Home Penyakit Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Penyebabnya

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dan Penyebabnya

13
SHARE
Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara mengobati gusi bengkak secara alami – Ini adalah penyakit yang mudah terjangkit pada siapa saja jika tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik. Ketika seseorang mengalami gusi bengkak maka ia akan merasakan sakit yang tak tertahankan bahkan tidak nyaman ketika makan. Penyakit gusi bengkak harus segera di atasi karena jika tidak akan menyebabkan sakit gigi yang lebih parah karena gusi merupakan jaringan kuat yang berada di sekeliling gigi.

Gusi bengkak adalah gejala umum yang banyak di alami oleh manusia. Penyakit ini di tandai dengan bengkaknya gusi dan menggelembung yang disertai dengan rasa sakit tak tertahankan. Bahkan dalam beberapa kasus di temukan bahwa sakit gusi bengkak menyebabkan bagian gigi tertutupi gusi.

Nah, sebelum kita lihat lebih lanjut tentang carea mengobati gusi bengkak secara alami, mari kita perhatikan terlebih dahulu beberapa penyebabnya, karena penyakit gusi bengkak bisa di picu oleh penyebab yang berbeda antara seorang dengan yang lain. Selain itu, dengan mengetahui penyebabnya kita akan mudah mengatasi dan mengobatinya.

Penyebab Gusi Bengkak

Berikut kita ketahui beberapa penyebab gusi bengkak sehingga mudah mengambil langkah untuk mengobati atau mencegah gusi bengkak:

1. Gusi bengkak terjadi karena adanya penumpukan plak pada gigi. Plak ini terjadi akibat penumpukan sisa makanan atau minuman jus yang tidak di bersihkan. Dalam plak ini sangat banyak tertumpuk bakteri dan bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi bahkan menyebabkan sakit gigi.

2. Penyebab lain gusi bengkak adalah adanya masalah tertentu seperti gingivitis, terkena serangan jamur dan virus, wanita hamil dan orang yang kekurangan gizi. Selain itu kekurangan vitamin C atau skorbut juga bisa menyebabkan gusi bengkak

3. Penyakit gusi bengkak juga bisa di akibatkan oleh penggunaan obat tertentu seperti obat kumur, sensitif terhadap obat gigi dan salah ketika menggunakan aksesoris gigi seperti gigi palsu.

Itulah beberapa penyebab umum gusi bengkak, untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan cara medis menggunakan obat modern. Namun jika masalah anda belum parah anda bisa mencoba beberapa bahan alami untuk mengobati gusi bengkak. Berikut kita lihat cara mengobati gusi bengkak secara alami dan sederhana.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Pertama, yang harus di lakukan adalah menjaga kebersihan mulut dengan baik. Menggosok gigi dan membersihkan mulut menggunakan obat kumur adalah sesuatu yang harus di lakukan secara teratur. Gunakan obat gigi yang cocok dan obat kumur yang sesuai dengan andaa. Menggosok gigi yang baik adalah dilakukan 2 kali sehari dan durasi menggosok gigi seharusnya 2-3 menit dan dilakukan dengan pelan-pelan agar semua sisa makanan di sela gigi bisa terangkat dengan baik.

2. Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh terkenal mampu mengobati gusi bengkak, minyak ini mengandung anti bakteri dan anti jamur penyebab gusi bengkak. Cara mengobatu gusi bengkak dengan minyak cengkeh sangat sederhana, anda cukup mengolesi minyak cengkeh pada gusi yang sakit dua hingga tiga kali sehari. Lakukan setelah anda menggosok gigi, penggunaan minyak ini akan membantu menghilangkan dan membunuh kuman dan bakteri penyebab gusi bengkak.

3. Menggunakan baking soda

Baking soda sudah dikenal sebagai obat alami yang baik untuk menghilangkan plak dan mengobati gusi bengkak. Jika anda suka membuat kue menggunakan baking soda, anda bisa mencoba resep sederhana ini untuk mengobati gusi bengkak. Baking soda bisa menetralisir asam berlebihan dalam mulut sehingga bisa mencegah pembentukan plak. Gunakan baking soda dua hingga 3 kali sehari. Caranya adalah dengan menggunakan sedikit baking soda pada pasta gigi biasa. Cara lain juga bisa dibuat dengan melarutkan baking soda dalam sedikit atau beberapa tetes air hangat. Larutkan hingga menjadi pasta dan gunakan pada gusi bengkak.

Baca juga: cara memutihkan gigi dengan baking soda

4. Mengobati dengan madu

Madu adalah minuman dari alam yang luarbiasa khasiatnya untuk kesehatan. Hampir semua penyakit bisa di obati dengan madu termasuk mengobati gusi bengkak secara alami. Namun, anda tidak boleh menggunakan madu terlalu banyak karena rasa manis pada madu bisa menyebabkan ngilu pada gigi. Madu adalah cairan yang berasal dari lebah, ia mengandung antispetik dan anti bakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut dan bakteri penyebab gingivitis.

5. Kantung Teh

Kantung teh ternyata juga ampuh dan mujarab sebagai obat untuk gusi bengkak. Teh dikatakan mengandung asam tannic yang baik untuk mengobati infeksi dan iritasi. Cara menggunakan kantung teh juga sangat mudah yaitu dengan menyeduh kantung teh baur kedalam air panas, angkat dan tunggu hangat. Ketika masih hangat gunakan secara menempel pada gusi bengkak anda secara teratur.

6. Minum lebih banyak air putih

Tubuh ketika kekurangan cairan akan menyebabkan panas dalam. Maka, yang harus di lakukan adalah minum cukup air putih. Selain itu, air juga bisa menjaga mulut tetap bersih sehingga bakteri tidak menempel pada gusi. Selain memperbanyak air putih hingga 8 gelas sehari, anda juga harus menghindair minum kopi, teh, alkohol, dan berbagai minuman manis lainnya terutama minuman bersoda.

7. Berkumur dengan air garam hangat

Air garam hangat sudah lama di gunakan sebagai cairan kumur untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Air garam bisa membunuh bakteri dan menjaga mulut tetap bersih. Cara membuat ramuan ini sangat sederhana, ambil dua sendok makan garam dan larutkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur ketika mau tidur di malam hari dan pagi hari.

8. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C dan vitamin D

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah kekurangan vitamin C, jadi yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Diantara makanan yang kaya kandungan vitamin C adalah buah pepaya, jeruk, anggur, semangka, mangga dan strawberry. Selain vitamin C anda juga harus mencukupkan asupan vitamin D karena berfungsi sebagai anti peradangan dan infeksi. Untuk mendapatkan vitamin D anda harus berjemur dibawah sinar matahari pagi antara jam 8 pagi. Baca: Manfaat sinar matahari pagi

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara tradisonal dan alami serta mengetahui penyebabnya. Jika anda mengalami masalah kesehatan mulut dan gusi cara terampuh yang perlu di perhatikan adalah menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi secara teratur dan dengan cara yang benar. Selain itu, mengkonsumsi makanan dan buah buahan tertentu juga bisa menjaga kesehatan mulut anda tetap baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here