Home Buah Buahan Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

103
0
SHARE
Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas
@cara-obat.com

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas – Mengkonsumsi buah nanas memang sangat menyegarkan dan memberikan sejumlah vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Buah nanas dengan rasa asam manis sangat enbak dinikmati ketika cuaca panas, vitamin C yang ada didalamnya juga sangat bagus untuk tubuh, tidak hanya itu sejumlah serat dan potassium sungguh memberikan kebutuhan tubuh secara komplit.

Tetapi bagi anda yang doyan makan buah nanas, ternyata mengkonsumsi nanas secara berlebihan juga bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. Terutama rasa manis buah nanas yang diyakini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah atau glukosa. Untuk lebih jelas, berikut kita simak beberapa efek samping dari makan buah nanas.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

1. Lidah Gatal

Mengkonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak ada perasaan umum yang dirasakan yaitu gatal pada lidah. Rasa gatal akibat mengkonsumsi nanas adalah efek dari adanya enzim Bromelain dalam nanas, kandungan enzim bromelain dalam nenaslah yang membuat nanas sering digunakan untuk melunakkan daging.

Untuk mengurangi enzim ini dan menghindari gatal pada lidah, biasanya orang menambahkan sedikit garam pada nanas sebelum dimakan.

2. Kelebihan vitamin C

Selanjutnya, Efek samping mengkonsumsi buah nanas adalah mendapatkan kelebihan vitamin C. Vitamin C yang lebih dalam tubuh juga akan berefek tidak baik. Biasanya kalau kandungan vitamin C berlebihan maka tubuh akan bereaksi dengan terjadinya diare, mual, sakit perut, pusing, rasa panas di dada, juga susah tidur.

Baca: Minuman dan makanan pembakar kalori

Namun, ada cara untuk mentralkan kondisi ini pada buah nanas, yaitu mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

3. Berefek dengan obat tertentu

Selanjutnya, efek samping mengkonsumsi buah nanas adalah memberikan reaksi tertentu apabila dikonsumsi bersamaan atau beriringan dengan obat lainnya, seperti antibiotik, antikoagulan, antikejang, obat penenang, benzodiazepine, pengencer darah, obat insomnia, dan tricyclic antidepressant. Hasilnya, tubuh akan mendapatkan respon masalah kesehatan. Masalahnya akan berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

4. Naiknya gula darah

Gula darah atau glukosa akan meningkat secara drastis kalau mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang banyak. Hati-hati, karena gula darah bisa saja mengakibatkan diabetes yang sangat berbahaya bagi keutuhan tubuh anda. Perasaan lemas, adalah salah satu ciri dari banyaknya gula darah atau kurangnya gula darah dalam tubuh

Itu 4 macam efek samping mengkonsumsi buah nanas yang harus di waspadai. Jadi, batasi mengkonsumsi nanas agar terhindari dari efek samping ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here