SHARE
efek duduk terlalu lama

Efek duduk terlalu lama – Duduk terlalu lama adalah sebuah aktivitas yang membahayakan kesehatan. Sudah sangat artikel yang bertebaran di dunia maya yang berkaitan dengan bahayanya duduk terlalu lama. Dalam postingan ini kita akan melihat bagaimana cara mengatasi resiko kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Tidak bisa di pungkiri bahwa gaya hidup perkotaan sangat mempengaruhi banyak orang, keadaan orang perkotaan kadang mengharuskan mereka untuk duduk terlalu lama seperti duduk di dalam bis berjam-jam akibat macet. Bisa juga duduk terlalu itu akibat pekerjaan anda mengharuskan anda untuk seperti itu, seperti pekerja kantor atau pekerja sebagai blogger.

Padahal, tahukah anda bahwa duduk terlalu lama sangat berbahaya. Diantara yang terjadi dan menimpa orang duduk terlalu lama adalah obesitas, meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, akibat dari pembentukan gumpalan, kolesterol dan sebagainya. Itu adalah beberapa penyakit berbahaya yang sering menimpa orang yang sering duduk terlalu lama.

Keadaan kesehatan yang seperti ini disebut dengan sindrome metabolik. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang duduk di meja selama lebih 4 jam mengalami kenaikan resiko kematian hingga 50%. Lebih mengerikan lagi adalah 125% mereka yang duduk lama tanpa bangun dari tempatnya mengalami kematian akibat serangan jantung.

Cara Mengetasi Efek Buruk Duduk Terlalu Lama

Jika anda salah satunya yang memiliki pekerjaan harus duduk berjam-jam di meja kerja atau meja komputer, anda berada dalam bahaya tersebut. Namun, anda bisa mencegahnya, berikut yang harus anda lakukan untuk mengindari efek duduk terlalu lama.

1. Berjalan mondar mandir saat menerima telpon.

Jika anda mencobanya, ini sangat membantu anda. Kadang ada saatnya anda harus menerima telpon dari klien atau teman anda. Tentu anda tidak menerima sambil mengetik atau menulis. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk berjalan kesana kemari.

2. Berjalan-jalan di ruangan kantor setiap 30 menit sekali.

Jangan biarkan tubuh anda duduk terlalu lama tanpa ada aktivtas bergerak dari tempat duduk. Jadi, ambil kesempatan untuk berjalan-jalan sekitar 30 menit sekali. Anda bisa berjalan keluar ruangan untuk melihat suana, berjalan ke toilet, atau bergerak untuk mengambil minuman, ini sudah sangat membantu kesehatan anda. Jika anda ingin berbicara dengan teman, usahakan untuk selalu mendatangi teman anda, jangan malas beranjak dari tempat duduk apalagi menggunakan layanan chatting. So, selalu ambil kesempatan untuk bergerak jika anda bisa.

Baca: Ciri penderita penyakit Ablasio Retina

3. Berjalan kaki saat ingin makan siang

Bisa di ruangan kantor atau anda makan di laur gedung kantor, bergeraklah untuk makan siang anda jangan pesan atau menyuruh seseorang untuk mengantarnya. Meskipun jaraknya dekat, ini sudah sangat membantu anda menghindari efek buruk duduk terlalu lama. Setidaknya anda tidak terpaku di meja kerja, dan ingat bahwa anda jangan sekali-kali mencoba makan di meja kerja karena akan membiasakan anda untuk selalu seperti itu.

4. Istirahat

Jika anda salah satu orang yang bekerja dengan duduk terlalu lama, istirahat sangat penting bagi anda. Stop kerja anda untuk sesaat dan berbaringlah di ruang santai untuk melepaskan penat anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here