Home Agama Bacaan Do’a Setelah Sholat Fardhu, Do’a dalam Tulisan Latin dan Arab

Bacaan Do’a Setelah Sholat Fardhu, Do’a dalam Tulisan Latin dan Arab

2167
Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu
sahabatyatim.com

Do’a setelah sholat fardhu – Do’a adalah bentuk penghambaan seseorang di hadapan Allah SWT. Orang yang berdo’a menandakan bahwa ia tidak sombong dan selalu butuh kepada Allah. Itulah sebabnya berdoa sangat dianjurkan dalam agama Islam. Tidak ada seorangpun yang tidak butuh kepada Allah, semua kita butuh kepada Allah, karena Allah yang memberikan rezeki dan mengatur kehidupan ini. Jika ada orang tidak mau berdo’a maka Allah akan murka kepadanya karena itu adalah bentuk sikap orang takabbur dihadapan Allah.

Berdoa’ memiliki adab-adab serta waktu tertentu yang dianggap bagus untuk berdoa, namun kita juga bisa berdo’a kapan saja kita mau karena ijabah do’a adalah rahasia Allah. Namun, diantara waktu yang baik untuk berdoa adalah setelah shalat fardhu, sepertiga malam terakhir, pada malam lailatul qadar dll.

Jadi, salah satu waktu yang bagus untuk berdo’a adalah seterlah sholat wajib. Maka seyogiyanya kita tidak meninggalkan do’a setelah sholat fardhu. Bagi anda yang belum tahu cara berdoa’a, anda bisa berdoa atau meminta apa saja pada Allah dengan bahasa anda sendiri namun yang terbaik adalah berdo’a dengan do’a yang di amalkan Rasulullah SAW. Maka pada kesempatan kali ini tanyoe.com akan berbagi bacaan doa setelah sholat fardhu.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu

Sebenarnya, doa setelah shalat bisa apa saja, namun lebih baik kita mendoakan do’a yang sesuai dengan shalat itu sendiri, seperti sholat dhuha, ada doa khusus waktu dhuha. Setelah sholat tahajud, ada doa khusus shalat tahajud dan shalat tarawih ada doa khusus shalat tarawih dsb. Begitu juga dengan wajib atau shalat fardhu ada do’a tersendiri yang baik untuk di amalkan sebagaimana doa yang di amalkan para sahabat atau yang di amalkan Rasulullah SAW.

Dalam membaca doa ada hal yang penting di perhatikan dan jangan sampai lupa. Ini adalah bacaan Pujian kepada Allah (hamdalah) dan shalawat kepada Rasulullah SAW di awal doa dan pada akhir dari doa tersebut. Berdo’alah dengan doa yang mengandung kebaikan baik didunia maupun di akhirat serta doa untuk ditetapkan iman, Islam, dan dimudahkan ketika sakaratul maut.

Berikut ini bacaan doa setelah shalat, semoga bermanfaat:

ألحمد لله رب العالمين اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

١. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

٢. اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ.

٣. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

٤. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

٥. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

٦. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

Demikianlah doa sesudah sholat secara ringkas, kami buat secara singkat agar memudahkan untuk di amalkan dan di hafal bagi gemar menghafalnya.

Bacaan Doa dengan Tulisan Latin Ringkas

1. Bismillaahirahmaanirrahiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

doa setelah sholat fardhu

Arti Doa Setelah Sholat Fardhu

Untuk lebih khusyu’ dalam berdoa tentu kita harus paham apa yang kita do’akan itu. Ini sangat penting, bagaimana kita berdoa dengan sesuatu yang kita tidak tahu. Maka bagi yang menghafal dan membaca doa di atas, berikut kami buat arti atau terjemahannya.

1. “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan sejahtera kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarganya, yang dengan rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari semua bahaya dan penyakit, dan dengan rahmat itu Engkau memberikan hajat kami, dan dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau mengangkat derajat kami disi Engkau, dan dengan rahmat itu pula Engkau menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, bahwa sesungguhnya Engkau adalah Maha Mendengar, Maha Mengetahui lagi yang menerima segala doa dan hajat”

2. Ya Allah, bahwa sesungguh kami meminta kepadaMu keselamatan pada agama dan keselamatan di dunia dan akhirat, dan kesehatan pada tubuh, ilmu yang banyak, keberkatan pada rizki, dan kami meminta taubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan keampunan setelah mati.

3. Ya Allah, mudahkan atas kami sakaratul maut, dan kelepasan dari api neraka, dan kelepasan ketika hisab kelak

4. Ya Allah, jangan Engkau beri hati kami menyimpang setelah Engkau berikan hidayah kepada kami, karunialah kepada kami rahmatMu, karena Engkau adalah Maha pemberi karunia.

5. Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangi mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sejak kecil.

6. Ya Allah, berikan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari azab neraka.