Fungsi Vitamin D bagi Kesehatan

5 Manfaat dan Fungsi Vitamin D bagi Kesehatan

Posted on

Vitamin A, C, B, E, vitamin K dan Vitamin D memiliki fungsi yang sangat signifikan bagi tubuh. Sebagian besar vitamin ini di temukan dalam makanan seperti buah dan sayuran. Vitamin D adalah salah satu vitamin yang sangat penting utnuk tubuh, dan pada kesempatan ini kita akan melihat fungsi vitamin D bagi kesehatan tubuh.

Manfaat vitamin D secara umum dan lumrh di ketahui adalah untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat. Diantara makanan yang menjadi sumber utama vitamin D adalah ikan tuna, biji bunga matahari, brokoli, minyak ikan, tomat, dan beberpa sayuran hijau lainnya. Selain dari makanan, vitamin D juga di temukan dari sinar matahari pagi, itulah sebabnya sangat penting untuk menjemur anak atau batita di di pagi hari, namun jangan sampai menjemur mereka di atas jam 8 pagi karena berbahaya untuk kulit mereka.

Ok, berikut kita lihat lebih lanjut manfaat dan fungsi vitamin D bagi kesehatan.

Fungsi Vitamin D bagi Kesehatan

1. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang menakutkan di alam ini bagi wanita, maka wanita harus berhati-hati terhadap kesehatannya agar mahkota tubuhnya yang menjadi daya tarik ini rusak atau hilang. Nah, untuk menghindari ini wanita harus mengetahui banyak tentang kanker payudara dan cara pencegahannya. Salah satu cara mencegah terjadinya kanker ini adalah dengan mendapatkan banyak vitamin D.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa vitamin D adalah zat yang bisa mencegah penggandaann sel kanker payudara dan menurunkan resiko terhadap serangan kanker ini. Vitamin D banyak di temukan pada buah buahan dan sayuran hijau, and abisa membelinya di pasar tradisional dan pasar sayur modern seperti supermarket. Selain itu, ada juga suplemen vitamin D yang bisa anda dapatkan di apotik namun anda harus berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum mengkonsumsinya.

Baca juga: Makanan Tinggi Vitamin K

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kenapa vitamin D begitu bermanfaat? Ini berkat adanya kandungan molekul aktif yang di namakan dengan kalsitriol. Melekul ini berfungsi untuk metabolisme tubuh dan mambantu penyerapan kalsium kedalam otot dan tulang. Manfaat lain dari melekul ini adalah sebagai immuno modulator yang baik untuk kekebalan tubuh manusia.

Jadi, untuk mencegah penyakit dan menjaga tubuh tetap fit, alangkah baiknya anda mengkonsumsi makanan yang tinggi vitamin D seperti buah buahan dan sayuran hijau. Beberapa penyakit yang bisa di cegah langsung oleh vitamin D adalah penyakit ringan seperti pilek, flu, sakit kepala dan masuka angin.

Baca juga: Makanan tinggi vitamin B kompleks

3. Obat bagi penyakit osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit akibat lapisan mineral pada tulang tidak terbentuk dengan baik dan normal. Tukang yang terbentuk tanpa lapisan ini akan mudah mengalami kerusakan karena tidak kuat. Nah, jika terjadi kecelakaan maka tulang akan rawan patah dan retak. Biasanya penyakit Osteomalacia diderita oleh mereka yang sudah dewasa dan lanjut usianya.

Salah satu cara mengobati penyakit Osteomalacia adalah dengan mengkonsumsi banyak suplemen vitamin d atas petunjuk dokter. Maka, berkonsultasi dengan dokter adalah jalan tepat untuk masalah ini.

4. Meremajakan kulit

Selanjutnya, fungsi vitamin D adalah untuk meremajakan sel kulit sehingga anda nampak awet muda. Maka, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti telur, ikan, margarin.Sementara untuk mencegah gangguan pada kulit sangat dibutuhkan vitamin D2 dan D3.

Maka, dalam memilik produk kecantikan juga harus mempertimbangkan kandungannya terutama yang mengandung vitamin D-nya. Menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin D bisa menjaga kesehatan kulit dan membuatnya menjadi indah serta bebas dari kulit kusam dan kerut.

5. Mencegah osteoporosis pada manula

Fungsi vitamin D selanjutnya adalah untuk mereka yang manula atau berusia lanjut. Manfaat vitamin D untuk manula sagat penting sekali karena mineral dalam tubuh mereka menurun. Memberikan asupan vitamin D secara kontinue sangat perlu untuk menjaga kesehatan mereka tetap baik. Selain memberikan suplemen dan makanan yang mengandung vitamin D, manula juga penting mendapatkan sinar matahari pagi hari.

Asupan vitamin D yang tinggi bagi manula menjadi pendukung bagi aktivitas mereka di usia senja dan diharapkan mereka bisa beraktivitas dengan baik dimasa usia yang lanjut.

Baca juga: Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan

Sumber Sumber Vitamin D

  • Ikan berlemak seperti tuna, salmon dan mackarel
  • Jus jeruk dan susu
  • Susu Kedelai alami tanpa mengawet
  • Hati sapi atau lembu
  • Sereal
  • Kuning telur kampung, hindari telur yang di perlihara dengan bahan kimia
  • Keju

Itulah beberapa manfaat dan fungsi vitamin D untuk kesehatan, semoga menjadi tambahan ilmu bagi semuanya dan memulai hari dengan sehat untuk mendaparkan tubuh yang sennatiasa sehat. Kami juga sudah menyebutkan beberapa sumber vitamin D untuk memudahkan pengunjung setia tanyoe.com mendapatkan makanan kaya vitamin D.