Home News 23 Fungsi Baking Powder Selain untuk Kue

23 Fungsi Baking Powder Selain untuk Kue

429
SHARE
Fungsi Baking Powder

Fungsi Baking Powder – Secara umum orang hanya mengenal baking powder sebagai bahan pembuatan kue. Ia digunakan untuk mengembangkan kue seperti bolu, brownis dan lain-lain. Padahal, baking powder tidak hanya berguna sebagai bahan untuk kue saja namun juga besar manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Baking powder hampir sama dengan baking soda namun memiliki perbedaan. Kalau baking powder adalah campuran antara baking soda (sodium bikarbonat) dengan cream of tartar dan zat pati. Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Baking powder dan baking soda, selain bentuknya hampir sama, fungsi baking powder juga saling menggantikan dengan baking soda.

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Ada hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin menggantikan baking powder dengan baking soda atau sebaliknya. Dari segi rasa baking powder memiliki rasa yang netral dan tidak pahit beda dengan baking soda, rasanya cendrung pahit jika dalam pembuatan kue tidak asa bahan yang asam.

Baking powder mempunyai dua jenis. Ada yang sekali mengembang (single acting) dan ada yang dua kali mengembang (double acting). Baking powder single acting ia hanya memiliki sekali pengembangan yaitu ketika dibuat adonan. Maka, jika anda menggunakan baking powder ini anda harus segera memanggang kue yang sudah menjadi adonan. Sementara baking powder double acting bisa aktif dan mengembang dua kali yaitu ketika membuat adonan dan sekali lagi ketika memanggang adonan.

Fungsi Baking Powder Untuk Kue

Fungsi dan manfaat baking powder sesuai dengan tujuan pembuatannya yaitu untuk kue. Ia berfungsi untuk mengembangkan kue sehingga memiliki bentuk yang indah serta tekstur yang lembut.

Baking powder mengandung sodium bikarbonat yang akan bereaksi dengan kelembaban dan panas. Ketka bereaksi, baking powder menghasilkan karbondioksida dan inilah yang membuat kue mengembang. Untuk mendapatkan fungsi baking powder yang bagus, maka penggunaannya dalam adonan kue tidak boleh banyak. Biasanya jika tepung terigunya 1/2 kg maka baking powdernya hanya perlu 1/2 sendok teh.

Selain bermanfaat untuk pembuatan kue, ternyata baking powder juga bermanfaat untuk hal-hal lainnya seperti membersihkan noda, memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan lain-lain. Berikut kita lihat manfaat baking powder selain untuk kue.

Manfaat dan Fungsi Baking Powder Selain untuk Kue

1. Membersihkan buah dan sayur

Buah san sayuran adalah makanan sehat yang harus kita makan. Namun, sekarang buah dan sayuran hampir tidak ada yang tidak terkena pestisida sehingga tidak baik untuk dimakan. Jika anda ingin buah dan sayuran yang anda beli sehat dan bersih dari pestisida, satu-satunya cara adalah membersihkannya dengan baking powder. Fungsi baking powder adalah membersihkan permukaan sayuran dan buah hingga bebas pestisida. Caranya adalah melumuri buah dengan baking powder dan mengusapnya hingga merata, kemudian membasuk pada air hingga bersih. Cara akan membuat buah anda bersih dan steril dari bakteri yang mungkin melekat pada buah.

2. Menghilangkan Kerak pada alat dapur

Alat dapur seperti sendok, wajan, kompor dan lain-lain sering kali mengerak. Anda bisa membersihkan kerak ini dengan mudah menggunakan baking powder. Gunakan baking powder dan gosok-gosokkan peralatan dapur anda. Kemudian baru bersihkan dengan air. Semua noda akan bersih dari waja, sendok atau kompor anda.

3. Memberikan kesegaran pada bunga dalam Vas

Anda yang biasa menampilkan keindahan ruangan dengan bunga dalam vas. Mungkin masalah yang anda dapatka adalah buga tersebut cepa layu sehingga hilang kesegarannya. Kalau itu yang anda rasakan, anda bisa menggnakan baking powder dalam vas bunga tersebut sehingga kesegaran bunga lebih lama.

4. Menghilangkan noda kuning pada baju

Selanjutnya, fungsi baking powder adalah menghilangkan dan menyingkirkan noda kuning pada baju. Kalau baju anda berubah warna dari putih menjadi kuning seperti pada ketiak, jangan khawatir karena ada baking powder. Taburkan baking powder pada area yang kuning dan rendam dalam air. Kemudian kucek sedik, insya Allah baju anda bersih dan putih kembali.

Baca juga: Menghilangkan Ketombe

5. Membersihkan noda pada sepatu

Noda pada sepatu sangat mudah lengket sehingga sepatu baru nampak tua, lebih lagi kalau sepatu anda warnanya putih. Kalau anda mengalami hal ini segera bertindak dengan baking powder. Larutkan baking powder dalam wadah, gunakan sikat gigi bekas dan gosok perlahan pada bagian sepatu yang bernoda. Maka sepatu anda akan bersih kembali seperti baru.

6. Memutihkan Gigi

Ternyata fungsi baking powder juga bagus untuk memutihkan gigi kuning. Apakah gigi anda kuning? jangan malu-malu karena kita bisa menghilangkan warna emas pada gigi dengan baking powder. Caranya sangat mudah, ambil baking powder dan gunakan pada skat gigi, gosok gigi pelan-pelan hingga bersih dan putih. Kalau tidak berhasil dalam sekali gosok, cukupkan dulu, dan lanjutkan 3 hari kemudian. Ini untuk menjaga agar enamel gigi tidak rusak. Setelah beberapa kali menggnakannya insya Allah gigi anda putih bercahaya.

Baca: Memutihkan gigi dengan baking soda

7. Menghilangkan bau amis

Manfaat baking powder selanjutnya adalah menghilangkan bau amis akibat ikan. Kalau anda baru saja memegang ikan atau menyisirnya dan tangan anda bau. Gunakan saja baking powder untuk menghilangkan bau ini.

8. Mengurangi bau mulut

Urusan bau mulut sangat menjengkelkan apalagi kalau anda sedang bercerita dengan teman atau dengan kekasih pujaan hat. Tapi anda tak perlu khawatir, gunakan saja baking powder. Caranya sangat gampang yaitu dengan melarutkan baking powder dalam wadah, gunakan air ini untuk berkumur-kumur selama 30 detik.

Selain manfaat baking powder untuk hal seperti diatas. Baking powder memiliki fungsi lain sebagai berikut:

  1. Menghilangkan bau sepatu
  2. Mengusir hama
  3. Mempermudah mengupas telur
  4. Berfungsi untuk mengatasi jerawat
  5. Memutihkan kulit
  6. Membersihkan kulit
  7. Menjaga wajah dari kelebihan minyak
  8. Memudarkan flek hitam pada kulit
  9. Membersihkan ketiak hitam
  10. Menghilangkan sel kulit mati
  11. Memutihkan dan membersihkan kuku
  12. Fungsi baking powder untuk scrub alami
  13. Mengatasi dan menghilangkan ketombe
  14. Menyembuhkan ruam dan gatal pada kulit
  15. Mengobati rambut berminyak

Itulah beberapa fungsi baking powder selain untuk pembuatan kue. Selain manfaat diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan fungsi lain dari baking powder. Semoga info ini bermafaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here