belakang lidah.

3. Kanker hipofaring, kanker yang menyerang bagian laring atau bagian bawah tenggorokan yaitu menyerang pita suara.

Gejala Kanker Tenggorokan

Nah, setelah mengetahui jenis jenis kanker tenggorokan, mari kita lihat ciri ciri dan gejala kanker tenggorokan.

1. Sulit Menelan

Kesulitan menelan adalah salah satu ciri masalah pada tenggorokan, namun bisa juga menjadi ciri ciri kanker mulut. Kesulitan disini nampak saat menelan makanan walau tidak nampak bentuk kankernya, jika anda merasakan kesulitan saat menelan maka perlu di waspadai bahwa gejala kanker terkadang sedang mengintai anda. Untuk lebih jelas mengenai kankernya, anda butuh cek up dan pemeriksaan.

2. Perubahan suara

Suara seseorang memang sering berubah apalagi ketika seseorang memasuki masa baligh, tentu suaranya akan berubah. Begitu juga dengan seseorang terlalu banyak bercakap, kadang akan mengalami suara parau. Namun jika anda mengalami perubahan suara tanpa ada alasan yang wajar, maka perlu di wasapadai karena bisa jadi itu adalah gejala kanker tenggorokan.

Baca juga: Penyebab Kanker Tulang

3. Batuk berdarah

Selanjutnya, ciri ciri kanker pada tenggorokan adalah batuk yang tidak wajar. Batu biasanya bisa dengan mudah di sembuhkan, namun jika terjadi batuk parah dan mengeluarkan darah ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Kondisi ini bisa saja di pengaruhi oleh adanya kanker yang tumbuh pada rongga tenggorokan sehingga batuk menjadi parah atau mengeluarkan darah.

4. Sakit pada tenggokan

Sakit yang di alami pada daerah tenggorokan adalah salah satu ciri kanker tenggorokan yang sangat jelas. Apalagi jika sakit ini di sertai dengan tanda lain seperti perubahan suara atau batuk. Jalan yang harus segera di tempuh adalah memeriksa pada ahli kesehatan.

5. Telinga sakit dan Berdengung

Sakit pada telinga memang termasuk gejala kanker tenggorokan namun ini sangat sulit di identifikasi sebagai gejala kanker karena banyak juga penyakit lain yang seperti ini. Jadi, ketika anda melihat hal ini pada kesehatan anda, segeralah melakukan pemeriksaan pada ahli untuk mengetahui kondisi kesehatan.

6. Menurunnya nafsu makan

Menurunnya nafsu makan memang bisa menjadi gejala bagi penyakit apapun seperti kanker mulut, kanker tulang atau penyakit lainnya termasuk juga kanker tenggorokan. Jadi, apabila anda merasakan hal ini dan disertai dengan gejala lainnya, maka patut di waspadai karena berkemungkinan ini adalah ciri ciri kanker tenggorokan.

7. Benjolan pada tenggorokan, leher

Kanker mulut juga bisa menyebabkan munculnya benjolan ini karena lokasinya berdekatan. Maka, jika seseorang mengalami benjolan pada tenggorokan sepatutnya untuk di waspadai karena ini sangat menakutkan. Namun jika benjolan ini tidak kunjung sembuh dan di sertai dengan rasa sakit, maka seseorang dianggap positif terhadap kanker tenggorokan.

Baca juga: Gejala Kanker Usus

8. Bunyi napas berbeda

Karena kanker ini berada organ pernapasan maka keberadaannya juga mempengaruhi jalan keluar masuknya napas. Jika seseorang menimbulkan suara aneh seperti melengking, maka patut di curigai karena berkemungkinan ini sebagai gejala kanker tenggorokan.

Mengenal kanker tenggorkan dengan pasti memang sulit, ini sama seperti penyakit kanker lainnya. Maka, pemeriksaan dokter perlu di jalani untuk menegtahui yang sebenarnya. Namun, untuk menambah pengetahuan kita tentang masalah ini kita perlu juga mengetahui tingkatan kankernya seperti stadium satu, dua dan selanjutnya.

Tahapan Tahapan Kanker Tenggorokan

1. Stadium 1: Ini adalah stadium awal dimana sel kanker masih kecil dan masih berada dalam satu tempat dan belum menjalar ketempat lain.

2. Stadium 2: Pasa fase ini tumor atau kanker sudah mulai membesar, namun masih berada dalam satu tempat alias belum menyebar.

3. Stadium 3: Pada stadium ini sel kanker tenggorokan sudah mulai menyebar ke jaringan lain namun masih berada dalam area tenggorokan.

4. Stadium 4: Pada fase ini sudah nampak bahwa kanker menyebar ke bagian lain, ia tidak hanya berada dalam tenggorokan namun juga berada pada bagian tubuh lain. Jika sudah masuk tahap ini, maka kanker harus mendapatkan penangan serius dan cepat.

Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

1. Menjaga kebersihan tangan

Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Kebersihan tangan bisa di lakukan dengan membersihkannya menggunakan sabun atau mencuci pada air mengalir. Tangan adalah bagian tubuh yang selau berhubungan dengan makanan karena tangan mengambilnya. Maka menjaga kebersihan tangan termasuk kebersihan makanan adalah upaya tepat mencegah masuknya virus kedalam tubuh, termasuk virus kanker.

2. Hindari bersentuhan dengan penderita penyakit saluran pernapasan

Selanjutnya, cara mencegah kanker tenggorokan adalah dengan menghindari bersentuhan langsung dengan penderita infeksi saluran pernapasan. Virus bisa menular dengan berbagai cara dan kapan saja, maka menghindari atau menjaga kontak langsung dengan penderita penyakit kanker atau infeksi saluran pernapasan patut di pertimbangkan.

3. Menggosok gigi secara teratur

Menggosok gigi sangat penting bagi kesehatan, selain untuk menjaga kesehatan gigi juga menjaga kesehatan mulut. Mulut adalah tempat mengunyah makanan dan sisa makanan yang tertumpuk penuh bakteri dan virus, maka harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak bakteri dan virus berbahaya tidak masuk ke kerongkongan dan perut.

4. Berhenti Merokok

Sebagian pengindap kanker adalah mereka yang aktif merokok. Sudah jelas bahwa rokok adalah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan. Merokok terlalu sering dan tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa meningkatkan potensi terhadap kanker tenggorokan karena rokok bisa mengikis lapisan mukosa pada tenggorokan.

Demikianlah gejala kanker tenggorokan dan cara mencegahnya serta menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang penyakit. Selain itu, kita juga sudah mempelajari tentang stadium dan fase perkembangan kanker, diharapkan bisa menambahkan pengetahuan kita sehingga bisa menghindari terkena penyakit berbahaya ini.