Home Kesehatan Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

11050
SHARE
cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Hampir semua orang bermasalah dengan karang gigi. Itulah sebabnya sangat banyak yang mencari tahu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Padahal, gigi adalah bagian tubuh yang sangat penting dijaga kebersihannya. Hampir setiap kali kita bicara, gigi selalu terbuka dan dilihat banyak orang. Ok,kalau gigi kita bersih tapi bagaimana kalau kotor atau berkarang, ini sunggu sangat memalukan.

Karang gigi biasa terbentuk pada bagian gigi yang sulit dibersihkan dan di jangkau dengan sikat gigi. Lama-lama bagian ini akan terbentuk plak dan menjadi karang. Kalau tidak dibersihkan maka plak ini akan semakin tebal dan merusak gigi. Tak hanya itu saja, karang gigi juga memberikan bau tak sedap pada mulut sehingga setiap kali berbicara bau mulut akan mengancam. Maka, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras sehingga tidak semakin berkarang. Yuk kita lihat caranya berikut ini:

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

1. Mengkonsumsi Apel

Apel adalah buah yang sangat penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Rutin makan apel baik untuk kesehatan pencernaan dan mampu menetralisir kolesterol karena banyaknya kandungan serat. Namun, manfaat buah apel tak hanya itu tetapi juga baik untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Karang akan di kikis sedikit demi sedikit oleh daging buah apel karena buah ajaib ini mengandung zat yang bisa membersihkan karang gigi. Jadi, cukup mengkonsumsi satu apel saja dalam sehari maka gigi akan bersih secara berkala. Baca juga: manfaat buah langsat untuk kesehatan

2. Menggunakan kulit jeruk

Selain menggunakan buah apel, kulit jeruk juga ajaib untuk membersihkan karang gigi. Jadi, setiap mengkonsumsi jeruk jangan buang kulitnya, tetapi gunakan untuk membersihkan gigi. Sebelum menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu dengan sikat kemudian baru gunakan bagian dalam kulit jeruk untuk membersihkan karang gigi secara perlahan. Lakukan metode ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Baking soda dan garam

Ini adalah cara menghilangkan karang gigi yang sangat populer. Walaupun baking soda sebenarnya digunakan untuk membuat kue namun bisa digunakan juga untuk membersihkan gigi yang berkarang. Kombinasikan keduanya menjadi satu kemudian gunakan sikat gigi dan sikatkan campuran garam dan baking soda pada area gigi yang berkarang.

Penggunaan baking soda tidak boleh rutin dilakukan karena dikhawatirkan bisa merusak enamel gigi. Anda cukup melakukan ini sebulan sekali atau ketika gigi mulai berkarang.

4. Mengunyah sayuran dan buah

Buah dan sayuran mentah yang dikonsumsi dengan cara mengunyahnya juga baik untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Diantara buah yang bagus dikonsumsi adalah apel, wortel, seledri, pir, strawberry dan buah renyah lainnya. Mengunyah buah sebaiknya silakukan satu jam setelah makan, ini berguna untuk menghilangkan sisa makanan disela-sela gigi sekaligus menguatkan gigi.

5. Mengunyah biji wijen

Biji wijen tak hanya bermanfaat untuk di gunakan pada makanan tetapi juga baik untuk membersihkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan biji wijen adalah dengan mengunyahnya saja namun jangan di telan. Setelah dikunyah-kunyah, gunakan sikat gigi dan sikat gigi anda dengan sikat kering dan jangan menggunakan odol. Anda cukup menggunakan kunyahan biji wijen sebagai odol.

6. Menggunakan cengkeh

Cengkeh tidak hanya bermanfaat mengobati sakit gigi tetapi juga baik sebagai ramuan untuk menghilangkan karang gigi yang membandel. Tumbuk beberapa biji cengkeh dan gunakan sebagai scrub pada gigi, ini akan membersihkan sela-sela gigi sekaligus menghancurkan plak pada gigi. Lakukan cara ini secara teratur untuk cepat mendapatkan hasilnya.

Manfaat lain dari cengkeh adalah menghilangkan bau mulut, caranya cukup dengan berkumur menggunakan bubuk cengkeh.

7. Menyikat gigi dengan siwak

Siwak adalah kayu arak yang sangat bagus untuk menyikat gigi. Seratnya tidak hanya membersihkan sela-sela gigi tetapi juga mampu menghilangkan bakteri dan kuman karena siwak memang anti bakteri. Selain mengandung anti bakteri, siwak atau kayu arak juga mengandung natrium, kalsium, kalium, dan sodium bikarbonat sehingga baik untuk menghilangkan plak atau karang gigi yang dibentuk oleh bakteri.

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Inilah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami. Mari kita menjaga kesehatan gigi sejak dini agar tidak rusak dengan plak yang terbentuk. Orang tua sepatutnya menjaga kesehatan gigi anak sejak dini agar mereka terbiasa dengan gigi bersih sehingga tidak terjadi pembentukan karang gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here