fungsi usus besar

Kali ini tanyoe.com akan mengulas fungsi salah satu organ kita yaitu fungsi usus besar atau colon. Organ ini memegang pernanan penting dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Sungguh Allah telah menjadikan setiap organ dan bagian tubuh ini memiliki fungsi tersendiri. Berikut kita simak manfaat dan fungsi organ usus besar.

Mengetahui Bagian Bagian Usus Besar

Sebelum kta beranjak untuk mengenal fungsi usus besar mari kita lihat dulu apa saja bagian-bagian dari usus tersebut. Walaupun ukurannya besar sesuai namanya, namun usus besar lebih pendek ukurannya. Berdasarkan Cleveland Clinic usus besar hanya berukuran 1.8 meter. Ini jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan usus kecil yang panjangny mencapai 6.7 meter. Berikut kita lihat bagian-bagian usus besar.

Baca juga: Sakit Dibawah Perut

1. Kolon Asenden

Namnya kolon asenden yang berrti usus besar yang menanjak, ini adalah bagin paling besar dari susu makhluk.Ia terletak dalam perut bagin kanan dibawah yang berkhir dengan ujungnya di samping hati. Kolon asenden ini memiliki fungsi sebagai penyerap nutrisi dan air, kemudian baru melewati usus halus.

2. Caecum (Sekum)

Sekum adalah bagin antara usus jecil dan usu besar, pada bagian organ ini terdpai umbai seperti cacing, selain bermanfat untuk menyerap sisa air dan garam, ia juga memiliki katup yang berfungsi sebagai pengendali jumlah makanan yang masuk kedalam usus besar. Ketika makanan masuk kedalam sekum, kemudian akan diteruskan kedalam kolon.

3. Kolon Transversum

Transversum adalah susu besar yang letaknya melintang dari kanan ke kiri disebut juga dengan horizontal. Bagian ini masi berkaitan dengan kolon asenden. Kolon transversum adalah bagian usus besar yang keadaanya langsung menempel dengan perut, ia direkatkan dengan jaringan omentum.

4. Kolon Desenden

Kalau asenden menanjak, maka kolon desenden adalah usus besar yang menurun. Mah, ketika kita makan dan makanan masuk ke kolon transversum maka kemudian akan masuk ke kolon desenden disebelah kiri perut. Kolon ini berfungsi untuk menampung feses sebelum kemudian di alirkan atau di teruskan ke rektum.

5. Kolon Digmoid

Ada juga bagian usus besar yang disebut dengan sismoid. Ini adalah terusan dari kolon desenden yang bentuknya seperti angka S. pada usus besar yang ukurannya pendek terjadi konstraksi kuat agar feses yang ada dalam desenden bisa di teruskan ke anus dan dibuang.

Baca juga: Gejala Kanker Usus

6. Rektum

Yang terakhir adalah rektum, ini bagian ujung dari susu besar. Rektum di lapisi dengan mukosa dan pembuluh darah, tak hanya ini organ komplek ini juga di lapisi dengan saraf yang terhubung dan berkaitan dengan otak. Inilah yang membuat seseorang terkontraksi ketika membuang air besar. Ketika terjadi konstraksi, langsung rasaf memerintah otak untuk membuang feses tersebut.

Melihat Lebih Jauh Tentang Fungsi Usus Besar

Usus besar memiliki proses dan tugas, berdasarkan Cleveland Clinic, usus besar berproses setiap 36 jam sekali. Secaar umum proses tersebut bisa di liaht berikut ini.

Ketika kita makan, maka cairan dan garam dalam makanan akan disisihkan selagi makanan itu berjalan ke usus besar. Limbah makanan ini kemudian akan disimpan di kolon sigmoid dan akan disimpan sementara disana.

Fungsi Usus Besar Yang paling Utama adalah:

  • Mengambil sisa makanan yang tidak di serap oleh usus halu,
  • Melakukan penyerapan terhadap air,
  • Menjadi tempat kediaman bakteri baik yang menghasilkan vitamin K atau B,
  • Mencegah infeksi dan menurunkan tingkat ke asaman,
  • menguatkan kekebalan tubuh,
  • Mendaur ulang berbagai nutrisi,
  • Mengeluarkan cl- dan K+,
  • Fungsi lain adalah membuat feses menjadi padat

Cara Menjaga Agar Fungsi Usus Besar Tetap Bagus

Nah, setelah kita mengetahui fungsi usus besar, kita perlu menjaga kesehatan usus besar agar ia tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dr. Ajay Goel dari Baylor University Medical Center, mengatakan bahwa cara menjaga usus besar adalah dengan mengkonsumsi makanan banyak mengandung kunyit dan omega 3. Kedua zat ini bisa mencegah peradangan kronis. Selain itu, agar terhindar dari kanker usus besar kita juga di sarankan untuk mengkonsumsi vitamin B6.