SHARE
ciri-ciri penyakit jantung
@satujam.com

10 Ciri-ciri penyakit jantung – Serangan jantung adalah masalah kesehatan yang sangat serius. Siapa saja bisa mengalaminya baik anak-anak, remaja bahkan orang tua. Maka, para peneliti telah melakukan berbagai penelitian untuk mengetahui tanda-tanda penyakit jantung agar bisa di tanggulangi sejak dini.

Badan kesehatan dunia WHO menegaskan bahwa penyakit jantung atau serangan jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu didunia. Hasil penelitian 2008 melaporkan bahwa 7,25 juta orang meninggal akibat serangan jantung. Dengan data tersebut tentu menjadikan penyakit jantung sebagai momok yang sangat menakutkan dan perlu di waspadai oleh setiap orang.

Baca juga: Manfaat makan jengkol

Jadi, mengetahui ciri-ciri dan gejala awal penyakit jantung sangat penting agar mudah didiagnosa dan bisa mendapatkan pertolongan lebih cepat. Berikut kita lihat beberapa ciri-ciri serangan jantung.

10 Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Mari kita melihat ciri ciri penyakit jantung dan serangan jantung. Memang keduanya berbeda karena makna penyakit jantung adalah kelemahan jantung dalam memompa darah, sementara serangan jantung adalah mengecilnya pembuluh darah sehingga menyulitkan untuk jantung dalam menerima pasokan darah. Namun demikian, antara serangan jantung dan penyakit jantung tetap ada korelasinya, dan berikut kita lihat gejala dan tanda-tandanya.

1. Sakit pada bagian kepala

Salah satu tanda penyakit jantung adalah ada rasa sakit pada bagian kepala ketika terkena sinar matahari. Ini akan memberikan denyut jantung lebih lambat atau bahkan lebih cepat. Migrain yang sering di alami wanita juga bisa menjadi salah satu tanda penyakit jantung walaupun bisa juga menjadi tanda bagi penyakit lain seperti lambung.

2. Nyeri dada

Nyeri dada yang di alami seseorang juga bisa menjadi salah satu tanda penyakit jantung. Tetapi ada juga nyeri dada yang merupakan ciri-ciri penyakit lain. Maka seseorang yang merasakan nyeri pada dada sebaiknya memeriksa kesehatannya agar bisa di pastikan apakah itu jantung atau bukan. Nyeri ini terjadi karena pembuluh darah menyempit dan tidak bisa mentrasfer makanan keseluruh tubuh.

3. Sakit pada bagian tubuh tertentu

Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu juga bisa mejadi ciri-ciri penyakit jantung. Bagi wanita biasanya akan merasakan sakit pada tangan kiri atau kanan akibat dari masalah penyumbatan arteri. Pada laki-laki mereka biasanya akan merasakan sakit pada tangan kanan, bahu, siku atau pada bagian punggung. Rasa sakit ini sewaktu-waktu bisa menurun dan kambuh.

4. Mudah merasa lelah

Rasa lelah yang tidak disertai dengan berbagai aktivitas patut di curigai. Pasalnya, rasa lelah yang terjadi tanpa sebab ini bisa menjadi tanda penyakit jantung. Maka, jika anda merasakan hal ini sebaiknya segara memeriksa kedokter.

5. Merasakan mual

Mual juga menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung. Periksa diri anda kalau sewaktu-waktu anda merasakan mual.

6. Sesak napas

Sesak napas bisa terjadi karena jantung yang mengalami penebalan lemak atau karena menyemepitnya pembuluh darah sehingga sulit dalam mengirimkan sari makanan serta oksigen keseluruh tubuh. Jadi, sesak napas harus diwaspadai karena kemungkinan salah satu tanda bagi serangan jantung.

7. Mengalami kecemasan

Penderita penyakit jantung sering merasa cemas dengan kondisinya. Rasa tegang, cemas, ketakutan adalah imbas dari gejala awal penyakit jantung. Maka anda di anjurkan untuk tetap tenang dan tidak stres agar kondisi kesehatan tidak semakin parah. Segera periksa ke dokter agar kondisi kesehatan bisa segera di obati.

8. Keluar Keringat tanpa sebab

Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah tubuh mengeluarkan keringat padahal seseorang tidak melakukan aktivitas apapun. Keringat yang bercucuran tanpa sebab ini patut di waspadai karena bisa menjadi salah satu ancaman dari serangan jantung.

9. Mengalami pembengkakan

Kalau anda melihat ada pembengkakan pada bagian tubuh seperti perut atau pergelangan kaki maka anda harus waspada terhadap masalah kesehatan jantung. Pembengkakan ini terjadi karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh.

10. Pingsan mendadak

Pigsan mendadak atau secara tiba-tiba juga patut di curigai akibat dari penyakit jantung. Walaupun bisa terjadi karena adanya gula darah yang meurun drastis. Ahli kesehatan Laxmi Mehta,. M.D., Women’s Cardiovascular Health di The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan bahwa setiap terjadi pingsan walaupun anda tahu penyebabnya, tetap anda dianjurkan untuk memeriksa kesehatan anda.

Demikianlah beberapa gejala dan ciri-ciri penyakit jantung yang harus di perhatikan. Ciri-ciri ini hanya untuk di ketahui agar anda bisa segera memeriksa kesehatan ke dokter. Jadi, Gejala awal serangan jantung yang kami sebutkan ini bukan untuk mengambil kesimpulan bahwa anda sudah menderita jantung, tetapi untuk mengambil langkah awal dalam pemeriksaan kedokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here