SHARE
Ciri ciri Leukimia

Ciri ciri Leukimia memang tidak bisa di dikenali sejak awal ketika pertama kali penyakit muncul dalam tubuh. Namun sebaiknya seseorang bisa mengenal lebih awal dengan berbagai cara agar bisa segera di hambat perkembangannya. Leukimia adalah penyakit berbahaya yaitu kanker darah putih yang sulit disembuhkan. Jika seseorang dapat mengenali gejala sejak awal maka perkembngannya bisa di hambat dan memberikan harapan hidup yang lebih besar.

Jadi, hal yang paling penting di miliki seseorang adalah pengetahuan tentang penyakit keras seperti ciri ciri leukimia dan sebagainya, sehingga bisa cepat ditangani. karena penyakit bukan sesuatu yang bisa di prediksi kedatangannya maka kita perlu tahu banyak tentang dia. Seseorang bisa saja memburuk keadaannya dengan cepat ketika digerogoti penyakit, bahkan dalam hitungan hari atau minggu tak kecuali penyakit kanker darah atau leukimia. Namun ada juga penyakit yang lamban dalam perkembangannya seperti beberapa jenis penyakit kronis.

Baca juga: Manfaat Donor Darah

Gejala Penyakit Leukimia

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas bahwa leukimia bukanlah penyakit yang mudah di deteksi. Bukan tidak ada gejala, tetapi gejala yang ditimbulkan mirip dengan gejala penyakit biasa, sehingga banyak orang kecolongan. Maka, langkah tepat adalah memeriksa setiap gejala yang muncul walaupun kita menganggap itu adalah penyakit biasa.

1. Pendarahan Sulit Dihentikan

Ciri ciri leukimia pada stadium adalah di tandai gejala saat seseorang terluka dan mengeluarkan darah. Jika orang normal yang terluka dan mengeluarkan darah maka darahnya akan berhenti dengan segera. Namun jika kasus ini di alami oleh penderita kanker darah atau leukimia maka pendarahannya akan sulit untuk dihentikan. Darah terus mengalir dan sulit berhenti serta warna yang keluar tidak berwarna merah pekat melainkan merah muda.

2. Sering Mengalami Mimisan

Selanjutnya, cara mengenali gejala leukimia adalah dengan melihat kondisi penderita ketika mimisan. Biasanya seseorang yang mimisan adalah ketika suhu tubuh tinggi dan mimisan ini akan segera berhenti. Ini beda dengan kondisi penderita leukimia. Mimisan biasanya sering terjadi dan sulit untuk dihentikan pendarahannya. Selain itu, penderita akan mengalami pusing yang luarbiasa. Jika anda atau seseorang mengalami masalah kesehatan seperti itu, segera periksa ke dokter agar anda mengetahui kepastian yang anda derita.

3. Sering Mengalami Pendarahan Hebat pada Gigi dan Gusi

Selanjutnya, gejala dan ciri ciri leukimia adalah mengalami pendarahan hebat pada gusi dan gigi. Jika haliniterjadi pada orang normal biasanya terjadi karena kekurangan vitamin C dan biasanya darah cepat berhenti. Namun jika pendarahan gusi terjadi pada penderita leukimia maka darah sulit dihentikan serta warna darah merah muda. Ini terjadi karena darah sulit membeku.

4. Sering Mengalami Nyeri pada Sendi dan Tulang Belakang

Ciri ciri leukimia selanjutnya adalah penderita sering mengalami nyeri pada persendian termasuk tulang belakang yang terdiri dari banyak sendi. Ini bukan hanya nyeri tetapi bisa menyebabkan demam saking sakitnya rasa nyeri yang diderita. Rasa sakit ini terjadi di karenakan sedang ada penyerangan terhadap sel darah putih dalam tubuhnya.

Selain ini, leukimia juga menyebabkan seseorang mengalami sakit di daerah perut, ini akibat sel darah putih yang menumpuk di daerah ginjal, empedu dan hati. Keadaan ini juga disertai dengan pembengkakan tubuh dan menurunnya nafsu makan.

5. Mudah Terserang Penyakit

Selanjutnya, ciri ciri leukimia adalah melemahnya kekebalan tubuh sehingga seseorang mudah di serang penyakit. Ini terjadi karena sel darah putih tidak bisa berfungsi dengan baik atau normal. Maka, berbagai virus mudah menyerangnya. Tentu sangat mengerikan, ini baru stadium awal lhoo, bagaimana jika seseorang penderita kanker darah sudah berada pada stadium 4.

Hal mengerikan lagi adalah penyakit leukimia bisa membuat kelenjar lympa seseorang membengkak akibat dari terakumulasinya sel darah putih di area kelenjar lympa. Akibatnya, seseorang akan sulit bernapas atau dyspnea.

Ok, jika anda atau keluarga anda mengalami salah satu gejala seperti di atas, sebaiknya seghera memeriksa pada ahli atau spesialis penyakit agar segera di diberikan pertolongan terhadap leukimia.

Baca juga: Ciri Ciri Penyakit Ablasio Retina

Ciri Ciri Leukimia Pada Anak-Anak

Ciri leukimia yang kami sebutkan di atas sering di alami oleh orang dewasa, sementara anak-anak juga berpotensi leukimia dan tanda atau gejalanya bisa berbeda. Jadi, sebagai orang tua anda harus sigap dan hati hati dengan kondisi anak anda karena bisanya anak yang menderita leukimia tidak mengeluh karena gejalanya tidak begitu dirasakan. Sebagai orang tua tentu harus selalu memperhatikan perkembangan kesehatan anak. Salah satu gejala leukimia yang terjadi pada anak adalah berat badannya yang menyusut sedikit demi sedikit.

Menurunnya berat badan atau menyusut berat badan terjadi karena si anak berkurang nafsu makannya. Selain ini, gejala yang terjadi adalah kehilangan keseimbangan pada anak. Jadi, ketika anak berjalan atau berlari ia sering jatuh karena kehilangan keseimbangan tubuhnya. Gejala kanker darah atau leukimia lain pada anak adalah darah yang sukar membeku ketika ia terluka. Ini sama seperti ciri ciri leukimia pada orang dewasa.

Jenis atau Type Penyakit Leukimia (Kanker Darah)

Setelah kita tahu ciri ciri leukimia dan gejalanya kita juga harus tahu beberapa jenis leukimia yang terjadi. Secara umum penyakit leukimia tergolong kedalam 4 type. Salah satunya adalah Leukimia limfostik akut, ini biasanya terjadi pada anak-anak dan penyebabnya belum diketahui dengan pasti hingga sekarang, namun diperkirakan disebabkan oleh faktor genetik. Selanjutnya leukimia limfostik kronis, ini biasa di derita oleh mereka yang sudah berumur 45 hingga 60 tahun. Leukimia atau kanker darah jenis ini paling jinak karena perkembangannya lambat. Selanjutnya adalah leukimia mielositik akut dan kronis, ini adalah tipe leukimia yang paling berbahaya dan kronis diantara penyakit leukimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here