10 Gejala dan Ciri Ciri Kanker Mulut

10 Gejala dan Ciri Ciri Kanker Mulut

Posted on

Ciri Ciri Kanker Mulut – Kanker bisa tumbuh dimana saja bahkan pada bagian mulut juga bisa muncul. Kanker mulut adalah kanker yang muncul di permukaan mulut dan menutupi bagian lidah dan bibir. Kanker ini akan terus berkembng dan menjalar ketempat lain jik tidak di tangani dengan baik.

Kanker mulut terjadi akibat gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol dan merokok dalam jumlah yang berlebihan. Gaya hidup di Eropa dan Amerika misalnya, mereka setiap hari menenggak alkohol dan merokok. Kondisi seperti ini bisa memicu munculnya knker mulut. Kanker mulut biasa diperdapatkan pada mereka yamng yang berusia 40 tahun ke atas. Berikut kita lihat dan mengenali gejala dan ciri ciri kanker mulut.

Baca juga: Makanan Pencegahan Kanker

Ciri Ciri Kanker Mulut

1. Sariawan yang tak kunjung tumbuh

Sariawan atau bibir pecah biasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya sariawan ini akan sembuh dalam beberapa hari atau seminggu. Namun bila terjadi sariawan yang tak kunjung sembuh, ini patut diwaspadai kadang ini bukanlah sariawan yang biasa, namun gejala awal kanker mulut.

2. Munculnya bercak putih atau merah pada bibir atau mulut

Selanjutnya, gejala kanker mulut adalah adnya perubahan warna pada mulut atau lidah seperti bercak putih, merah. Jadi, jika gejela ini berlangsung lama sebaiknya melakukan pemerksaan ke dokter untuk mengetahui dengan jelas tanda tersebut.

3. Mulut dan Bibir Terasa Nyeri

Ciri ciri kanker mulut selanjutnya adalah muncul rasa nyeri di sekitar mulut atau bibir. Nyeri yang berlangsung lama dan disertai dengan benjolan atau bercak merah perlu di waspadai karena kemungkinan besar itu adalah tanda kanker mulut.

4. Terjadinya pendarahan pada mulut

Selanjutnya, gejala awal kanker mulut adalah munculnya pendarahan pada mulut. Jika anda mengalami hal tak wajar ini segeralah melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan atau check up sangat penting agar masalah apapun bisa di atasi sejak awal dan dengan baik.

5. Kehilangan gigi

Jika mengalami masalah gigi seperti kehilangan gigi secara terus menerus, anda perlu mewaspadai masalah ini karena bukan tidak mungkin ini adalah salah satu gejala dan ciri ciri kanker mulut. Ketika sel kanker menjalar ke seluruh bagian mulut maka bisa saja gigi juga ikut tercabut.

6. Suara berubah menjadi serak dalam waktu lama

Perubahan suara menjadi serak sering kita alami ketika sedang sakit tenggorokan. Namun, serak ini akan hilang seiring dengan sembuhnya masalah tenggorokan. Namun ada juga jenis serak yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama. Serak jenis ini bisa saja menjadi salah satu gejala awal kanker mulut. Kekhawatiran terhadap mengindap kanker perlu segera di cari kejelasannya. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

7. Munculnya benjolan pada leher

Benjolan yang muncul pada leher tidak boleh di abaikan. Bisa saja ini ciri ciri kanker mulut yang harus di waspadai. Bila itu muncul akibat kanker maka proses terjadinya adalah akibat menyebarnya sel kanker pada tenggorokan sehingga muncul benjolan di leher.

Baca juga: Benjolan di Ketiak, Benjolan di payudara

8. Nyeri ketika menelan

Nyeri ketika menelan ini bukan nyeri biasa yang di alami penderita sariawan atau sakit tenggorokan. Namun rasa nyeri ini berlangsung lama bahkan dari kehari terasa semakin sakit. Segera lakukan pemeriksaan untuk menghindari gejala yang tak di inginkan.

9. Sulit memakai gigi palsu

Ciri ciri kanker mulut lainnya adalah muncul kesulitan ketika memakai gigi palsu. Orang lanjut usia atau pemakai gigi palsu lainnya akan terasa sulit dan sakit ketika akan menggunakan gigi palsu. Ini termasuk salah satu gejala kanker mulut juga. Maka jika anda mengalami hal itu segera konsultasi ke dokter untuk menemukan sebuah kepastian.

10. Nyeri pada Telinga

Nyeri telinga juga dikatakan sebagai salah satu gejala kanker mulut yang harus di waspadai. Nyeri yang muncul adalah akibat sel kanker sudah menjalar dari mulut ke bgian telinga sehingga rasa nyeri pada telinga muncul. Namun, jika anda mengalami nyeri pada telinga belum tentu itu gejala kanker, karena bisa juga penyakit telinga lainnya. Maka periksalah kondisi kesehatan anda.

Cara Mencegah Kanker Mulut

  • Hindari mengkonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Kurangi merokok, atau berhenti secara total. Rokok adalah racun yang membunuh perlahan dan menjadi salah satu penyebab kanker mulut.
  • Gosok gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan mulut sehingga terjadi infeksi tak di inginkan yang kadang bisa berubah menjadi kanker
  • Jika dalam keluarga anda ada yang mengalami kanker, maka anda patut mewaspadai jika menemukan gejela-gejala seperti di atas
  • Olahraga secara teratur. Olahraga akan menjaga kesehatan kita bahkan menajuhkan kita dari kanker.

Selain olahraga, konsumsilah makanan sehat terutama yang kaya antioksidan. diantaranya adlah kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun gelap, teh hijau, serta bawang putih. Hindari makanan penyebab kanker juga termasuk cara efektif mencegah diri dari penyakit berbahaya ini.