X

Gejala Hamil 1 Minggu, Sangat Akurat

Gejala hamil satu minggu sebenarnya mudah di kenal pada seseorang ibu, namun banyak yang belum mengetahui gejalanya. Maka pada artikel ini kami akan membagikan cara mengetahui hamil 1 minggu sehingga anda tidak mengkonsumsi aneka makanan yang di larang untuk ibu hamil.

Hamil atau kehamilan terjadi manakala adanya pertemuan antara sel sperma dan sel telur dalam rahim. Selanjutnya, semua proses ini akan membuat tubuh ibu merasa tidak nyaman. Tanda kehamilan satu minggu bisa di ketahui dengan mudah namun juga tergantung terhadap kesehatan ibu hamil sebelum hamil. Berikut kita llihat apa saja gejala hamil 1 minggu, semoga bermanfaat. Baca juga: makanan yang dilarang untuk ibu menyeusui.

Gejala Kehamilan 1 Minggu

1. Payudara Menjadi sangat lembut

Perubahan pada payudara menjadi sangat lembut akibat meningkatkannya hormon progesteron dan estrogen. Peningkatakan ini akibat dari pembuahan yang terjadi dalam rahim. Biasanya kondisi ini terjadi paling cepat satu atau dua minggu setelah pembuahan sel telur. Banyaknya cairan yang masuk ke payudara juga terjadi pada saat ini dan waktu ini payudara juga mengalami kekencangan dan kelembuatan yang luarbiasa.

2. Pendarahan Ringan

Selanjutnya, gejala kehamilan satu minggu adalah terjadinya pendarahan ringan dan biasanya setelah satu minggu pembuahan. Anda akan melhat darah ringan dengan warna merah ringan muncul, darah ini bisa terjadi dalam waktu singkat misalnya hanya 24 jam saja. Namun, jika terjadi pendarahan hebat, ini menandakan adanya keguguran. Jika anda tidak yakin dengan apa yang terjadi, periksa kebidan atau dokter kandungan.

3. Tubuh sangat Lelah

Kelelahan pasti dirasakan oleh semua ibu hamil terutama pada minggu pertama kehamilan. Kelelahan ini bisa terjadi karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh ibu.

4. Perasaan ingin buang air kecil terus

Perasaan iongin buang air kecil biasanya terjadi pada wanita hamil sesudah masuk ke trisemester kedua. Namun demikian, mereka yang baru merasakan hamil satu minggu juga bisa merasakannya. Ukuran rahim yang normal membuat pertumbuhan janin yang kecil bisa menyebabkan tekanan pada kandung kemih. Tekanan ini membuat ibu hamil merasa ingin buang air kecil terus menerus. Jadi, ibu tidak perlu menahan nahan untuk buang air kecil ini, agar tidak mengalami infeksi kandung kemih.

5. Mudah marah atau gembira

Peningkatan hormon dalam tubuh juga bisa mempengaruhi emosional ibu hamil, maka sering kita lihat orang hamil itu cepat marah, menangis atau bersedih. Ini harus di maklumi oleh suami sehingga tidak terjadi ketegangan dalam rumah tangga.

6. Tidak bisa makan

selanjutnya, gejala hamil 1 minggu adalah ibu hamil tidak bisa makan dengan baik. Lagi-lagi karena peningkatnya hormon progesteron, seorang ibu hamil tidak enak nafsu makannya. Berbagai masalah terjadi seperti sembelit, mual, perut kosong dan gangguan pada pencernaan.

7. Sakit kepala

Ketika hormon progesteron menakjak tinggi, maka perut ibu hamil bisa mengalami pembesaran pembuluh darah. Ini akan menyebabkan aliran darah cepat dan terjadilah tekanan darah rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami pusing dan sakit kepala.

Pertumbuhan janin juga perlu darah untuk menyuplai banyak oksigen dan nutrisi. Maka ibu hamil perlu melakukan perubahan gerakan secara perlahan agar mengurangi darah rendah. Selain itu, ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan untuk ibu hamil agar mencukupi nutrisi.

8. Pingsan

Pingsan juga bisa di alami bi hamil jika sakit kepala yang dialaminya sangat parah. Biasanya gabungan berbagai hal tidak nyaman menyebabkan pingsan. Diantara hal tersebut adalah tubuh yang sangat lemah, sakit kepala, tidak bisa makan dengan nyaman, muntah, tekanan darah rendah. Jadi, untuk mengatasi ini, ibu hamil harus mengkonsumsi banyak cairan agar tidak terlalu lemah.

9. Ingin Makan Berlebihan

Selanjutnya, gejala hamil 1 minggu adalah timbul ngidam atau ingin makanan makanan tertentu dan makan secara berlebihan. Jika ibu hamil ingin makan, perhatikan agar makanannya mengandung banyak kalori. Namun jika ngidem, ibu hamil bisa juga memakannya selama makanan itu tidak berbahaya untuk ibu hamil. Namun, jika ngidemnya terhadap makanan tidak baik bagi mereka maka harus di cegah.

10. Peka terhadap bau

Salah satu tanda kehamilan adalah meningkatnya indra penciuman ibu, ibu hamil akan menjadi sangat peka terhadap bau apapun sehingga seringkali menyebabkan mual dan muntah. Faktor ini juga menyebabkan tubuh ibu sangat sensitif terhadap makanan serta bau bau yang aneh.

Itulah beberapa gejala awal kehamilan tepatnya pada 1 minggu pertama. Dengan adanya artikel ini diharapkan agar ibu dan suami yang baik mengetahui ini dengan baik sehingga segera di persiapkan masa kehamilannya.

Categories: Bumil