Home Bumil Cara Merawat Gigi Pertama Pada Bayi

Cara Merawat Gigi Pertama Pada Bayi

183
SHARE
cara merawat gigi bayi
@kompas.com

Cara merawat gigi bayi – Kegembiraan bunda nampak jelas ketika melihat senyuman bayinya yang menampakkan gigi. Gigi bayi yang baru tumbuh itu sebenarnya sudah ada sejak lahir. karena sejak lahir gigi bayi sudah ada di dalam rahang sebanyak 20 biji hanya saja belum nampak ke permukaan.

Kini tantangan bagi bunda adalah bagaimana cara merawat gigi bayi yan baru tumbuh. Bayi yang mulia menampakkan gigi bagian bawahnya biasanya merasa sangat jengkel dan gatal pada area giginya. Bunda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena ini adala lumrah.

Cara Merawat Gigi Bayi

Ketika teringat dengan perawatan gigi bayi anda, ingatlah dua kata yaitu keras dan dingin. Benda yang dingin dan keras bisa mengurangi efek sakit yang diderita bayi. Misalnya pisang yang beku atau roti bagel dingin bisa mengurangi rasa gatal pada gigi bayi yang baru tumbuh.

Bunda tidak perlu menggunakan obat kimiawi untuk mencegah sakit gigi bayi karena obat ini justru memberikan efek samping bagi bagi anda kelak. Obat itu misalnya topikal yang mengandung benzocaine, seperti Baby Orajel, ini buruk bagi bayi. ingat ya !

Baca juga: Manfaat daun katuk untuk ASI

Merawat gigi bayi sebaiknya di lakukan pertamakali ketika gigi sudah tumbuh 6 bulan. Pada saat ini bunda bisa menyeka bagian gigi bayi denan kain kasa lembut dua kali sehari yaitu setelah dan sebelum tidur. Ini bisa mencegah bakteri dan kuman yang menempel pada gusinya.

Sementara masalah gigi berlubang pada bayi bisa terjadi akibat berbagai faktor. Salah satunya adalah akibat terjangkitnya kuman dari gigi orang tua. Maka jangan berbagi dengan bayi anda. Jangan menggunakan gelas bekas minuman orang tua bagi bayi.

Selain karena kuman yang berpindah dari orang tua, gigi berlubang pada bayi juga bisa terjadi karena makanan manis seperti permen.

Bagi bayi yang sudah berusia 3 tahun anda bisa menggunakan odol pasta gigi fluoride sebesar biji kacang kecil untuk menyikat giginya dengan lembut. Lakukan dua kali sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

Hal lain yang harus di perhatikan bunda adalah membersihkan dot bayi dengan teratur. Ingat, jangan pernah menjilat dot bayi karena bakteri mulut bisa berpindah dari orang tua ke anak. Tetapi cuci dengan air mengalir atau dengan menggunakan air panas.

Demikian cara merawat gigi bayi anda, semoga bermanfaat dan si bayi mempunyai gigi yang sehat dan lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here