Home Penyakit 13 Ciri Ciri Kanker Mulut Yang Harus Anda Tahu!

13 Ciri Ciri Kanker Mulut Yang Harus Anda Tahu!

26
SHARE
Ciri Ciri Kanker Mulut

Kanker mulut adalah jenis kanker yang berbahaya yang menyerang area mulut seperti bibir atas atau bawah dan bagian lain pada mulut. Ciri ciri kanker mulut harus diketahui agar gejala yang timbul sebelum seseorang diklaim sebagai pengindap juga cepat di rasakan dan cepat mendapatkan pertolongan. Bila seseorang mengindap kanker mulut, ia pasti akan merasakan hal-hal yang aneh dan tidak beres pada mulutnya.

Agar anda tahu bahwa hal tidak beres itu adalah kanker mulut yang sedang menyerang, mari kita lihat ciri ciri kanker mulut berikut ini.

Ketahui Ciri Ciri Kanker Mulut

1. Merasa ada hal tidak beres dengan mulut

Penderita kanker mulut pada awal mendiagnosa, ia merasakan ada hal yang tidak normal dengan mulutnya. Diantara beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat muncul kanker mulut adalah bibir, kelenjar ludah, gusi, lidah, anak lidah, langit-langit dan rongga pipi.

2. Ada warna yang berbeda dalam mulut

Selanjutnya cara mengidentifikasi kanker mulut adalah dengan melihat warna dalam mulut atau pada bibir. Biasanya terjadi perubahan warna baik didalam rongga mulut atau pada gusi. Anda bisa melihat langsung dengan bantuan cermin, kalau dalam mulut ada bagian yang warnanya berbeda maka bisa saja itu adalah tanda kanker mulut, sebaiknya periksa kedokter yang berkompeten.

3. Sering terjadi pendarahan

Pendarahan pada mulut juga menjadi ciri ciri bagi kanker mulut. Kalau anda merasakan hal seperti sering keluar darah ketika menggosok gigi atau tanpa alasan, maka ini patut di curigai. Periksalah kedokter untuk mendapatkan kepastian yang anda alami.

4. Muncul pembengkakan

Pembengkakan yang muncul dengan tanpa alasan pada mulut anda juga patut di curigai. Bengkak yang dimaksud bukanlah bengkak karena sakit gigi karena ini tidak mengindetifikasi sakit gigi. Tanpa sebab dan alasan tertentu anda mengalami pembengkakan baik pada mulut atau pada bibir.

Baca juga: Makanan penyebab kanker

5. Gigi mengalami kerusakan

Kerusakan gigi tiba-tiba memungkinkan adanya sel jahat yang menggerogotinya dari dalam. Jika anda mengalami kerusakan pada gig seperti gigi rapuh atau copot dengan sendirinya, lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan solusi terhadap masalah tersebut. Yang terpenting anda bisa tahu bahwa itu kanker atau bukan.

6. Munculnya bercak putih

Selanjutnya, ciri ciri kanker mulut adalah adanya bercak putih pada area mulut seperti rongga mulut, lidah atau pada bibir. Apalagi kalau bercak tersebut tidak menghilang dalam waktu lama, tentu bercak yang muncul berbeda dengan bercak akibat sariawan.

7. Susah mengunyah dan menelan

Sulit menelan dan mengunyah adalah salah satu ciri terhadap kanker mulut. Ketika mengunyah makanan terasa sakit dan tidak dapat menelan dan mengunyah dengan baik maka pertanda itu adalah salah satu ciri kanker mulut. Belum pasti kanker mulut namun bisa menjadi itu adalah dia.

8. Kehilangan rasa

Penderita kanker mulut juga merasakan hal aneh seperti kehilangan rasa. Ia akan sulit membedakan rasa manis, asin dan rasa pahit serta rasa lainnya. Biasanya tanda ini terjadi ketika kanker sudah berada pada tingkat berbahaya. Tak hanya rasa, tetapi penderita kanker mulut juga tidak mampu membedakan tekstur makanan kasar atau lembut.

9. Sulit bicara

Kesulitan bicara juga dirasakan oleh penderita kanker mulut. Ia sulit berbicara karena tidak bisa menggerakkan lidah dan bibir dengan bak sehingga kata-kata yang dikeluarkan tida jelas.

10. Gangguan pendengaran

Ciri ciri kanker mulut berikutnya adalah terganggunya pendengaran. Mulut adalah bagian tubuh dengan telinga, jadi ketika mulut terganggu saraf-sarafnya maka telinga akan terasa tidak enak sehingga pendengaran terganggu.

Baca: Manfaat Jengkol Basmikan Kanker

11. Perubahan Suara

Ketika seseorang menderita kanker mulut maka akan ada pita suara yang terganggu yang menyebabkan perubahan suara. Perubahan suara ini bisa terdengar dengan jelas, bukan seperti suara serak ketika batuk atau parau akibat berteriak terlalu lama.

12. Berat badan menurun drastis

Gejala dan ciri ciri kanker mulut yang selanjutnya adalah perubahan berat badan drastis. Keberadaan sel kanker yang membunuh sel normal mengakibatkan tingkat berat badan menurun secara drastis dan tiba-tiba (dalam waktu tidak lama).

13. Munculnya Sel Tidak Normal

Gejala kanker mulut selanjutnya adalah ada hal aneh dalam mulut atau munculnya benjolan yang merupakan sel tidak normal dalam mulut. Penderita bisa merasakan sendiri hal ini dengan menggeser-geserkan lidah. Untuk lebih jelas, anda bisa juga melakukan check up untuk hasil yang lebih pasti.

Kapan Harus Melakukan Check Up

Kalau anda mengalami dan merasakan salah satu dari ciri ciri kanker mulut diatas. Sangat di sarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, terutama jika anda melihat anda tersebut tidak menghilang dalam tiga minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here