Home News 6 Fungsi Asam Mefenamat untuk Menghilangkan Nyeri

6 Fungsi Asam Mefenamat untuk Menghilangkan Nyeri

70
SHARE
fungsi asam mefenamat

Asam mefenamat adalah obat penghilang rasa nyeri yang biasa di berikan dokter gigi kepada anda yang mengalami nyeri sakit gigi. Fungsi asam mefenamat yang paling umum adalah menghilangkan nyeri akibat berbagai sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan lain-lain.

Apa itu Asam Mefenamat?

Asam mefenamat adalah obat anti peradangan non steroid yang menghambat sintesa prostaglandin dalam tubuh dengan cara mencegah dan menghambat enzim cyclooxygenase. Obat ini mengandung anti peradangan, anti nyeri dan menyembuhkan demam. Dalam bahasa ilmu kimia asam ini mempunyai melekul dengan rumus C15H15NO2 dan nama kimia N-(2,3-Xylyl) anthranilic acid. Berikut kita lihat apa saja manfaat asam mefenamat bagi kesehatan.

Fungsi Asam Mefenamat bagi Kesehatan

1. Menghilangkan nyeri sakit gigi

Salah satu fungsi asam mefenamat adalah menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi. Sakit gigi bisa terjadi karena karang gigi, gusi bengkak, gigi berlubang atau penyakit rahang. Ini adalah gejala kesehatan namun bisa juga menjadi penyakit yang menyakitkan. Jika anda ke dokter gigi maka akan di berikan obat penenang rasa nyeri yang bernama asam mefenamat. Baca juga:Cara menghilangkan karang gigi

2. Menghilangkan rasa nyeri sakit kepala

Nyeri di kepala bisa terjadi karena berbagai alasan. Biasa karena stres dan depresi, ini ditandai dengan gejala migrain sebelah kanan atau lainnya. Sementara nyeri sakit kepala yang lainya adalah nyeri akibat kerusakan saraf hingga terjadi kejang-kejang. Pemberian asam mefenamat bisa menenangkan kedua jenis penyakit ini. Namun, lebih disarankan untuk memberkannya pada penderita stres atau migrain.

3. Menghilangkan nyeri otot

Nyer otot adalag gejala yang sering terjadi akibat kekakuan otot. Olah raga dan bekerja keras juga menyebabkan nyeri otot karena kerusakan sel dan jaringan otot. Ada banyak obat yang bisa di berikan untuk menghilangkan nyeri tersebut seperti minyak esensial seumpama minyak kayu putih, minyak GPU dan termasuk asam mefenamat. Pemberian asam mefenamat bisa meredakan nyeri otot dan menyembuhkannya secara perlahan.

4. Menghilangkan rasa nyeri pasca operasi

Selanjutnya, manfaat dan fungsi asam mefenamat adalah menghilangkan nyeri setelah operasi. Ketika operasi dilakukan maka jaringan pada perut menjadi putus sehingga mengeluarkan prostaglandin yang menimbulkan rasa sakit. Pemberian asam mefenamat pada kasus ini akan mengurangi tingkat keuarnya zat prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit berkurang.

5. Menghilangkan nyeri menstruasi

Pada masa menstruasi wanita merasa nyeri, memang ini wajar saja. Tetapi pada sebagian orang rasa nyeri ini tak tertahankan. Sehingga tim medis memberikan asam mefenamat untuk membatasi pendarahan saat haidh sehingga menurunkan rasa nyeri.

Baca: Penyebab Muntah Darah

Namun, asam mefenamat mempengaruhi tingkat kesuburan pada wanita sehingga pemakaiannya harus sesuai dengan anjuran dokter.

6. Mengatasi rasa nyeri akibat trauma

Sama seperti ketika nyeri pasca operasi, nyeri akibat trauma juga terjadi karena terputusnya kesibambungan jaringan tubuh antara satu dengan lain sehingga di terjemahkan oleh otak sebagai rasa nyeri.

Fungsi asam mefenamat adalah membantu proses penyembuhan kejiwaan akibat trauma. memang obat fisik tidak bisa menyembuhkan psikologis tetapi pemberian obat ini juga perlu untuk membantu dan mendukung kejiwaan dan meghilangkan nyeri yang bisa muncul tiba-tiba.

Efek Samping Asam Mefenamat

Mengkonsumsi asam mefenamat akan menimbulkan efek samping apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, mereka yang mengalami masalah pada organ dalam juga bisa mengakibatkan efek sampignya. Penderita sakit ginjal, maag akut, atau tukak lambung akan memberikan efek samping jika mengkonsumsi obat asam mefenamat. Berikut beberapa efek buruk dari oabat ini.

  • Trombotik kardiovaskular
  • Mengalami tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Gagal jantung kongestif dan edema
  • Resiko ulserasi, perdarahan, dan perforasi
  • Cara mengkonsumsi Obat Asam Mefenamat

Asam mefenamat memiliki sifat mengiritasi lambung serta saluran pencernaan. Jadi, mengkonsumsinya harus di iringi dengan makanan lain seperti minum susu. Sebaiknya mengkonsumsi obat ini setelah makan untuk mencegah kontak langsung dengan lambung.

Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya kecuali atas nasehat dari dokter dan harus di lakukan dengan hati-hati. Obat ini dilarang bagi mereka yang dibawah 14 tahun.

Mengkonsumsi obat ini biasanya akan di iringi oleh efek samping seperti mual, leukopenia, sakit ulu hati, muntah, eosinofilia, agranulositopenia dan trombositepenia. Jadi, setelah mengkonsumsi asam mefenamat anda tidak boleh mengendrai kendaraan karena bisa menyebabkan kantuk, pandangan kabur, kepala pusing. Setelah minum obat ini waspadai tinja anda, jika warnanya menjadi hitam berarti ada pendarahan di lambung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here