Home Penyakit Ciri Ciri Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

Ciri Ciri Sakit Ginjal dan Cara Pencegahannya

276
SHARE
ciri ciri sakit ginjal

Ciri Ciri Sakit Ginjal – Penykit ginjal adalah penyakit serius yang membutuhkan perhatian serius dan harus segera di tangani untuk mendapatkan bantuan secepatnya. Jika sakit ginjal tidak segera di obati maka penyakit ini akan susah disembuhkan. Penyakit ginjal sebenarnya sangat banyak jenisnya tergantung dengan tingkat dan penyebab yang di alaminya. Dalam artikel ini kami hanya akan membahas dua jenis penyakit ginjal saja yaitu sakit ginjal kronis dan sakit ginjal akut.

Sakit ginjal kronis memiliki gejala yang berbeda dengan sakit ginjal akut. Biasanya sakit ginjal kronis tidak begitu nyata beda dengan sakit ginjal akut yang sangat nyata dan jelas gejalanya daan penangan medis juga harus segera di berikan. Sementara sakit ginjal kronis tidak begitu membutuhkan penanganan medis namun tetap saja penyakit ginjal ini harus mendapatkan penangan yang tepat dan benar.

Ciri Ciri sakit Ginjal

Untuk lebih mengenal dan familiar dengan sakit ginjal kami sekarang akan mencoba membahas tentang ciri ciri penyakit ginjal. Berikut kita lihat bagaimana sebenarnya tanda dan ciri-ciri penyakit ginjal akut yang harus segera mendapatkan bantuan medis.

1. Air kencing lebih sedikit

Air kencing atau urin yang sedikit keluar bisa menjadi salah satu tanda penyakit ini. Biasanya uriin yang keluar berwarna keruh, lebih kehitam-hitaman atau kemerah-merahan. Untuk mendiagnosa penyakit ini dokter butuh bantuan urin untuk pemeriksaan. Jadi, bila anda mengalami masalah seperti ini anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya agar mendapatkan bantuan medis lebih dini.

2. Sering mengantuk dan melamun

Ciri penyakit ginjal akut selanjutnya adalah perasaan sering melamun dan mengantuk sehingga ketika dipanggil akan kurang merespon. Seseorang lebih sering melamun dan tidak begitu suka di ajak bicara. Masalah ini sebenarnya efek dari akumulasi racun dalam tubuh yang tidak dapat di keluarkan kedalam urin, selain itu ini juga menjadi tanda infeksi pada ginjal yang harus segera mendapat penanganan yang benar.

3. Sesak napas

Sesak adalah gejala yang sering kita temukan pada mereka yang mengalami masalah dengan jantung dan paru-paru. Namun ternyata ada juga sesak yang terjadi karena masalah pada ginjal. Biasanya sesak ini terjadi tanpa ada tanda dan terjadi secara tiba-riba bahkan dapat juga terjadi pada mereka yang tidak pernah sesak sama sekali.

4. Kaki dan tungkai membengkak

Selanjutnya, ciri ciri sakit ginjal adalah membesarnya kaki dan tungkai akibat adanya akumulasi cairan dan racun pada kaki. Pembesaran kaki ini juga terjadi karena kurangnya protein dalam darah.

5. Mual, muntah dan diare

Ini sebenarnya bukanlah merupakan ciri penyakit ginjal secara tersendiri namun bisa saja menjadi tanda jika anda mendapatkan urin yang sedikit ketika kencing. Urin yang sedikit disertai dengan muntah hebat dan mual harus di curigai sebagai penyebab sakit ginjal karena ia membuang banyak cairan dalam tubuh.

Sakit ginjal akut tidak selalu menunjukkan gejala dan ciri ciri seperti di atas. Bisa saja penyakit ginjal tidak memiliki ciri-ciri tersebut. Jadi, yang harus anda lakukan adalah menjaga asupan cairan agar selalu cukup dan terpenuhi terutama jika anda menderita diare dan muntah hebat dan adanya infeksi lain pada ginjal.

Ciri-Ciri Sakit Ginjal Kronis

Sakit ginjal kronis tidak memiliki gejala dan ciri ciri tertentu pada tahap awalnya. Pasien hanya merasakan adanya kelainan medis pada dirinya.

Setelah fase awal, selanjutnya akan di ikuti dengan tahap selanjutnya. Pada tahap ini pasien akan merasakan berbagai gejala sakit ginjal seperti kencing keruh dan berbuih, merasakan adanya tekanan saat kencing, dan di ikuti dengan volume urin yang semakin sedikit, semakin sering ingin buang air kecil dan perubahan warna pada kemihnya.

Sakit ginjal adalah penyakit berbahaya karena ginjal merupakan organ penting dalam tubuh. Ginjal memegang peranan besar dalam proses pencucian racun dari tubuh. Tubuh manusia selalu beracun yang berasal dari makanan dan minuman yang di konsumsinya. Selanjutnya, tugas ginjal menyaring dan membersihkan racun ini sehingga tubuh tetap sehat. Untuk itu sangat penting mengetahui ciri ciri sakit ginjal agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Berikut beberapa ciri sakit ginjal kronis yang harus anda tahu sejak awal.

6. Warna Kulit Semakin Gelap

Sakit ginjal kronis biasanya di awali dengan perubahan kulit yang nampak kusam dan lebih gelap serta tidak nampak segar da bercahaya. Ini adalah akibat dari penumpukan racun dalam tubuh yang tidak dapati dibuang kedalam urin oleh ginjal. Selain warna kulit yang gelap, warna kulit yang pucat juga bisa menjadi tanda penyakit ini, ini terjadi karena adanya anemia atau kekurangan sel darah merah sehingga kulit kelihatan lebih pucat.

7. Nyeri tulang

Selanjutnya, ciri ciri sakit ginjal kronis adalah nyeri tulang dan ini biasanya pada penderita ginjal yang sudah lebih parah. Tak hanya nyeri tetapi tulang juga sering rapuh dan mudah patah. Selain tulang keropos, sesak napas juga bisa terjadi pada mereka yang menderita penyakit ginjal kronis seperti yang ada pada ginjal akut. Sesak bisa terjadi secara tiba tiba tanpa ada gejala dan pengalaman sebelumnya.

8. Sering ngantuk dan sulit konsentrasi

Sulit berkonsentrasi dan sering melamun adalah gejala yang sangat umum terjadi pada penderita ginjal kronis. Kenapa hal ini terjadi? Ini adalah efek dari akumulasi racun dalam tubuh. Racun tidak bisa di buang oleh ginjal kedalam urin untuk dikeluarkan sehingga racun ini beredar dalam darah bahkan dibawa oleh darah hingga ke otak sehingga menyebabkan perasaan yang sulit untuk konsentrasi dan sering melamun dan mengantuk.

Penyebab Sakit Ginjal Secara Umum

Sakit ginjal baik kronis atau akut sama sama sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gagal ginjal. Sakit ginjal akut biasanya disebabkan oleh penyakit yang muncul secara tiba tiba dalam tubuh. Ini beda dengan ginjal kronis yang disebabkan oleh beberapa jensi kondisi medis yang berlangsung lama pada tubuh.

Beberapa penyakit dan infeksi yang menyebabkan sakit ginjal akut adalah infeksi demam berdarah dengue, leptospirosis, malaria, mengkonsumsi beberapa jenis obat, luka bakar yang parah, tersumbat saluran kemih, banyak mengkonsumsi jengkol dan petai dalam satu waktu. Selain penyebab ini ada hal yang sangat penting diketahui yaitu dehidrasi dan sering kekurangan cairan dalam tubuh terutama pada penderita diare dan muntah banyal. Jadi, anda harus mengkonsumsi air bersih dalam jumlah yang cukup yaitu 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter.

Sementara sakit ginjal kronis biasanya di sebabkan oleh penyakit yang berlangsung lama pada seseorang seperti diabetes, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan radang ginjal. Penyebab utama ginjal kronis di dunia adalah penyakit diabetes yang berlangsung lama. Jadi, hati hati dengan penyakit diabetes atau gula darah, jaga selalu kadar gula tetap pada batasan normal. Baca: cara mengontrol gula darah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here