SHARE
Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Natural

Cara menghilangkan komedo putih menjadi ulasan kita kali ini. Banyak teman yang kesel dan merasa tidak percaya diri dengan jerawat dan komedo di wajahnya. Salah satu bentuk komedo yang menyebalkan itu adalah whiteheads atau komedo putih. Jika anda salah satu korban terhadap komedo ini, baca terus artikel ini karena kami akan memberikan tip dan cara ampuh mengatasi komedo diwajah.

Namun sebelum kita mengetahui cara menghilangkan whiteheads, mari terlebih dahulu kita lihat penyebab komedo putih tersebut.

Penyebab Komedo Putih (Whiteheads)

Beberapa penyebab komedo putih adalah sebagai berikut:

1. Minyak berlebihan

Salah satu penyebab komedo putih adalah minyak berlebihan. Kelebihan minyak di wajah bisa di sebabkan oleh faktor genetik, gaya hidup tidak sehat atau akibat tidak mencuci wajah secara teratur dengan pencuci wajah. Nah, jika seseorang kelebihan minyak paada tubuhnya, maka ia akan menyebabkan penyumbatan pori-pori dan akhirnya menyebabkan pembengkakan kecil atau muncul komedo putih.

Baca juga: Cara memutihkan kulit dengan cepat

2. Ketidakstabilan hormon

Hormon juga menjadi salah satu penyebab munculnya kerawat putih. Pada masa mestruasi atau pubertas seseorang mengalami kelabilan hormon sehingga muncul banyak komedo putih. Hormon yang meningkat adalah hormon androgen dan menyebabkan naiknya produksi sebum sehingga menyebabkan komedo putih.

3. Faktor genetik dan ras

Selanjutny, penyebab komedo putih adalah faktor ras atau gen. Diakui tau tidak bahwa mereka yang ber-ras kaukasia dikatakan lebih banyak mengalami komedi putih di wajahnya dibandingkan dengan ras lainnya. Selain itu, faktor genetika juga sangat menentukan banyak tidaknya komedo putih yang muncul. Jika seseorang memiliki riwayat keturunan dengan komedo putih maka ia akan berpotensi lebih besar untuk mengalami komedo putih atau whiteheads.

Nah, setelah kita mengetahui penyebab komedo putih, sekarang saatnya kita melihat bagaimana cara menghilangkan komedo putih secara alami.

Berikut Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Alami

1. Menggunakan kayu manis (cinnamon)

Kayu manis adalah rempah remph dapur yang luarbiasa khasiatnya. Selain menambahkan citarasa masakan ia juga ampuh menyembuhkan jerawatan dan komedo putih. Cinnamon mengandung zat untuk merangsang produksi kolagen yang berguna untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat termasuk komedo. Jika kayu manis di aplikasi sebagai masker pada wajah maka aia ia akan membunuh bakteri dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Cara membuat ramuan untuk menghilangkan komedo putih dari cinnamon:

  • Ambil satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh air hangat
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan pada wajah sebagai masker
  • Diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih
  • Selain membuat masker, anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis kedalam air hangat untuk membuat teh. Minum secara rutin setiap hari.

2. Baking Soda

Selain menggunakan kayu manis anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan komedo putih. jadi, selain manfaat baking soda untuk memutihkan gigi, membuat kue ternyata ia juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo putih. Berikut caranya:

  • Satu sendok teh baking soda di campurkan dengan satu sendok teh air hangat,
  • Larutkan kedua bahan dan oleskan sebagai masker pada wajah atau area yang berkomedo
  • Tunggu beberapa menit (15 menit) dan bilas hingga bersih
  • Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan cara menghilangkan komedo putih ini secara teratur setiap hari sekali

Baca juga: Fungsi Baking Powder

Baking soda adalah bahan aktif yang bisa membersihkan kotoran dan kulit mati pada wajah sehingga sangat baik untuk membersihkan komedo dan sel-sel kulit mati. Selain itu, baking soda juga mampu merangsang produksi sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

3. Minyak pohon teh (Tea tree oil)

Selanjutnya ramuan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo putih adalah minyak pohon teh. Sebenarnya, minyak ini tidak hanya ampuh untuk hilangkan komedo putih tetapi juga bisa menyembuhkan komedo hitam. Ia mengandung antiseptik almi yang bisa mengangkat kulit mati dan bisa masuk ke dalam pori-pori terkecil sekalipun. Jadi bisa menghilangkan minyak yang berlebihan pada kulit.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup celupkan cutton bud kedalam minyak pohon teh dan oleskan cutton bud itu pada kulit yang mengalami komedo hitam atau putih. Diamkan selama semalaman dan pagi hari segera bersihkan dan keringkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara teratur setiap hari sekali.

4. Menghilangkan komedo putih dengan Lemon

Lemon adalah buah fresh yang kaya kandungan vitamin C. Jadi ia bekerja menghaluskan kulit dan menstimulasi produksi kolagen dengan cepat sehingga sel kulit mati segera di hilangkan termasuk komedo. Berikut cara menghilangkan komedo putih dengan lemon.

  • Peras buah lemon dan tampung sarinya, campurkan dengan beberapa tetes air bersih atau air hangat
  • Oleskan campuran itu pada jerawat atau komedo, tunggu beberapa menit (sekitar 30 menit)
  • Kemudian cuci dengan air bersih dan keringkan
  • Gunakan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

5. Menggunakan Asam Salisilat

Selanjutnya, cara menghilangkan komedo putih adlah dengan menggunakan asam salisilat. Bahan yang mengandung asam ini mudah di temukan di apotik dan toko obat. Ada yang dalam bentuk gel, cream atau dalam bentuk sabun yang mengandung asam salisilat. Tahukah anda kenapa asam ini bisa menghilangkan komedo? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Fungsi asam mefenamat

Asam salisilat adalah bahan yang umum di manfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Ia efektif menyingkirkan sel kulit mati, debu, minyak dan debu untuk menutup pori-pori pada kulit. Jadi, menggunakannya asam salisilat bisa cepat menghilangkan komedo putih.

Namun asam ini adalah sisi kelemahannya, ia tidak bisa membunuh bakteri penyebab komedo. jadi, untuk hasil yang maksimal dan ampuh, campurkan asam salisilat dengan obat jerawat atau herbal pembunuh bakteri lainnya.

Tip menghilangkan komedo putih

Setelah kami memaparkan cara menghilangkan komedo putih secara detail, kini kami berikan tips pendukung agar usaha menghilangkan komedo lebih efektif dan berguna. Ayuk, langsung saja kita simak tipsnya berikut ini:

1. Mencuci wajah secara rutin

Mencuci wajah secara teratur adalah adalah hal wajib yang perlu anda lakukan agar usaha dan cara di atas tidak sia-sia. Cucilah wajah minimal 2 kali sehari dengan cara yang benar. Bila anda muslim, lakukan wudhu’ setiap saat agar wajah selau bersih dan bebas kuman. Proses mencuci wajah ini akan mengurangi debu, kotoran, dan minyak yang berlebihan pada kulit muka.

2. Hindari penggunaan beberapa produk kulit.

Jika kulit anda sudah di serang komedo putih maka anda harus hati-hati dalam perawatan wajah, bahkan menggunakan produk modern pun harus hati2. Yang harus anda hindari adalah produk kecantikan yang mengandung astringent, toner dan minyak. Kenapa demikian, menggunakan produk itu akan menyebabkan iritasi pada kulit anda. Jadi, gunakan saka produk perawatan wajah yang oil free atau noncomedogenic.

3. Tidak menggunakan Scrub

Ketika wajah anda mengalami komedo putih, maka hindari menggosok kulit anda dengan spon atau scrub. Penggunaan justru akan memperparah penyakit anda. Satu-satunya cara terbaik adalah mengusap kulit anda dengan menggunakan jri secara perlahan.

4. Jangan menyentuh komedo dan Gunakan kertas minyak.

Kegunaan kertas minyak ini adalah untuk mengelap kulit berminyak. Anda bisa mendapatkan kertas minyak ini di apotik dan toko obatan. Ini akan mempercepat penyembuhan komedo putih anda.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan komedo putih dengan cepat. Lakukan salah satu metode perawatan diatas yang anda anggap mudah dan murah. Lakukan dengan rutin sehari sekali agar komedi putih segera menghilangkan dari wajah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here