ciri ciri kanker serviks

Gejala dan Ciri Ciri Kanker Serviks

Posted on

Ciri Ciri Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada mulut rahim atau disebut dengan kanker leher rahim. Tubuh wanita selalu berubah-ubah namun perubahan ini harus dikontrol karena bisa saja perubahan itu merupakan ciri kanker. Dengan mengenal ciri ciri dan gejala kanker serviks sejak dini, kita bisa cept mengambil langkah baik pemeriksaan atau pengobatan. Selain itu, cepat menangani masalah seperti kanker serviks juga menentukan tingkat keberhasilan dalam pengobatannya.

Ciri Ciri dan Gejala Kanker Serviks

Mayoritas wanita tidak mengenal dan mengetahui bahwa dirinya mengindap kanker serviks terutama jika ini masih pada fase awal. Pada fase awal, kanker serviks tidak diketahui oleh penderita sehingga ia menyerang ke bagian yang lebih dalam dan menyebabkan jaringan disekitarnya terinfeksi.

Maka, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui ciri ciri kanker serviks untuk bisa mendapatkan pertolongan lebih awal. Berikut gejala dan ciri ciri kanker serviks yang harus di ketahui oleh wanita dan setiap suami.

  • Muncul flek tanpa alasan atau diluar jadwal menstruasi
  • Menstruasi memiliki masa yang lebih lama dibandingkan biasa
  • Darah mentrusasi lebih banyak dari biasa tanpa sebab seperti baru keguguran
  • Pendarahan sangat mudah terjadi, misalnya setelah berhubungan, douching,
  • Nyeri selama berhubungan s3ksual
  • Pada masa menopause, terjadi lagi pendarahan
  • Keluar cairan berlebihan, ia berwarna merah muda atau berbau busuk
  • Keputihan yang tak biasa
  • Berat badan turun drastis tanpa sebab, kehilangan nafsu makan
  • Cepat lelah atau lemah, sakit pada punggung
  • Bengkak pada kaki disertai nyeri
  • Keluar urin tau feses dari jalan lahir
  • Mudah untuk patah tulang,
  • Darah urin muncul darah atau sembelit darah dalam urin
  • Hilangnya kontrol kandung kemih (urinary incontinence)

Untuk lebih jelas, berikut kita lihat bagaimana penjelasan tiap-tiap poin di atas agar kita lebih mengerti dan memahami apa yang sedang terjadi.

1. Flek diluar masa menstruasi

Fleks ringan yang terjadi tanpa alasan pada wanita memang harus di curigai. Memang benar bahwa flek beleum tentu tanda kanker karena ada flek atau pendarahan ringan akibat akan keguguran, badan kurang fit, menggunakan alat kontrasepsi, dan lain-lain. Namun setiap ada pendarahan ringan yang terjadi karena bukan ada alasan itu, sebaiknya dicurigai sebagai gejala kanker serviks sehingga segera memeriksanya.

2. Menstruasi Lebih Panjang

Selanjutnya, gejala kanker serviks adalah terjadi menstruasi dalam durasi yang lebih panjang. Biasanya menstruasi hanya 5-7 hari, jika anda memiliki periode seperti itu dan kini durasinya lebih panjang seperti 8 hari atau 10 maka itu adalah salah satu pendarahan tidak normal dan bisa saja akibat ciri ciri kanker serviks.

Lihat juga: Gejala kanker tenggorokan

3. Darah Menstruasi Lebih Banyak Tanpa alasan yang Jelas

Bila terjadi pendarahan yang banyak tanpa ada alasan, bukan karena keguguran atau hal lain. Pendarahan banyak ini terjadi karena ada perubahan pada lapisan dinding rahim. Maka ini bisa di akibatkan karena terjadinya pertumbuhan sel kanker serbiks, walaupun belum tentu, namun anda sudah harus memeriksanya saat itu.

4. Mudah terjadi pendarahan

Jika perubahan pada mulut rahim atau dinding rahim terjadi karena sel kanker maka dinding itu sangat rapuh dan mudah berdarah. Sentuhan biasa saja membuat seseorang berdarah seperti sentuhan hubungan seks. Maka ini juga patut untuk di curigai.

5. Nyeri selama berhubungan s3ks

Nah, jika lapisan rahim terasa nyeri bisa saja itu akibat ia mulai ganas karen sel kanker. Artinya, dinding rahim menjadi lebih sensitif sehingga mudah menimbulkan rasa nyeri.

6. Pendarahan padca menopause

Pada wanita yang sudah masa menopause, bila terjadi pendarahan pada wahim, maka sangat besar kemungkinannya akibat pertumbuhan sel kanker. Masa menopause adalah masa di mana wanita tidak lagi memiliki darah haidh.

Baca juga: Penyebab kanker tulang

7. Keputihan yang tak biasa

Ini biasa terjadi pada wanita, namun bila terjadinya dalam jumlah banyak dan terus menerus, ini harus di waspadai. Keputihan adalah cairan yang keluar dari jalan lahir yang bukan darah, ia bisa berupa lendir-lendir, atau nanah yang bercampur darah.

8. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan juga menjadi salah satu gejala dan ciri ciri kanker serviks. Semua jenis kanker mengakibatkan seseorang kehilangan nafsu makan, namun tidak semua bentuk kehilangan nafsu makan adalah akibat kanker. Jadi, ini perlu di waspadai jika kejadiannya berbaringan dengan gejala lainnya.

9. Berat badan menurun secara drastis

Ini bukan hanya gejala kanker serviks, chahexia atau badan kurus juga bisa mengakibatkan menurunnya berat badan secara drastis. Jadi, gejala ini bisa terjadi pada kanker apa saja, bukan hanya pada kanker serviks.

Baca: Ciri ciri kanker otak

10. Nyeri atau bengkak kaki

Selanjutnya, ciri ciri kanker serviks adalah bengkak di daerah paha. Pembengkakan pada kaki adalah gejala kanker jika sel kanker sudah menjalar ke kelenjar getah bening pada lipat paha seseorang. Ini tidak hanya nyeri namun juga mengalami pembengkakan. Pembengkakan terjadi akibat terhambatnya aliran getah bening atau limfatik. Sementara itu, ada juga kasus pembengkakan paha terjadi akibat gagal ginjal. Jika anda tidak mengalami gagal ginjal maka besar kemungkinan itu adalah akibat kanker serviks.