BERBAGI
Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak

Gejala Kanker Otak – Kanker otak adalah tumor ganas yang menyerang otak. Ini adalah penyakit yang mematikan jika tidak di deteksi sejak dini. karena, parahnya lagi seseorang tidak mengetahui jika dirinya mengalami kanker otak pada tahap awal. Pasa fase awal terjadinya, kanker atau tumor otak tidak menunjukkan gejala yang berarti sehingga seseorang kadang tidak mengetahui bahwa diri sedang dalam bahaya.

Maka, terasa sangat penting bagi semuanya untuk mengetahui gejala kanker otak agar segera bisa melakukan langkah preventif. Berdasarkan penelitian yang di lakukan di Department Oncology, BSMMU, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University, di bangladesh mengatakan bahwa kanker otak memiliki 16 gejala. Berikut kita lihat gejala dan ciri ciri kanker otak atau tumor ganas pada otak.

Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak

1. Sakit Kepala

Salah satu gejala kanker otak adalah mengalami sakit kepala pada awalnya. 38 orang dari 50 orang yang mengalami sakit kanker menunjukkan bahwa mereka mengalami sakit kepala sebelum benar-benar menderita kanker. Namun, sakit kepala yang kebanyakan di alami orang kemungkinan besar bukanlah kanker melainkan sakit kepala biasa.

Baca: Gejala Kanker Usus

Bagaimana besarnya potensi ciri kanker otak dengan sakit kepala? Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa dari 4000 anak yang menderita sakit kepala satu diantaranya akibat kanker otak. Elizabeth Cohen, When a headache really is a brain tumor, 7 April 2011. Diakses 03 November 2014)). Lantas, bagaimana mengetahui ciri ciri sakit kepala yang mengindikasikan kanker otak.

a. Sakit kepala ini baru dirasakan. Anda mungkin pernah mengalami sakit kepala, namun kali ini berbeda dengan sebelumnya. Maka, anda harus mewaspadainya, karena bisa jadi sakit kelapa ini adalah bagian dari gejala kanker otak.

b. Sakit kepala di iringi oleh gejala lain. Bila sakit kepala anda di iringi dengan gejala lain anda patut mewaspadainya. Alasannya adalah sakit kepala yang di jadikan gejala kanker tidak berdiri sendiri, pasti ada kaitannya dengan hal lain. Biasanya, hal yang mengiringi sakit kepala gejala kanker adalah mual, pusing, dan muntah. Bahkan ada juga yang di iringi oleh kejang, sulit berbicara dan mata menjadi kabur.

c. Sakit kepala terjadi ketika bangun padi dan di sertai dengan muntah-muntah. Jika sakit kepala jenis ini hanya terjadi di pagi hari dan membaik di siang hari, maka ini adalah sakit kepala sebagai ciri-ciri kanker otak atau tumor ganas.

d. Sakit kepala semakin parah. Jika sakit kepala yang anda derita semakin sakit dari hari kehari, bulan ke bulan, maka periksalah. Bisa jadi ini adalah kanker otak atau tumor ganas sedang mengintai anda.

Baca juga: Gejala kanker tenggorokan

Cara Diagnosa:

Melakukan tes TC Scan untuk mengetahui apakah benar mengindap penyakit tumor atau tidak. dan,

MRI tes yaitu tes yang dilakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana kerusakan yang terjadi pada otak anda.

2. Terjadi Perubahan Mental

Selanjutnya, ciri ciri kanker otak adalah perubahan mental. Setelah di teliti dari 50 penderita kanker otak, didapati 38 orang mengalami mengalami penurunan mental secara drastis. Ini terjadi akibat kinerja otak tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Ciri ciri perubahan mental akibat tumor otak:

  • Kehilangan memori otak
  • Konsentrasi jadi terganggu
  • Perubahan kepribadian
  • Nalar tidak lagi sehat atau bermasalah
  • Meningkatnya frekuensi tidur

Nah, setelah mengetahui ciri ciri perubahan mental sebagai tanda tumor otak, maka bila anda merasakan adanya perubahan mental yang di sertai dengan salah satu tanda ini, segera lakukan cek up untuk informasi akuratnya.

3. Mengalami muntah-muntah

Selanjutnya gejala gejala kanker otak adalah muntah muntah terutama terjadi di pagi hari tanpa ada sebab atau mual. Muntah sama juga dengan sakit kepala, dimana keduanya bisa beragam sehingga ketika anda muntah itu belum tentu gejala kanker otak. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui karakteristik muntah yang anda alami selama ini. Anda akan membedakan antara muntah biasa dengan muntah ciri ciri kanker otak.

Berikut ciri ciri muntah yang menjadi gejala dan ciri ciri kanker otak.

  • Terjadi secara tiba-tiba
  • Cairan muntah tidak normal, namun agak berwarna hijau
  • Muntah terjadi ketika sedang sakit kepala

4. Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan juga menjadi salah satu gejala kanker otak. Namun gangguan penglihatan ini memiliki ciri ciri yang harus di pahami. Berikut ciri cirinya:

  • Melihat lampu seakan-akan lampu itu berkedip kedip
  • Penglihatan menjadi samar-samar atau kabur
  • Hanya bisa melihat lurus ke depan
  • Sering kehilangan teks ketika membaca
  • Gangguan lain yang tidak lazim terjadi pada orang sakit mata
  • Gangguan penglihatan ini nampak karena gangguan saraf mata. Namun ini juga tergantung pada lokasi kanker tersebut berada

5. Sulit bergerak

Sulit bergerak menjadi gejala lain terhadap tumor otak ganas atau kanker otak. Penelitian menunjukkan bahwa 21 orang dari 50 penderita kanker otak mengalami kesulitan bergerak. Ini artinya 42% diantara mereka mengalami gejala yang disebut dengan sulit bergerak.

Salah satu fungsi otak adalah menggerakkan tubuh, tumor atau kanker otak akan membatasi otak sehingga tidak bisa memerintahkan tubuh untuk bergerak. Artinya, seseorang yang mengalami tumor ia akan mengalami kesulitan menggerakkan tubuhnya, berjalan tidak seimbang, berjalan perlu bersanding di dinding, sering tersandung, dan sulit berkoordinasi ketika bergerak. Kesulitan ini terjadi akibat rusaknya saraf otak yang berungsi untuk emobilisasi gerak.

6. Kejang-Kejang

Selanjutnya, gejala kanker otak adalah kejang-kejang. Sangat penderita kanker otak pernah mengalami kejang-kejang. Dari 50 orang di teliti dikabarkan mengalami kejang-kejang hingga 21 orang. Ini terjadi aktivitas otak yang bertugas untuk memobilisasi tubuh tidak berjalan dengan normal. Berikut ciri ciri kejang-kejang yang merupakan gejala kanker otak.

  • Serangan kejang terjadi secara mendadak
  • Kehilangan kesadaran
  • Kehilangan kontrol tubuh
  • Mengigit lidah
  • Tidak bernafas dalam jangka pendek seperti 30 detik
  • Tubuh biru kehitaman
  • Lamanya kejang 2 hingga 3 menit
  • Setelah mengalami kantuk, bingung, sakit kepala, kelemahan, sakit otot, dan mati rasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here