SHARE
Penyakit ablasio retina

Ablasio retina adalah robek retina, lepas atau putusnya retina. Ini adalah keadaan lepasnya retina sensor dari epitel pigmen. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja dan usia apapun.

Kondisi mata ini dominan terjadi pada penderita mata rabun jauh (miopia), dan mereka yang mempunyai anggota keluarga dengan ablasio retina. Selain disebabkan oleh rabun jauh ablasio retina juga bisa terjadi karena beberapa sebab seperti peradangan hebat, tumor, atau akibat komplikasi diabetes.

Ini adalah salah satu penyakit mata yang perlu perhatian anda. Jika penyakit ablasio retina tidak segera di obati maka penyakit ini akan berubah menjadi glukoma yang berujung pada buta selama-lamanya.

Ablasio retina tidak memberikan rasa sakit yang berarti, mungkin penderita hanya merasakan gatal, sedikit bengkak. Namun ciri ciri dn gejala ablasio retina hampir selalu di rasakan oleh penderita. Berikut beberapa ciri ciri ablasio retina yang patut anda ketahui.

Ciri Ciri Penyakit Ablasio Retina

  • Terdapat kilatan cahaya pada mata ketika melihat
  • Mata memerah
  • Bengkak, mata gatal
  • Melihat bintik bintik kecil atau benang
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Melihat seperti adanya tirai turun di balik mata
  • Jika mata anda mengalami bayangan seperti tirai turun, ini menunjukkan bahwa anda sedang mengalami ablasio retina.

Pengobatan Ablasio retina bisa di lakukan dengan cara pembedahan mata, untuk itu penderita harus segera mengetahui kondisi ini sejak awal mengalami penyakit ini. Bila di dikethaui dari awal, maka pengobatan bisa lebih optimal dilakukan. Selain membedah, ablasio retina juga diobati dengan obat alasio retina seperti Eye Care Softgel, namun anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat ini.

Baca juga: Operasi Lasik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here